Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Nama : Tri Lipuring Tyas
Nim : 858947024
Pokjar : Salut Genteng
UPBJJ : Jember
Menurut saya penjelasan dalam video tersebut sangat mudah dipahami. Cukup menarik, Guru dengan sabar menyampaikan materi. Meski tidak ada media pendukung, tapi guru cukup mampu menjelaskan secara detail tentang materi tersebut.
Tapi sayangnya guru kurang melakukan pendekatan ke para siswa, sebaiknya guru memberikan sapaan sebelum memulai materi. Lalu diakhir pembelajaran, guru sebaiknya mengajak para siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Nama : Komang darweni
Nim : 859773648
Dalam video diatas
1.biarkan judul karangan di tentukan oleh siswa sendiri agar sesuai dengan apa yang mereka fikiran
2. Berikan batas waktu untuk mereka mentukan judul karangan mereka masing-masing
3. Berikan apresiasi bagi siswa yang memiliki judul dan cerita menarik.
BESSE ROSDIANA
85659083
Menurut saya, pada video pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada awal pembelajaran terlihat siswa bingung dengan perintah yang diberikan oleh guru, hal ini yang menyebabkan siswa sibuk sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan guru.
sebaiknya guru memminta siswa untuk mengarang berdasarkan pengalaman siswa masing-masing agar sioswa bisa menggngkapkan apa yang ingin mereka certikan
Nama: Dinesha Aulia Mahardi
NIM :858854429
Dari video yang telah saya analisa, guru tidak melakukan salam, menanyakan kabar siswa, dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran mengarang cerita bebas. Guru hanya mengandalkan metode ceramah, tanpa alat bantu visual atau audio. Kegiatan pembelajaran tersebut dua arah. Ada sebagian siswa lebih aktif dari pada yang lain. Guru dapat menerapkan asesmen formatif ringan, seperti kuis cepat atau refleksi singkat di akhir sesi, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa.Guru dapat mengelola waktu dengan baik dan menutup pembelajaran dengan penekanan ulang materi. Guru juga menggunakan pendekatan personal dalam menyebut nama siswa dan memberi perhatian individual.
Nama : Jurita Nababan
NIM : 856086021
UPBJJ : Batam
dari video yang telah saya tonton tersebut maka saya akan menanggapi kegiatan pembelajaran tersebut.
video tersebuat adalah tentang pembelajaran disekolah dengan :
mata pelajaran : bahasa indonesia
Tema : bertamasya
sub tema : mengarang bebas
kekuatan yang dimiliki guru saat mengajar adalah
1. melakukan pendekatan terhadap siswa yang bingung mengerjakan tugas
2. dalam kegiatan inti guru memberikan langkah langkah yang dilakukan siswa saat bertamasya yang memudahkan mereka dalam membuat tugas.
3. menerapkan asesmen formatif ringan, untuk mengetahui sejau mana pemahaman siswa tentang materi.
4. menutup pembelajaran dengan penekanan ulang materi.
5. guru dapat mengelola kelas dengan baik.
kelemahan yang dimiliki guru dalam pembelajaran
1. bagian pembukaan tidak dilakukan oleh guru dengan benar
2. tujuan yang ingin dicapai tidak disampaikan oleh guru
3. tidak memiliki media pembelajaran yang bisa memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran
4. metode dalam pembelajaran hanya menggunakan ceramah
5,. siswa kurang aktif.
Assalamu’alaikum wr.wb
Saya Rendy Gustiyandi Hermawan, Nim 857030731 mahasiswa semester 6 pgsd Pokjar Sidomulyo.
Mohon izin untuk merefleksikan video pembelajaran yang telah bapak/ibu buat guna memenuhi tugas mata kuliah saya.
1. Reaksi Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa terlihat fokus dan mendengarkan penjelasan guru meskipun beberapa siswa tidak mendengarkan dan malah asik mengobrol.
2. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
– Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa.
– Guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
– Siswa tidak diminta membacakan hasil ceritanya.
– Guru tidak memberi tugas siswa untuk belajar dirumah.
– Guru tidak mengajak siswa menyimpulkan pembelajaran yang di bahas.
– Guru juga tidak menutup pembelajaran dengan doa dan salam penutup.
– Pembelajaran kurang menarik dan tidak ada media.
3. Kelebihan pembelajaraan dalam video
– Siswa dapat membuat karangan sendiri.
– Guru menjelaskan langkah-langkah membuat karangan agar siswa lebih mudah membuat karangan cerita.
4. Hal unik dalam pembelajaran video
Guru memantau siswa dalam membuat karangan cerita dan meminta siswa memperbaiki bagian yang kurang tepat disertai dengan sedikit gurauan membuat suasana kelas tidak membosankan.
5. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
– Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam, menyapa dan berdoa.
– Menyertakan partisipasi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran.
– Memberikan tugas untuk belajar dirumah kepada siswa.
– Menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.
– Menutup pembelajaran dengan doa dan salam penutup.
– Menyertakan media pembelajaran yang menarik.
– Menciptakan pembelajaran yang mendidik dan menyenangkan bagi siswa.