Similar Posts
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Nama : Aida Novita
Nim : 855843958
Pokjar : Medan
UPBJJ : Medan
Pendapat saya tentang vidio ” yuk mengarang bebas ” adalah :
1. peserta didik terlihat tidak fokus Terhadap Pembelajaran dan mendengarkan penjelasan guru walaupun ada beberapa peserta didikyang tidak mendengarkan dan malah asik mengobrol dan mengganggu teman sebangkunya
2. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
– guru tidak menyapa siswa terlebih dahulu didalam kelas
– Guru tidak melakukan pembukaan sewaktu memulai pembelajaran didalam kelas.
– guru tidak menjelaskan kepada siswa
– guru tidak memberikan beberapa tema unuk dipilih siswa
– guru tidak mengajak peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang di bahas.
– guru juga tidak menutup pembelajaran dengan doa dan salam penutup.
– Pembelajaran kurang menarik dan tidak ada media.
3. Kelebihan:
– peserta didik dapat membuat karangan sendiri.
– guru menjelaskan langkah-langkah membuat karangan agar siswa lebih mudah membuat karangan cerita.
– guru memberikan tema atayu judul untuk peserta didik sebagai titik awal dapat memicu imajinasi peserta dan membantu mereka memulai proses menulis
– guru memantau siswa dalam membuat karangan cerita dan meminta siswa memperbaiki bagian yang kurang tepat disertai dengan sedikit gurauan membuat suasana kelas tidak membosankan.
4. saran:
– sebaiknya guru memberikan sapaan terhadap peserta didik
– guru membuka pelajaran dengan berdoa
– guru seharusnya membuat ice breaking sebelum memulai pelajaran agar siswa lebih bersemangat
– guru seharusnya memanggil salah satu siswa untuk membacakan hasil karangan dihadapan teman yang lain dan memberika apresiasi kepada peserta didik yang berani membacakan hasil karangan
– guru menyimpulkan apa manfaat mengarang yang telah telah mereka buat
– guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam penutup.
– guru seharusnya menyertakan media pembelajaran yang menarik.
Nama : Efri Diana
Nim : 855827233
Pokjar : Salut Aceh Tengah
UPBJJ : Banda Aceh
Pengamatan Terhadap Peserta Didik
Beberapa peserta didik terlihat kurang fokus terhadap pembelajaran dan penjelasan dari guru. Sebagian siswa tampak asik mengobrol dan mengganggu teman sebangkunya sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif.
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Guru tidak menyapa siswa saat memasuki kelas, yang seharusnya bisa membangun suasana awal yang lebih positif.
Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran, seperti memberikan orientasi atau pengantar, yang bisa membuat siswa lebih siap.
Guru tidak memberikan penjelasan tema atau arahan yang jelas kepada siswa, sehingga siswa mungkin kurang paham tujuan pembelajaran.
Guru tidak memberikan beberapa pilihan tema sebagai panduan agar siswa dapat memilih sesuai minat dan imajinasi mereka.
Guru tidak mengajak siswa untuk menyimpulkan isi pembelajaran yang baru saja disampaikan.
Pembelajaran tidak ditutup dengan doa atau salam penutup yang dapat memberikan kesan akhir yang baik.
Aktivitas kurang menarik dan tidak dilengkapi media pendukung yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Siswa diberi kebebasan untuk menulis karangan sendiri, yang melatih kreativitas dan imajinasi mereka.
Guru menyampaikan langkah-langkah membuat karangan secara bertahap sehingga membantu siswa lebih mudah memahami proses menulis.
Guru menyediakan tema atau judul sebagai titik awal untuk membantu siswa memulai proses mengarang.
Guru aktif memantau perkembangan siswa dalam menulis dan memberikan saran perbaikan dengan gaya yang santai, sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Saran untuk Meningkatkan Pembelajaran
Sebaiknya guru menyapa dan berinteraksi dengan peserta didik di awal pembelajaran untuk membangun suasana yang hangat.
Guru membuka pembelajaran dengan doa agar suasana lebih khidmat dan siswa lebih siap belajar.
Menyertakan kegiatan “ice breaking” singkat akan membantu membangun semangat belajar siswa.
Guru dapat meminta beberapa siswa untuk membacakan hasil karangan di depan kelas, lalu memberikan apresiasi sebagai bentuk penghargaan.
Guru perlu mengajak siswa menyimpulkan manfaat dari kegiatan mengarang agar mereka memahami tujuan pembelajaran.
Menutup pembelajaran dengan doa dan salam penutup memberikan kesan akhir yang baik.
Guru disarankan menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk membuat aktivitas menulis lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa.