Similar Posts
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Nama : Neng Adah
Nim : 857304574
UPBJJ : Bogor
Prodi : FKIP / S1 PGSD
Menurut video yang saya tonton, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dilakukan oleh Ibu Guru, yaitu :
Kelebihan :
1. Siswa tidak hanya sekedar membaca saja, tetapi juga dimotivasi untuk lebih fokus sehingga mampu menceritakan kembali cerita tersebut.
2. Strategi yg digunakan dalam video tersebut memantapkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi
kelemahannya yaitu :
1. Guru tersebut tidak mengucapkan salam dan berdoa
2. Guru tersebut tidak ada melakukan pembukaan dalam proses belajar mengajar
3. Guru tersebut tidak mengecek kehadiran siswa
4. Dan yang terakhir guru tersebut melangsungkan siswa untuk membaca buku dan tidak melakukan penjelasan pada pembelajaran tersebut.
Nama : Anirman Gulo
Nim : 856023195
Prodi : PGSD – S1
Kelas/semester : A/6
UPBJJ : Medan
Pokjar : Mandrehe Disdik Nias Barat
1. reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : siswa aktif dan antusias dalam membaca tanpa ada siswa yang mencolek atau mengganggu kawannya walaupun ada beberapa siswa yang tidak fokus tetapi semuanya dapat terkondisikan dengan baik.
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : tidak adanya tanya jawab terhadap siswa serta tidak ada penjelasan tujuan dari bacaan serta tidak adanya evaluasi terhadap siswa.
3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : guru mengapresiasi siswa yang tampil didepan sehingga terciptanya semangat dan keberanian dalam diri siswa tersebut dan guru mampu mengelola kelas yakni bagi siswa yang memiliki kecepatan membaca dengan memberikan tambahan bacaan agar tidak mengganggu siswa lainnya.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu?
Jawab : Guru mencadangkan bahan bacaan tambahan bagi siswa yang mempunyai kecepatan dalam membaca dan cekatan guru dalam memperhatikan satu persatu siswa sehingga tahu siapa siswa yang mempunyai kecepatan dalam membaca.
5. upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab : untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
Adanya feedback atau tanya jawab terhadap siswa agar lebih aktif dan tidak terlalu monoton terhadap bacaan serta guru harus menugaskan siswa membuat cerita tentang kegiatannya sehari-hari sepulang sekolah agar tercipta dan terbukanya wawasan dalam pikiran siswa.
Nama : Anna Fitriana
NIM : 857814139
Prodi : S1 PGSD
Menurut pendapat saya setelah menyimak video pembelajaran tersebut, sebagian siswa masih kurang bisa terkondisikan ketika pembelajaran kelas berlangsung. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak, akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Reaksi guru tersebut cukup sigap ketika mendapati anak yang mengganggu temannya ketika membaca, guru langsung mendekati siswa dan langsung menegurnya lalu memberi solusi agar tidak mengganggu temannya lagi. Akan tetapi lebih baiknya, guru tetap memantau anak ketika kegiatan membaca, jadi tidak hanya duduk dengan kesibukannya sendiri. Saya setuju bahwa membiasakan anak untuk membaca akan menambah kosa kata siswa, sehingga akan lebih memudahkan ketika berkomunikasi dengan guru, teman, maupun orang di lingkungan sekitar. Selain itu membaca akan menambah wawasan siswa lebih luas. Untuk itu, kegiatan membaca dapat digunakan sebagai literasi sekolah. Hal ini dapat meningkatkan minat membaca siswa.
Hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yakni guru mengapresiasi peserta didik dengan melatih anak kembali bercerita di depan kelas dan memberikan tepuk tangan, hal tersebut simple namun akan membuat anak merasa termotivasi dan merasa diperhatikan oleh guru.
Adapun saran yang dapat saya sampaikan yaitu untuk meningkatkan minat membaca siswa dan melatih konsentrasi membaca siswa, kegiatan belajar mengajar dapat di lakukan di luar ruangan, misalnya di perpustakaan, taman sekolah dan sebagainya. Hal tersebut dapat meningkatkan minat membaca siswa lebih tinggi.
Nama : Kadek Vega Ayu Lestari
Nim : 856948425
Semester : 8
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POJAR : SIDOMULYO
Analisis Video yang barusan saya tonton adalah sebagai berikut:
Membaca adalah salah satu dasar dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia yang harus dikuasai siswa guna mendukung aktivitas keseharian dalam kehidupan, dengan membaca diharapkan siswa mampu menguasai beragam kosakata yang akan bermanfaat dalam komunikasi sehari-hari, membaca adalah jendela dunia diharapkan dengan meningkatkan budaya membaca siswa dapat menguasai beragam ilmu pengetahuan yang akan bermanfaat bagi kehidupan. Sebagian besar dalam kenyataan siswa di kelas cenderung malas membaca oleh karena itu harus disediakan waktu khusus untuk Literasi membaca supaya merangsang siswa meningkatkan minat membaca.
Menurut saya Kelebihan dalam video ini adalah :
– Suasana kelas kondusif
– kelas nyaman dan tenang
– tersedia buku bacaan yang bagus dan layak
– Guru memotivasi siswa agar fokus memahami setiap bacaan agar bisa menyimpulkan hasil bacaan
– Guru memberi apresiasi kepada siswa yang sudah maju ke depan
Menurut Saya Kekurangan dalam video ini :
– Guru tidak mengucap salam sapaan
– Guru tidak mengabsen siswa
– Guru tidak menjelaskan tujuan dan manfaat membaca
Sekian Dan Terimakasih 🙂
Nama :Tonasochi Halawa
Nim :856068585
Prodi : Pgsd
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa terlihat aktif dan antusias walaupun ada beberapa siswa yang tidak fokus tetapi semua bisa terkondisikan dengan baik.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam pembelajaran yakni guru kurang menerapkan komponen keterampilan membuka pembelajaran. Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak melakukan ice breaking, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan dalam pembelajaran yang dilakukan guru yakni guru memahami pentingnya literasi dan media serta metode pembelajaran apa saja yang digunakan saat pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru sangat memperhatikan siswa satu per satu sehingga tahu siswa yang mempunyai kecepatan membaca cepat dan lambat.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya adalah menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak, menjadikan suatu permainan, menyediakan tempat khusus untuk membaca, membiarkan siswa untuk menulis dari hasil bacaannya, mengajak siswa untuk membaca bersama.
Terimakasih.
Nama : Yoga Prabowo
NIM : 856026169
Menurut jawaban dari diskusi Yuk, Kita Baca lagi
Ringkasan dari video tersebut adalah:
Membaca merupakan kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan membaca anak yang harus kita pahami yang bertujuan untuk memperlancar komunikasi anak dan siswa lain
Dan siswa yang tidak fokus harus diberi arahan yang baik oleh guru dan kita harus memberi motivasi yang baik kepada siswa.
Kelemahan : guru harus memberi sapaan terlebih dahulu dan lebih memotivasi
Kelebihan :
A Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan
B Guru selalu memantau anak ketika anak gaduh
C Guru Aktif dalam pembelajaran
Setelah melihat vidio tersenut menurut saya penerapan pembelajaran yang ada di dalam video sebenarnya sudah bagus dimana kita ketahui memberi waktu untuk siswa membaca untuk memahahi apa yang akan kita tanyakan kepada siswa natinya
Kelemahan :
*Guru tidak mengucapkan salam
* Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
* Guru tidak mengabsen siswa
Kelebihan :
* Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan
* Guru selalu memantau anak ketika anak gaduh
* Guru Aktif dalam pembelajaran
Nama : Maretha Juwita
Nim : 856987054
Kelas : B
Semester : 6
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Sidomulyo
Menurut saya setelah mengamati vidio tersebut adalah Guru tersebut tidak mengucapkan salam dan berdoa. Tidak ada melakukan pembukaan dalam proses belajar mengajar. Tidak mengecek kehadiran siswa. Dan yang terakhir guru tersebut melangsungkan siswa untuk membaca buku dan tidak melakukan penjelasan pada pembelajaran tersebut. Kelebihannya Sudah sangat bagus, dan menambah wawasan juga bagi para guru untuk lebih aktif lagi dalam proses mengajar agar siswa lebih kondusif dan bisa menerima pelajaran dengan baik. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak, akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan, dan juga guru selalu memantau anak ketika anak gaduh. Hal uniknya yaitu guru memberikan tambahan buku bacaan kepada siswa yang mempunyai tingkat kecepatan membaca. Perbaikannya supaya menambah media pembelajaran.
nama : Ryan agus firnanda
nim : 856976757
menurut analisis saya materi yang di yang di sampaikan oleh guru sangat bagus karna mampu meningkatkan kemampuan kosa-kata siswa, dengan membaca siswa mampu menambah kosa-kata mereka saat berkomunikasi dengan teman sebaya dan teman lainnya,selain itu siswa yang kurang fokus sehingga mengganggu teman yang lainya..
NAMA : SITI ANI MUAWANAH
NIM : 857009101
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ Bandar Lampung Pokjar Punggur
Menurut pendapat saya dari video Yuk, Kita Baca Lagi adalah :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa terlihat aktif walaupun ada beberapa siswa yang tidak fokus tetapi bisa dikondisikan dengan baik.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam video pembelajaran diatas yaitu guru kurang menerapkan komponen keterampilan membuka pembelajaran. Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak melakukan ice breaking, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan dalam video pembelajaran yang dilakukan guru yaitu guru memahami pentingnya literasi dan media serta metode pembelajaran apa saja yang digunakan saat pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru sangat memperhatikan siswa satu per satu sehingga tahu siswa yang mempunyai kecepatan membaca cepat dan lambat.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya adalah menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak, menjadikan suatu permainan, menyediakan tempat khusus untuk membaca, membiarkan siswa untuk menulis dari hasil bacaannya, mengajak siswa untuk membaca bersama.
Sekian pendapat saya terimakasih