silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

188 Comments

  1. Nama:islah zahara sinambela
    Nim:856023701
    Prodi:S1-PGSD
    Upbjj:UT-Medan

    Dari pengamatan video diatas tentang”yuk kita baca lagi” Mengingat lagi bahwa didalam satu kelas tidak semua siswa punya data tangkap yang sama ada yang cepat dan ada juga yang lamban. Dan didalam video ini sudah cukup baik yang nana kegiatan belajar ini ketika dilakukan dengan rutin, membuat anak jadi gemar membaca, seharusnya dan alangkah baiknya dalam kegiatan menyimpulkan, anak yang maju kedepan bergantian, agar kita tahu dan bisa mengamati bagaimana cara anak menyimpulkan isi bacaan dan melatih data ingatnya.

    Kelemahannya:
    – tidak melakukan kegiatan pembukaan dikelas, seperti doa dll
    -tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    -tidak mengabsensi murid

    Kelebihannya
    -selalu memantau aktivitas siswa sehingga ada murid yang gaduh guru langsung sigap mendatangi
    -memberi apresiasi kepada murid
    – guru aktif dalam KBM

  2. Nama : IRA MEILANI
    NIM :859894772
    Prodi : PGSD S1
    Pokjar : Asahan
    UPBJJ : Medan

    Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui tulisan. Ketika siswa gemar membaca,maka berbagai kosakata dan informasi dapat mereka dapatkan. Semakin sering membaca semakin banyak pula hal yang mereka ketahui. Namun di zaman yang sudah canggih ini, minat membaca di kalangan anak-anak sudah sangat menurun. Anak-anak sudah banyak diberikan media-media hiburan seperti tontonan kartun di televisi,kecanduan gadget,dan media-media sosial lainnya. Guru di dalam video tersebut sudah melakukan hal yang terbaik untuk siswanya. Membudayakan minat baca sejak dini.
    Kelebihan:
    1. Guru menegur siswa yang membuat keributan
    2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan kembali cerita yang dibacanya
    3. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
    4. Guru aktif dalam pembelajaran

    Kelemahan:
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
    2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
    3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa siswa
    4. Guru tidak melakukan ice breaking
    5. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    6. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi

  3. Nama : Anggi Andini
    NIM : 856024054
    Prodi : PGSD-S1

    Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut,saya melihat cara mengajar guru yang terlalu monoton , seharusnya sebelum memulai pelajaran guru melakukan apersepsi terlebih dahulu untuk membangun suasana kelas yang semangat,aktif dan dapat memotivasi siswa sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif.
    Selain itu saya juga dapat menyimpulkan bahwa setiap guru berhak memilih metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pembelajaran.
    Tetapi guru juga tidak hanya harus mampu membuat dah menciptakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik,guru juga harus mampu menjadi sutradara dalam kegiatan pembelajaran yang mengatur arah pembelajaran tersebut. Dalam video tersebut terlihat secara jelas,pada awal pembelajaran guru terlihat kurang baik dalam menyampaikan materi sehingga peserta didik merasa tidak paham terkait pembelajaran yang dilakukan. Dalam kegiatan pembelajaran ada beberapa yang harus diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran yaitu strategi dan metode pembelajaran.

  4. Nama : IRA MEILANI
    NIM :859894772
    Prodi : PGSD S1
    Pokjar : Asahan
    UPBJJ : Medan

    Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui tulisan. Ketika siswa gemar membaca,maka berbagai kosakata dan informasi dapat mereka dapatkan. Semakin sering membaca semakin banyak pula hal yang mereka ketahui. Namun di zaman yang sudah canggih ini, minat membaca di kalangan anak-anak sudah sangat menurun. Anak-anak sudah banyak diberikan media-media hiburan seperti tontonan kartun di televisi,kecanduan gadget,dan media-media sosial lainnya. Guru di dalam video tersebut sudah melakukan hal yang terbaik untuk siswanya. Membudayakan minat baca sejak dini.
    Kelebihan:
    1. Guru menegur siswa yang membuat keributan
    2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan kembali cerita yang dibacanya
    3. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
    4. Guru aktif dalam pembelajaran

    Kelemahan:
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
    2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
    3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa siswa
    4. Guru tidak melakukan ice breaking
    5. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    6. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi

  5. Nama : IRA MEILANI
    NIM :859894772
    Prodi : PGSD S1
    Pokjar : Asahan
    UPBJJ : Medan

    Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui tulisan. Ketika siswa gemar membaca,maka berbagai kosakata dan informasi dapat mereka dapatkan. Semakin sering membaca semakin banyak pula hal yang mereka ketahui. Namun di zaman yang sudah canggih ini, minat membaca di kalangan anak-anak sudah sangat menurun. Anak-anak sudah banyak diberikan media-media hiburan seperti tontonan kartun di televisi,kecanduan gadget,dan media-media sosial lainnya. Guru di dalam video tersebut sudah melakukan hal yang terbaik untuk siswanya. Membudayakan minat baca sejak dini.
    Kelebihan:
    1. Guru menegur siswa yang membuat keributan
    2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan kembali cerita yang dibacanya
    3. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
    4. Guru aktif dalam pembelajaran

    Kelemahan:
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
    2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
    3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa siswa
    4. Guru tidak melakukan ice breaking
    5. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    6. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi

  6. Nama : IRA MEILANI
    NIM :859894772
    Prodi : PGSD S1
    Semester : 2
    Pokjar : Asahan
    UPBJJ : Medan

    Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui tulisan. Ketika siswa gemar membaca,maka berbagai kosakata dan informasi dapat mereka dapatkan. Semakin sering membaca semakin banyak pula hal yang mereka ketahui. Namun di zaman yang sudah canggih ini, minat membaca di kalangan anak-anak sudah sangat menurun. Anak-anak sudah banyak diberikan media-media hiburan seperti tontonan kartun di televisi,kecanduan gadget,dan media-media sosial lainnya. Guru di dalam video tersebut sudah melakukan hal yang terbaik untuk siswanya. Membudayakan minat baca sejak dini.
    Kelebihan:
    1. Guru menegur siswa yang membuat keributan
    2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan kembali cerita yang dibacanya
    3. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
    4. Guru aktif dalam pembelajaran

    Kelemahan:
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
    2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
    3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa siswa
    4. Guru tidak melakukan ice breaking
    5. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    6. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi

  7. Nama : Fajar Maulana
    NIM : 856986923
    Program Studi : PGSD S-1
    UPBJJ Bandar Lampung
    POKJAR Sidomulyo
    Judul video : Yuk, Kita Baca Lagi

    Ringkas Video

    Membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Dengan membaca, siswa di harapkan mampu menambah kosakata mereka yang sangat berguna saat melakukan komunikasi dengan orang lain. Ketika siswa di berikan sebuah bahan bacaan, ada saja siswa yang tidak fokus terhadap bahan bacaannya sehingga mengganggu teman yang lain dan pada akhirnya kelas menjadi gaduh. Untuk mengatasi hal tersebut adalah practitioner harus mendatangi siswa yang bermasalah tersebut dan memberikan teguran apakah dia sudah selesai membaca dan tanyakan penyebabnya. Siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dari temannya yang lain dapat di atasi dengan memberikan tambahan bacaan yang lain untuk di baca sehingga akan memberikan kesibukan tambahan dan sekaligus menambah pengetahuan siswa tersebut. practitioner harus mengapresiasi siswa dengan cara mendorong dan menyemangati siswa tersebut untuk maju ke depan kelas untuk menceritakan apa yang telah di baca. Hal ini dapat memotivasi teman- temannya yang lain juga untuk mendapatkan pengalaman tambahan berdasarkan apa yang di baca oleh siswa dari bacaannya.

    Kelemahan Video

    1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
    2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan Do’a
    3. Guru tidak mengabsen siswa
    4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    5. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya/ Apersepsi

    Kelebihan Video

    1. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
    2. Guru selalu memantau siswa ketika anak berbuat gaduh
    3. Guru aktif dalam pembelajaran
    4. practitioner memberikan buku bacaan baru kepada siswa

    RENCANA PERBAIKAN

    1. Menambah media pembelajaran
    2. Melakukan tanya jawab kepada siswa

  8. Nama : Lilis Destian Harefa
    NIM : 856023131
    Semester : 6 (Enam)
    UPBJJ UT : Medan
    Judul Video : Yuk kita baca lagi

    Menurut pendapat saya dalam pembelajaran yang sedang berlangsung cukup baik karena siswa diberikan kesempatan untuk membaca serta memahami materi pembelajaran.
    kelemahan :
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan berdoa
    2. Guru tidak mengabsen siswa
    3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran

    Kelebihan :
    1. Guru selalu memantau siswanya dalam belajar sehingga kelas bisa terkondisikan
    2. Guru mengapresiasi ketika siswa maju kedepan

  9. Nama : Lilis Destian Harefa
    NIM : 856023131
    Semester : 6 (Enam)
    UPBJJ : Medan
    Judul video: Yuk kita baca lagi
    Menurut pendapat saya dalam pembelajaran yang sedang berlangsung cukup baik karena siswa diberikan kesempatan untuk membaca serta memahami materi pembelajaran.
    Kelemahan :
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan berdoa
    2. Guru tidak mengabsen siswa
    3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    Kelebihan :
    1. Guru selalu memantau siswa dalam belajar sehingga kelas dapat terkondisikan
    2. Guru mengapresiasi ketika siswa maju ke depan

  10. Nama : DESMAWATI ZULFA
    NIM : 856572124
    Prodi : PGSD-S1

    Analisis Video Pembelajaran
    Ringkasan Isi Video Pembelajaran
    Dengan adanya belajar membaca ini diharapkan siswa akan rajin membaca saat waktu luang dan bertujuan siswa lebih lancar untuk berkomunikasi.
    Kelemahan dalam Video Pembelajaran
    – Guru Terlalu lama untuk menegur siswa yang mengganggu temannya, sehingga siswa merasa terganggu.
    – Guru langsung memberikan materi tanpa menanyakan terlebih dahulu.
    – Terlalu lama memberi waktu bacaan guru tidak terlalu memperhatikan siswa lebih lebih memilih hidup daripada berkeliling.
    Kelebihan dalam Video Pembelajaran
    – Guru ramah terhadap anak-anak.
    – Guru mengapresiasi siswa yang berhasil bercerita di depan kelas.
    Hal Unik dalam Video Pembelajaran
    Dengan adanya Membaca cerita hanya dengan waktu yang singkat untuk anak sekolah dasar, siswa dapat membacakan cerita tanpa melihat buku di depan kelas dengan percaya diri dan teman-teman yang lain juga mengapresiasinya.
    Rencana Perbaikan yang Dilakukan
    Guru harus berkeliling untuk memperhatikan siswanya secara lebih dekat.

Leave a Reply