Similar Posts
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Sering Terjadi Kendala di murid kalo disuruh mengarang bebas cerita waktu tamasya atau liburan, bingung untuk memulai nya gimana dan darimana, video ini menjelaskan bagaimana kita sebagai guru mengarahkan dan membimbing mereka untuk merangkai kata-kata
Vidio ini sangat membantu dalam mengatasi masalah siswa dalam hal kesulitan mengarang bebas
Nama : Nabila Anggreni
Nim : 858820239
Kelas : PGSD-A (Semester 6)
Di awal video tersebut, dapat dilihat siswa kesulitan untuk membuat karangan bebas karena guru tidak menjelaskan dari awal. Seharusnya, guru menjelaskan terlebih dahulu bagaimana langkah-langkah membuat karangan bebas yang baik dan benar. Namun, di tengah video yang dilakukan guru sudah tepat, yaitu memberikan arahan untuk membuat karangan bebas.
Hal lain yang perlu dibenahi dari video diatas adalah sebagai berikut :
-pembawaan guru, seharusnya guru membawakan pembelajaran dengan seru dan menyenangkan. Seperti membuka pembelajaran dengan salam dan menanyakan kabar siswa
-seharusnya guru memberikan beberapa ice breaking seperti tepuk semangat agar siswa tidak bosan
-seharusnya guru memberikan contoh karangan terlebih dahulu, supaya siswa ada bayangan mau membuat karangan bebas seperti apa
Demikian pendapat saya terhdapat video pembelajaran diatas. Terima Kasih.
dari vidio GPO di atas mengenai belajar mengarang bebas bahwa seorang guru terlalu monoton / biasa saja dalam mengajar tentang materi tersebut,masih banyak kekurangan dalam.menyampaikan materi tersebut sehingga anak didik masih kurang memahaminya,sulit dalam mengerjakan tugas,seharusnya langkah awal dalam memberikan tugas sebagai guru memberikan materi terlebih dahulu, lalu memberikan contoh mengarang bebas yang sederhana,agar mudah di pahami oleh peserta didik,agar siswa mudah mengerjakan tugas tersebut,jika siswa tidak diberi contoh untuk mengarang oleh gurunya maka siswa akan merasa kesulitan dan akan malas dalam mengerjakan tugas tersebut,judul mengarang bebas juga sebisa mungkin yang menarik.
nama : munabbih aghni mehra emha
nim : 857551005
prodi : s1 pgsd
dari vidio GPO di atas mengenai belajar mengarang bebas bahwa seorang guru terlalu monoton / biasa saja dalam mengajar tentang materi tersebut,masih banyak kekurangan dalam.menyampaikan materi tersebut sehingga anak didik masih kurang memahaminya,sulit dalam mengerjakan tugas,seharusnya langkah awal dalam memberikan tugas sebagai guru memberikan materi terlebih dahulu, lalu memberikan contoh mengarang bebas yang sederhana,agar mudah di pahami oleh peserta didik,agar siswa mudah mengerjakan tugas tersebut,jika siswa tidak diberi contoh untuk mengarang oleh gurunya maka siswa akan merasa kesulitan dan akan malas dalam mengerjakan tugas tersebut,judul mengarang bebas juga sebisa mungkin yang menarik.
Nama Mahasiswa : Desrita Lase
NIm : 856038496
Dalam video diatas terlihat seorang guru sedang memberkan tugas kepada siswa untuk mengarang. Namun reaksi siswanya masih kurang memperhatikan atau main-main dan tidak mengerkajan tugas. Hal ini tentu saja karena pada awal tadi guru belum memberikan cara-cara atau langkah-langkah dalam membuat tugas mengarang. untuk itu pada video selanjutnya terlihat guru memberikan arahan bagaimana langkah-langkah dalam mengarang kepada siswa. Sehingga siswa lebih paham mengenai caranya membuat sebuah karangan. Dalam hal ini pengarahan dan petujuk dari guru sangat diperlukan dalam memberika sebuah tugasa. Video diatas sangat menginspirasi dan memberikan contoh yang baik bagi kita sebagai seorang guru.
Demikian pendapat saya…….
Nama : Ni Putu Sari Utami Giri
Nim : 859033796
Setelah saya menyaksikan video GPO “Yuk Mengarang Bebas” terlihat di video seorang guru langsung memberikan tugas mengarang dengan tema tamasya. Setelah guru menyampaikan tugas terlihat siswa sibuk bermain dan beberapa siswa yang terlihat kebingungan dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan. Hal tersebut terjadi karena guru langsung memberikan tugas tanpa menyampaikan atau menjelaskan materi dan memberikan contoh/langkah – langkah membuat karangan bebas. Setelah guru melihat permasalahan yang dialami siswa, tindakan yang dilakukan oleh guru tersebut sudah tepat karena siswa diarahkan dan diberikan langkah – langkah untuk mengerjakan tugas tersebut.
Menurut saya hal yang perlu dibenahi dari video tersebut yaitu :
Sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru seharusnya memberikan salam, mengecek kehadiran, menanyakan kabar, dan memberikan apersepsi
Guru menjelaskan materi mengenai mengarang bebas dan menjelaskan langkah – langkah yang harus dilakukan untuk membuat atau menyusun karangan bebas.
Guru bisa menggunakan media gambar yang bertemakan tamasya untuk memudahkan siswa membuat karangan bebas.
Sebelum mengerjakan tugas guru bisa memberikan kesempatan untuk siswa menanyakan hal-hal yang belum meraka pahami.
Demikian pendapat dari saya mengenai video pembelajaran “Yuk Mengarang Bebas”. Terima Kasih.
Setelah saya melihat Video pembelajaran diatas, saya melihat guru dalam video tersebut kurang memberikan penjelasan tentang cara mengarang bebas. Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan rangsangan dan pengarahan terkait tugas yang diberikan. Alangkah lebih baik lagi,siswa diarahkan untuk membaca beberapa contoh cerita dan mempelajari di buku mengenai tentang membuat kerangka karangan agar saat pembelajaran berlasung siswa sudah mempunyai gambaran bagaimana cara mengarang bebas. Terima kasih.
Nama : Haya Sopiyati
Nim : 858049939
Program studi : PGSD-S1
Kelas B semester 6
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izinkan saya untuk menanggapi video tersebut. Menurut saya dari video yang saya lihat pada kegiatan pembukaan Guru tidak memberikan salam kepada siswa, tidak mengecek kehadiran siswa, dan tidak memberikan motivasi serta tujuan kepada para siswa tentang pembelajaran tersebut
Setelah itu pada kegiatan inti Guru langsung menyuruh siswa untuk mengarang sebuah cerita yang berjudul tamasya. Guru tidak terlebih dahulu menjelaskan dan memberikan contoh tentang sebuah karangan terlebih dahulu kepada siswa, sehingga siswa bingung untuk mengerjakan apa yang disuruh Guru tersebut.
Dan pada video tersebut tidak memiliki kegiatan penutup untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam membuat sebuah karangan.
Kurang lebihnya saya minta maaf. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih
Assalamualaikum wr.wb
nama : Devi Fadilah
nim : 857167868
kelas : PGSD-A (Semester 2)
Sesuai vidio diatas terlihat jelas bahwa seorang guru sedang menugaskan siswa untuk membuat karangan bebas namun
– cara penyampaian guru tidak mudah dipahami siswa karna guru tersebut tidak menjelaskan langkah langkah awal pembuatan karangan bebas ,mengakibatkan siswa kebingungan dalam mengerjakan karangan bebas
– seharusnya guru tersebut membimbing siswa dalam mengerjakan tugas membuat karangan bebas agar siswa mampu memahami dan membuat karangan bebas tersebut.
-lalu saat memulai pembelajaran dikelas guru tidak memberikan apersepsi kepada siswa sehingga pembelajaran tersebut terbilang kurang maksimal.
– seharusnya di awal pembelajaran guru harus memberikan apersepsi kepada siswa contoh diawali dengan memberi salam,menyapa siswa ,membaca doa sebwlum belajar dan mengecek kehadiran siswa
demikian komentar dari saya kurang lebihnya mohon maaf jika ada salah kata.