Similar Posts
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Nama:islah zahara sinambela
Nim:856023701
Prodi:S1-PGSD
Upbjj:UT-Medan
Dari pengamatan video diatas tentang”yuk kita baca lagi” Mengingat lagi bahwa didalam satu kelas tidak semua siswa punya data tangkap yang sama ada yang cepat dan ada juga yang lamban. Dan didalam video ini sudah cukup baik yang nana kegiatan belajar ini ketika dilakukan dengan rutin, membuat anak jadi gemar membaca, seharusnya dan alangkah baiknya dalam kegiatan menyimpulkan, anak yang maju kedepan bergantian, agar kita tahu dan bisa mengamati bagaimana cara anak menyimpulkan isi bacaan dan melatih data ingatnya.
Kelemahannya:
– tidak melakukan kegiatan pembukaan dikelas, seperti doa dll
-tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
-tidak mengabsensi murid
Kelebihannya
-selalu memantau aktivitas siswa sehingga ada murid yang gaduh guru langsung sigap mendatangi
-memberi apresiasi kepada murid
– guru aktif dalam KBM
Nama : IRA MEILANI
NIM :859894772
Prodi : PGSD S1
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui tulisan. Ketika siswa gemar membaca,maka berbagai kosakata dan informasi dapat mereka dapatkan. Semakin sering membaca semakin banyak pula hal yang mereka ketahui. Namun di zaman yang sudah canggih ini, minat membaca di kalangan anak-anak sudah sangat menurun. Anak-anak sudah banyak diberikan media-media hiburan seperti tontonan kartun di televisi,kecanduan gadget,dan media-media sosial lainnya. Guru di dalam video tersebut sudah melakukan hal yang terbaik untuk siswanya. Membudayakan minat baca sejak dini.
Kelebihan:
1. Guru menegur siswa yang membuat keributan
2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan kembali cerita yang dibacanya
3. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
4. Guru aktif dalam pembelajaran
Kelemahan:
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa siswa
4. Guru tidak melakukan ice breaking
5. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi
Nama : Anggi Andini
NIM : 856024054
Prodi : PGSD-S1
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut,saya melihat cara mengajar guru yang terlalu monoton , seharusnya sebelum memulai pelajaran guru melakukan apersepsi terlebih dahulu untuk membangun suasana kelas yang semangat,aktif dan dapat memotivasi siswa sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif.
Selain itu saya juga dapat menyimpulkan bahwa setiap guru berhak memilih metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Tetapi guru juga tidak hanya harus mampu membuat dah menciptakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik,guru juga harus mampu menjadi sutradara dalam kegiatan pembelajaran yang mengatur arah pembelajaran tersebut. Dalam video tersebut terlihat secara jelas,pada awal pembelajaran guru terlihat kurang baik dalam menyampaikan materi sehingga peserta didik merasa tidak paham terkait pembelajaran yang dilakukan. Dalam kegiatan pembelajaran ada beberapa yang harus diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran yaitu strategi dan metode pembelajaran.
Nama : IRA MEILANI
NIM :859894772
Prodi : PGSD S1
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui tulisan. Ketika siswa gemar membaca,maka berbagai kosakata dan informasi dapat mereka dapatkan. Semakin sering membaca semakin banyak pula hal yang mereka ketahui. Namun di zaman yang sudah canggih ini, minat membaca di kalangan anak-anak sudah sangat menurun. Anak-anak sudah banyak diberikan media-media hiburan seperti tontonan kartun di televisi,kecanduan gadget,dan media-media sosial lainnya. Guru di dalam video tersebut sudah melakukan hal yang terbaik untuk siswanya. Membudayakan minat baca sejak dini.
Kelebihan:
1. Guru menegur siswa yang membuat keributan
2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan kembali cerita yang dibacanya
3. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
4. Guru aktif dalam pembelajaran
Kelemahan:
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa siswa
4. Guru tidak melakukan ice breaking
5. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi
Nama : IRA MEILANI
NIM :859894772
Prodi : PGSD S1
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui tulisan. Ketika siswa gemar membaca,maka berbagai kosakata dan informasi dapat mereka dapatkan. Semakin sering membaca semakin banyak pula hal yang mereka ketahui. Namun di zaman yang sudah canggih ini, minat membaca di kalangan anak-anak sudah sangat menurun. Anak-anak sudah banyak diberikan media-media hiburan seperti tontonan kartun di televisi,kecanduan gadget,dan media-media sosial lainnya. Guru di dalam video tersebut sudah melakukan hal yang terbaik untuk siswanya. Membudayakan minat baca sejak dini.
Kelebihan:
1. Guru menegur siswa yang membuat keributan
2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan kembali cerita yang dibacanya
3. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
4. Guru aktif dalam pembelajaran
Kelemahan:
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa siswa
4. Guru tidak melakukan ice breaking
5. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi
Nama : IRA MEILANI
NIM :859894772
Prodi : PGSD S1
Semester : 2
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui tulisan. Ketika siswa gemar membaca,maka berbagai kosakata dan informasi dapat mereka dapatkan. Semakin sering membaca semakin banyak pula hal yang mereka ketahui. Namun di zaman yang sudah canggih ini, minat membaca di kalangan anak-anak sudah sangat menurun. Anak-anak sudah banyak diberikan media-media hiburan seperti tontonan kartun di televisi,kecanduan gadget,dan media-media sosial lainnya. Guru di dalam video tersebut sudah melakukan hal yang terbaik untuk siswanya. Membudayakan minat baca sejak dini.
Kelebihan:
1. Guru menegur siswa yang membuat keributan
2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan kembali cerita yang dibacanya
3. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
4. Guru aktif dalam pembelajaran
Kelemahan:
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa siswa
4. Guru tidak melakukan ice breaking
5. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi
Nama : Fajar Maulana
NIM : 856986923
Program Studi : PGSD S-1
UPBJJ Bandar Lampung
POKJAR Sidomulyo
Judul video : Yuk, Kita Baca Lagi
Ringkas Video
Membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Dengan membaca, siswa di harapkan mampu menambah kosakata mereka yang sangat berguna saat melakukan komunikasi dengan orang lain. Ketika siswa di berikan sebuah bahan bacaan, ada saja siswa yang tidak fokus terhadap bahan bacaannya sehingga mengganggu teman yang lain dan pada akhirnya kelas menjadi gaduh. Untuk mengatasi hal tersebut adalah practitioner harus mendatangi siswa yang bermasalah tersebut dan memberikan teguran apakah dia sudah selesai membaca dan tanyakan penyebabnya. Siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dari temannya yang lain dapat di atasi dengan memberikan tambahan bacaan yang lain untuk di baca sehingga akan memberikan kesibukan tambahan dan sekaligus menambah pengetahuan siswa tersebut. practitioner harus mengapresiasi siswa dengan cara mendorong dan menyemangati siswa tersebut untuk maju ke depan kelas untuk menceritakan apa yang telah di baca. Hal ini dapat memotivasi teman- temannya yang lain juga untuk mendapatkan pengalaman tambahan berdasarkan apa yang di baca oleh siswa dari bacaannya.
Kelemahan Video
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan Do’a
3. Guru tidak mengabsen siswa
4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya/ Apersepsi
Kelebihan Video
1. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
2. Guru selalu memantau siswa ketika anak berbuat gaduh
3. Guru aktif dalam pembelajaran
4. practitioner memberikan buku bacaan baru kepada siswa
RENCANA PERBAIKAN
1. Menambah media pembelajaran
2. Melakukan tanya jawab kepada siswa
Nama : Lilis Destian Harefa
NIM : 856023131
Semester : 6 (Enam)
UPBJJ UT : Medan
Judul Video : Yuk kita baca lagi
Menurut pendapat saya dalam pembelajaran yang sedang berlangsung cukup baik karena siswa diberikan kesempatan untuk membaca serta memahami materi pembelajaran.
kelemahan :
1. Guru tidak mengucapkan salam dan berdoa
2. Guru tidak mengabsen siswa
3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
Kelebihan :
1. Guru selalu memantau siswanya dalam belajar sehingga kelas bisa terkondisikan
2. Guru mengapresiasi ketika siswa maju kedepan
Nama : Lilis Destian Harefa
NIM : 856023131
Semester : 6 (Enam)
UPBJJ : Medan
Judul video: Yuk kita baca lagi
Menurut pendapat saya dalam pembelajaran yang sedang berlangsung cukup baik karena siswa diberikan kesempatan untuk membaca serta memahami materi pembelajaran.
Kelemahan :
1. Guru tidak mengucapkan salam dan berdoa
2. Guru tidak mengabsen siswa
3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
Kelebihan :
1. Guru selalu memantau siswa dalam belajar sehingga kelas dapat terkondisikan
2. Guru mengapresiasi ketika siswa maju ke depan
Nama : DESMAWATI ZULFA
NIM : 856572124
Prodi : PGSD-S1
Analisis Video Pembelajaran
Ringkasan Isi Video Pembelajaran
Dengan adanya belajar membaca ini diharapkan siswa akan rajin membaca saat waktu luang dan bertujuan siswa lebih lancar untuk berkomunikasi.
Kelemahan dalam Video Pembelajaran
– Guru Terlalu lama untuk menegur siswa yang mengganggu temannya, sehingga siswa merasa terganggu.
– Guru langsung memberikan materi tanpa menanyakan terlebih dahulu.
– Terlalu lama memberi waktu bacaan guru tidak terlalu memperhatikan siswa lebih lebih memilih hidup daripada berkeliling.
Kelebihan dalam Video Pembelajaran
– Guru ramah terhadap anak-anak.
– Guru mengapresiasi siswa yang berhasil bercerita di depan kelas.
Hal Unik dalam Video Pembelajaran
Dengan adanya Membaca cerita hanya dengan waktu yang singkat untuk anak sekolah dasar, siswa dapat membacakan cerita tanpa melihat buku di depan kelas dengan percaya diri dan teman-teman yang lain juga mengapresiasinya.
Rencana Perbaikan yang Dilakukan
Guru harus berkeliling untuk memperhatikan siswanya secara lebih dekat.