Similar Posts
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama. : Yusiana
NAMA. : Yusiana
NIM. : 856336736
UPBJJ. : Pangkalpinang
Dari Video yang berjudul ” Yuk,Kita Baca Lagi” yang telah saya amati berikut identifikasi masalah dan analisis yang dapat disimpulkan : pada kegiatan membaca tersebut ada beberapa Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan anak-anak membaca di kelas antara lain meningkatkan pemahaman materi pelajaran, memperluas kosakata, dan melatih kemampuan analisis dan pemikiran kritis. Kekurangan membaca di kelas bisa terjadi jika tidak ada motivasi yang cukup, materi yang kurang menarik, atau lingkungan belajar yang tidak kondusif, sehingga menyebabkan anak merasa bosan atau kesulitan memahami materi.
Kelebihan:
Meningkatkan Pemahaman Materi:
Membaca membantu anak memahami materi pelajaran secara lebih mendalam, karena mereka bisa mengaitkan informasi tertulis dengan pengetahuan yang sudah ada.
Memperluas Kosakata:
Membaca secara rutin memperkaya kosakata anak, sehingga mereka bisa lebih mudah berkomunikasi dan memahami bahasa.
Melatih Kemampuan Analisis dan Pemikiran Kritis:
Membaca teks yang kompleks mendorong anak untuk menganalisis informasi, membuat kesimpulan, dan berpikir secara kritis.
Meningkatkan Kecepatan Membaca:
Dengan berlatih membaca secara rutin, anak akan menjadi lebih cepat dan lancar membaca, sehingga mereka bisa menghemat waktu dan fokus pada pemahaman materi.
Meningkatkan Kemampuan Belajar secara Umum:
Kemampuan membaca yang baik merupakan fondasi penting bagi semua aspek pembelajaran, termasuk matematika, sains, dan mata pelajaran lainnya.
Kekurangan:
Kurangnya Motivasi:
Jika materi yang dibaca tidak menarik atau pelajaran kurang menyenangkan, anak-anak mungkin tidak termotivasi untuk membaca, sehingga mereka kurang memahami materi.
Nama : Dwi Muryani
NIM : 856085796
Dalam vidio pembelajaran ” yuk kita baca lagi ” guru menyuruh siswa untuk membaca buku masing-masing, tetapi siswa tidak fokus membaca apa yang disuruh oleh guru, sehingga siswa ada yang cepat bosan dan juga tidak mengerti apa yang baca. adi kesimpulannya guru mengajak siswa untuk membaca cerita dibuku kemudian disuruh menceritakan kembali apa hasil yang dibaca oleh siswa. Sehingga dapat memacu siswa untuk semangat membaca.
Nama : Wahyu Artati Wulandari
Prodi : PGSD
NIM : 860228354
Kelas : PDGK4209.14
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,
Mohon ijin memberikan analisis video diatas.
1. Tahap awal pembelajaran sudah benar guru meminta seluruh siswa untuk membaca. Di awal video ada beberapa siswa yang kurang fokus. Yang perlu dilakukan guru bisa dengan mendatangi siswa, menanyakan kenapa tidak iku membaca, mungkin bisa mengganti bahan bacaan dengan yang lebih menarik.
2. Dari tugas membaca tersebut siswa bisa diminta menceritakan Kembali dengan bahasa yang mereka pahami, kemudian diberikan tanggapan untuk perbaikan mereka.
3. Guru bisa memberikan apresiasi terhadap siswa yang berani maju ke depan dan yang memberikan tanggapan.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh