Similar Posts
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Nama. : Yusiana
NAMA. : Yusiana
NIM. : 856336736
UPBJJ. : Pangkalpinang
Dari Video yang berjudul ” Yuk,Kita Baca Lagi” yang telah saya amati berikut identifikasi masalah dan analisis yang dapat disimpulkan : pada kegiatan membaca tersebut ada beberapa Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan anak-anak membaca di kelas antara lain meningkatkan pemahaman materi pelajaran, memperluas kosakata, dan melatih kemampuan analisis dan pemikiran kritis. Kekurangan membaca di kelas bisa terjadi jika tidak ada motivasi yang cukup, materi yang kurang menarik, atau lingkungan belajar yang tidak kondusif, sehingga menyebabkan anak merasa bosan atau kesulitan memahami materi.
Kelebihan:
Meningkatkan Pemahaman Materi:
Membaca membantu anak memahami materi pelajaran secara lebih mendalam, karena mereka bisa mengaitkan informasi tertulis dengan pengetahuan yang sudah ada.
Memperluas Kosakata:
Membaca secara rutin memperkaya kosakata anak, sehingga mereka bisa lebih mudah berkomunikasi dan memahami bahasa.
Melatih Kemampuan Analisis dan Pemikiran Kritis:
Membaca teks yang kompleks mendorong anak untuk menganalisis informasi, membuat kesimpulan, dan berpikir secara kritis.
Meningkatkan Kecepatan Membaca:
Dengan berlatih membaca secara rutin, anak akan menjadi lebih cepat dan lancar membaca, sehingga mereka bisa menghemat waktu dan fokus pada pemahaman materi.
Meningkatkan Kemampuan Belajar secara Umum:
Kemampuan membaca yang baik merupakan fondasi penting bagi semua aspek pembelajaran, termasuk matematika, sains, dan mata pelajaran lainnya.
Kekurangan:
Kurangnya Motivasi:
Jika materi yang dibaca tidak menarik atau pelajaran kurang menyenangkan, anak-anak mungkin tidak termotivasi untuk membaca, sehingga mereka kurang memahami materi.
Nama : Dwi Muryani
NIM : 856085796
Dalam vidio pembelajaran ” yuk kita baca lagi ” guru menyuruh siswa untuk membaca buku masing-masing, tetapi siswa tidak fokus membaca apa yang disuruh oleh guru, sehingga siswa ada yang cepat bosan dan juga tidak mengerti apa yang baca. adi kesimpulannya guru mengajak siswa untuk membaca cerita dibuku kemudian disuruh menceritakan kembali apa hasil yang dibaca oleh siswa. Sehingga dapat memacu siswa untuk semangat membaca.
Nama : Wahyu Artati Wulandari
Prodi : PGSD
NIM : 860228354
Kelas : PDGK4209.14
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,
Mohon ijin memberikan analisis video diatas.
1. Tahap awal pembelajaran sudah benar guru meminta seluruh siswa untuk membaca. Di awal video ada beberapa siswa yang kurang fokus. Yang perlu dilakukan guru bisa dengan mendatangi siswa, menanyakan kenapa tidak iku membaca, mungkin bisa mengganti bahan bacaan dengan yang lebih menarik.
2. Dari tugas membaca tersebut siswa bisa diminta menceritakan Kembali dengan bahasa yang mereka pahami, kemudian diberikan tanggapan untuk perbaikan mereka.
3. Guru bisa memberikan apresiasi terhadap siswa yang berani maju ke depan dan yang memberikan tanggapan.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
NAMA : INANG PUSPITA
NIM : 859771565
POKJAR : WUNDULAKO
SEMESTER: 6
UPBJJ : KENDARI
Setelah saya menonton video pembelajaran di atas yang berjudul “yuk, kita baca lagi” yang di mana pada awal video pembelajaran tersebut guru memberikan kesempatan membaca pada siswa dan juga memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan lagi apa yang telah mereka baca, hal ini sangat baik menurut saya karena dapat meningkatkan tingkat pemahaman pada siswa. namun menurut saya, guru juga harus menggunakan cara-cara yang menyenangkan dan interaktif untuk meningkatkan semangat siswa dalam membaca. karena setiap masing-masing siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda, yang di mana ada anak yang cenderung aktif bermain dan mengganggu temannya meski pembelajaran telah dimulai, hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi siswa lainnya. jadi, guru harus lebih aktif lagi dalam melibatkan siswa karena akan ada saja kesulitan-kesulitan yang kita temui dalam mengajarkan siswa untuk membaca.
saran yang dapat saya berikan tentang video pembelajaran tersebut yaitu guru harus selalu memberikan motivasi pada siswa dan meningkatkan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti menggunakan cerita bergambar, ataupun buku interaktif dan meningkatkan kebiasaan membaca pada siswa. guru juga harus mengajarkan teknik membaca yang dapat membantu siswa menjadi pembaca yang lebih efisien.
kesimpulan yang dapat saya simpulkan mengenai video pembelajaran di atas yaitu pentingnya membaca bagi siswa sejak dini, perlunya guru memberikan beberapa strategi untuk membuat proses membaca yang lebih menarik dan bermanfaat. dengan memberikan motivasi yang tepat dan teknik yang efektif, siswa dapat mengembangkan kebiasaan membaca serta dukungan dari lingkungan sekolah juga sangat penting dalam mendukung keterampilan membaca pada siswa.
Nama : Komang darweni
Nim : 859773648
Di dalam vidio di atas membaca merupakan suatu hal yang membosankan bagi siswa, jadi hal yang pertama yang harus di lakukan guru agar siswa semangat membaca
1. Mencari bacaan yang menarik untuk siswa
2. Guru menerapkan sistem siswa membaca 1 paragraf agar siswa tidak mudah bosan.
Nama : EKA NOVIA YULIANA
NIM : 859545551
SALUT : MENGGALA
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya setelah melihat video pembelajaran diatas Guru harus bisa Memahami kelebihan dan kekurangan metode tersebut , dan guru harus dapat merancang kegiatan membaca di kelas yang lebih efektif dan menyenangkan bagi semua siswa. Penting untuk mencari keseimbangan dan menggunakan berbagai strategi untuk mengatasi tantangan yang mungkin timbul. metode yang bisa guru lakukan untuk mengatasi siswa yang tidak fokus saat membaca mandiri di kelas adalah ;
a. Persiapan bahan bacaan yang menarik
b. Intervensi saat kegiatan membaca berlangsung, seperti berkeliling untuk mengamati satu persatu siswa yang sedang membaca.
Nama : EKA NOVIA YULIANA
NIM : 859545551
SALUT : MENGGALA
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya setelah melihat video pembelajaran diatas Guru harus bisa Memahami kelebihan dan kekurangan metode tersebut , dan guru harus dapat merancang kegiatan membaca di kelas yang lebih efektif dan menyenangkan bagi semua siswa. Penting untuk mencari keseimbangan dan menggunakan berbagai strategi untuk mengatasi tantangan yang mungkin timbul. metode yang bisa guru lakukan untuk mengatasi siswa yang tidak fokus saat membaca mandiri di kelas adalah ;
a. Persiapan bahan bacaan yang menarik
b. Intervensi saat kegiatan membaca berlangsung, seperti berkeliling untuk mengamati satu persatu siswa yang sedang membaca.
Yani Susanti
NIM. 856593128
Menurut Saya Setelah menonton video pembelajaran di atas yang di mana pada awal video pembelajaran tersebut guru memberikan kesempatan membaca pada siswa dan juga memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan lagi apa yang telah mereka baca, hal ini sangat baik menurut saya karena dapat meningkatkan tingkat pemahaman pada siswa. namun menurut saya, guru juga harus menggunakan cara-cara yang menyenangkan dan interaktif untuk meningkatkan semangat siswa dalam membaca. karena setiap masing-masing siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda, yang di mana ada anak yang cenderung aktif bermain dan mengganggu temannya meski pembelajaran telah dimulai, hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi siswa lainnya. jadi, guru harus lebih aktif lagi dalam melibatkan siswa karena akan ada saja kesulitan-kesulitan yang kita temui dalam mengajarkan siswa untuk membaca.
saran yang dapat saya berikan tentang video pembelajaran tersebut yaitu guru harus selalu memberikan motivasi pada siswa dan meningkatkan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti menggunakan cerita bergambar, ataupun buku interaktif dan meningkatkan kebiasaan membaca pada siswa. guru juga harus mengajarkan teknik membaca yang dapat membantu siswa menjadi pembaca yang lebih efisien.
kesimpulan yang dapat saya simpulkan mengenai video pembelajaran di atas yaitu pentingnya membaca bagi siswa sejak dini, perlunya guru memberikan beberapa strategi untuk membuat proses membaca yang lebih menarik dan bermanfaat. dengan memberikan motivasi yang tepat dan teknik yang efektif, siswa dapat mengembangkan kebiasaan membaca serta dukungan dari lingkungan sekolah juga sangat penting dalam mendukung keterampilan membaca pada siswa.