Similar Posts
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Sering Terjadi Kendala di murid kalo disuruh mengarang bebas cerita waktu tamasya atau liburan, bingung untuk memulai nya gimana dan darimana, video ini menjelaskan bagaimana kita sebagai guru mengarahkan dan membimbing mereka untuk merangkai kata-kata
Vidio ini sangat membantu dalam mengatasi masalah siswa dalam hal kesulitan mengarang bebas
Nama : Nabila Anggreni
Nim : 858820239
Kelas : PGSD-A (Semester 6)
Di awal video tersebut, dapat dilihat siswa kesulitan untuk membuat karangan bebas karena guru tidak menjelaskan dari awal. Seharusnya, guru menjelaskan terlebih dahulu bagaimana langkah-langkah membuat karangan bebas yang baik dan benar. Namun, di tengah video yang dilakukan guru sudah tepat, yaitu memberikan arahan untuk membuat karangan bebas.
Hal lain yang perlu dibenahi dari video diatas adalah sebagai berikut :
-pembawaan guru, seharusnya guru membawakan pembelajaran dengan seru dan menyenangkan. Seperti membuka pembelajaran dengan salam dan menanyakan kabar siswa
-seharusnya guru memberikan beberapa ice breaking seperti tepuk semangat agar siswa tidak bosan
-seharusnya guru memberikan contoh karangan terlebih dahulu, supaya siswa ada bayangan mau membuat karangan bebas seperti apa
Demikian pendapat saya terhdapat video pembelajaran diatas. Terima Kasih.
dari vidio GPO di atas mengenai belajar mengarang bebas bahwa seorang guru terlalu monoton / biasa saja dalam mengajar tentang materi tersebut,masih banyak kekurangan dalam.menyampaikan materi tersebut sehingga anak didik masih kurang memahaminya,sulit dalam mengerjakan tugas,seharusnya langkah awal dalam memberikan tugas sebagai guru memberikan materi terlebih dahulu, lalu memberikan contoh mengarang bebas yang sederhana,agar mudah di pahami oleh peserta didik,agar siswa mudah mengerjakan tugas tersebut,jika siswa tidak diberi contoh untuk mengarang oleh gurunya maka siswa akan merasa kesulitan dan akan malas dalam mengerjakan tugas tersebut,judul mengarang bebas juga sebisa mungkin yang menarik.
nama : munabbih aghni mehra emha
nim : 857551005
prodi : s1 pgsd
dari vidio GPO di atas mengenai belajar mengarang bebas bahwa seorang guru terlalu monoton / biasa saja dalam mengajar tentang materi tersebut,masih banyak kekurangan dalam.menyampaikan materi tersebut sehingga anak didik masih kurang memahaminya,sulit dalam mengerjakan tugas,seharusnya langkah awal dalam memberikan tugas sebagai guru memberikan materi terlebih dahulu, lalu memberikan contoh mengarang bebas yang sederhana,agar mudah di pahami oleh peserta didik,agar siswa mudah mengerjakan tugas tersebut,jika siswa tidak diberi contoh untuk mengarang oleh gurunya maka siswa akan merasa kesulitan dan akan malas dalam mengerjakan tugas tersebut,judul mengarang bebas juga sebisa mungkin yang menarik.
Nama Mahasiswa : Desrita Lase
NIm : 856038496
Dalam video diatas terlihat seorang guru sedang memberkan tugas kepada siswa untuk mengarang. Namun reaksi siswanya masih kurang memperhatikan atau main-main dan tidak mengerkajan tugas. Hal ini tentu saja karena pada awal tadi guru belum memberikan cara-cara atau langkah-langkah dalam membuat tugas mengarang. untuk itu pada video selanjutnya terlihat guru memberikan arahan bagaimana langkah-langkah dalam mengarang kepada siswa. Sehingga siswa lebih paham mengenai caranya membuat sebuah karangan. Dalam hal ini pengarahan dan petujuk dari guru sangat diperlukan dalam memberika sebuah tugasa. Video diatas sangat menginspirasi dan memberikan contoh yang baik bagi kita sebagai seorang guru.
Demikian pendapat saya…….
Nama : Ni Putu Sari Utami Giri
Nim : 859033796
Setelah saya menyaksikan video GPO “Yuk Mengarang Bebas” terlihat di video seorang guru langsung memberikan tugas mengarang dengan tema tamasya. Setelah guru menyampaikan tugas terlihat siswa sibuk bermain dan beberapa siswa yang terlihat kebingungan dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan. Hal tersebut terjadi karena guru langsung memberikan tugas tanpa menyampaikan atau menjelaskan materi dan memberikan contoh/langkah – langkah membuat karangan bebas. Setelah guru melihat permasalahan yang dialami siswa, tindakan yang dilakukan oleh guru tersebut sudah tepat karena siswa diarahkan dan diberikan langkah – langkah untuk mengerjakan tugas tersebut.
Menurut saya hal yang perlu dibenahi dari video tersebut yaitu :
Sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru seharusnya memberikan salam, mengecek kehadiran, menanyakan kabar, dan memberikan apersepsi
Guru menjelaskan materi mengenai mengarang bebas dan menjelaskan langkah – langkah yang harus dilakukan untuk membuat atau menyusun karangan bebas.
Guru bisa menggunakan media gambar yang bertemakan tamasya untuk memudahkan siswa membuat karangan bebas.
Sebelum mengerjakan tugas guru bisa memberikan kesempatan untuk siswa menanyakan hal-hal yang belum meraka pahami.
Demikian pendapat dari saya mengenai video pembelajaran “Yuk Mengarang Bebas”. Terima Kasih.
Setelah saya melihat Video pembelajaran diatas, saya melihat guru dalam video tersebut kurang memberikan penjelasan tentang cara mengarang bebas. Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan rangsangan dan pengarahan terkait tugas yang diberikan. Alangkah lebih baik lagi,siswa diarahkan untuk membaca beberapa contoh cerita dan mempelajari di buku mengenai tentang membuat kerangka karangan agar saat pembelajaran berlasung siswa sudah mempunyai gambaran bagaimana cara mengarang bebas. Terima kasih.
Nama : Haya Sopiyati
Nim : 858049939
Program studi : PGSD-S1
Kelas B semester 6
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izinkan saya untuk menanggapi video tersebut. Menurut saya dari video yang saya lihat pada kegiatan pembukaan Guru tidak memberikan salam kepada siswa, tidak mengecek kehadiran siswa, dan tidak memberikan motivasi serta tujuan kepada para siswa tentang pembelajaran tersebut
Setelah itu pada kegiatan inti Guru langsung menyuruh siswa untuk mengarang sebuah cerita yang berjudul tamasya. Guru tidak terlebih dahulu menjelaskan dan memberikan contoh tentang sebuah karangan terlebih dahulu kepada siswa, sehingga siswa bingung untuk mengerjakan apa yang disuruh Guru tersebut.
Dan pada video tersebut tidak memiliki kegiatan penutup untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam membuat sebuah karangan.
Kurang lebihnya saya minta maaf. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih
Assalamualaikum wr.wb
nama : Devi Fadilah
nim : 857167868
kelas : PGSD-A (Semester 2)
Sesuai vidio diatas terlihat jelas bahwa seorang guru sedang menugaskan siswa untuk membuat karangan bebas namun
– cara penyampaian guru tidak mudah dipahami siswa karna guru tersebut tidak menjelaskan langkah langkah awal pembuatan karangan bebas ,mengakibatkan siswa kebingungan dalam mengerjakan karangan bebas
– seharusnya guru tersebut membimbing siswa dalam mengerjakan tugas membuat karangan bebas agar siswa mampu memahami dan membuat karangan bebas tersebut.
-lalu saat memulai pembelajaran dikelas guru tidak memberikan apersepsi kepada siswa sehingga pembelajaran tersebut terbilang kurang maksimal.
– seharusnya di awal pembelajaran guru harus memberikan apersepsi kepada siswa contoh diawali dengan memberi salam,menyapa siswa ,membaca doa sebwlum belajar dan mengecek kehadiran siswa
demikian komentar dari saya kurang lebihnya mohon maaf jika ada salah kata.