silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

54 Comments

  1. Nama : Yusi Elva Riani Susanti
    NIM : 58708741
    UPBJJ UT : Surabaya
    Pokjar : Bangkalan
    Judul : Yuk Mengarang Bebas
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru : terdapat raut muka kebingungan atas tugas yang diberikan.
    2. Kelemahan :
    – Guru tidak memberikan kegiatan pendahuluan untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan tidak mengukur pengetahuan awal siswa
    – Guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai tugas yang diberikan. contohnya : pengertian karangan, pengertian tamasya, dll
    3. Kelebihan :
    – Guru peka terhadap kondisi siswa yang memerlukan bantuan dalam mengerjakan tugas mengarang
    – Guru memberikn rambu-rambu yang jelas, runtut, dan mudah dipahami dalam membantu siswa membuat karangan
    4. Hal unik : guru memberikan penjelasan setelah siswa kebingungan dengan tugas yang diberikan
    5. Saran :
    – Melakukan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu, supaya perhatian siswa terfokuskan kepada guru saat pembelajaran, dan dapat lebih menumbuhkan semangat para siswa.
    -Melakukan kegiatan apersepsi sebagai upaya mengukur pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan di pelajari.

  2. Izin memperkenalkan diri,
    Nama : Khomsatun Soliha
    NIM : 856989563
    Pokjar : Kota Semarang
    UPBJJ : Semarang
    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
    Judul video : Yuk, mengarang bebas
    Review Video : setelah menonton video kegiatan belajar tersebut, ada beberapa permasalahan yang sebaiknya diperbaiki dalam kegiatan belajar tersebut, yaitu
    1. guru tidak melakukan teknik kegiatan pembukaan pada awal kegiatan belajar mengajar ,seperti Icebreaking atau permainan penghangat, Hubungkan materi dengan kehidupan nyata,Tampilkan antusiasme dan energy,,Berikan tantangan,Kenali minat dan kebutuhan siswa,Berikan umpan balik positif,Libatkan siswa secara aktif,Demonstrasi atau Percobaan,Gambar atau Visualisasi, Aktivitas Kelompok atau Diskusi.
    Dengan menggunakan teknik-teknik tersebut, diharapkan siswa dapat memperoleh pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan efektif
    teknik membuka pembelajaran merupakan metode atau strategi yang digunakan oleh seorang pendidik untuk memulai sesi pembelajaran agar siswa tertarik, bersemangat, dan siap untuk belajar. Tujuan dari teknik membuka pembelajaran adalah untuk menciptakan suasana belajar yang positif, membangkitkan minat siswa, dan mempersiapkan mereka secara mental dan emosional untuk menerima materi pembelajaran.

    2. kegiatan belajar yang monoton. Jika Guru Pintar hanya mengaplikan strategi belajar yang sama, metode belajar yang sama, atau media pembelajaran yang sama dalam kurun waktu yang lama, maka siswa akan cepat merasa bosan. Tidak ada lagi rasa penasaran yang membuat siswa antusias belajar. Supaya siswa bersemangat dan memiliki motivasi dalam belajar, Guru Pintar dapat memberitahukan pada siswa tujuan mempelajari materi yang diajarkan. Kaitkan hal-hal yang dipelajari di kelas dengan kehidupan nyata sehingga siswa tidak hanya memiliki gambaran abstrak mengenai pembelajaran. Berikan motivasi yang membuat siswa merasa membutuhkan belajar dengan menceritakan kisah-kisah orang sukses atau kisah inspiratif
    3. Banyak siswa pergi sekolah adalah sebuah rutinitas tanpa memiliki tujuan yang jelas mengapa mereka harus pergi ke sekolah. Hal ini membuat siswa ke sekolah hanya raganya saja. Tidak ada makna dari pembelajaran di kelas yang membekas dalam sanubarinya. Lama kelamaan hal ini membuat anak mengalami kendala dalam belajar atau bahkan tidak mau belajar sama sekali. Cara mengatasi kejenuhan dalam belajar yang ampuh untuk kasus ini adalah dengan selalu memberikan kegiatan belajar yang menantang siswa.
    4. kurangnya atau tidak adanya tantangan dalam belajar. Misalnya Siswa hanya mendengarkan ceramah atau menjawab soal-soal yang jawabannya ada di dalam buku. Hal ini membuat siswa tidak memiliki target pencapaian yang dapat membuat mereka melakukan effort khusus.
    5. Lingkungan yang tidak kondusif misalnya tata ruang kelas yang monoton, tidak memiliki hiasan-hiasan atau dekorasi yang menarik, pencahayaan kurang, sirkulasi udara tidak baik, atau berisik.Solusi untuk masalah ini adalah dengan selalu berusaha membuat lingkungan siswa belajar di sekolah nyaman dan menyenangkan.

  3. Nama : Candra Rini Sulistyowati
    NIM : 858830476
    UPBJJ UT : Malang
    Pokjar : Karangploso-Salut Pakis
    Judul : Yuk Mengarang Bebas

    Kelemahan dari pembelajaran pada video itu, guru tidak menjelaskan dari awal materi ataupun cara mengerjakannya terlebih dahulu.
    Sebaiknya kita sebagai guru harus membuka awal pembelajaran dengan menyapa, berdoa, mengabsen terlebih dahulu kemudian memberikan pertanyaan pemantik kepada anak-anak tentang materi yang dipelajari sebelumnya. Kemudian bisa dibuka dengan awal pembelajaran yang menyenangkan dengan game atau menyanyi edukasi pendidikan. Langsung bisa dilanjut dengan penjelasan materi. Kalau menurut saya, di lingkungan saya : anak didiknya lebih suka di jelaskan materi menggunakan LCD terlebih dahulu , jadi tidak monoton dengan metode ceramah. Jika sudah menjelaskan, siswa ditanya sekali lagi :”apa ada pertanyaan atau kurang jelas?”
    Kemudian jika sudah, baru siswa diberikan LKPD dan kelebihan guru pada video itu yang sangat sabar dalam mendidik siswa yang ramai pada saat pembelajaran. tetapi seharusnya lebih disiplin lagi.
    Terimakasih, Mohon maaf dan bimbingannya jika ada kekurangan

  4. Nama : Mimi ayu lestari
    Nim : 856590029
    Upbjj : UT jambi
    Pokjar : kerinci
    1. Reaksi siswa : terdapat raut muka kebingungan atas tugas yang diberikan.
    2. Kelemahan :
    – Guru tidak memberikan kegiatan pendahuluan untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan tidak mengukur pengetahuan awal siswa
    – Guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai tugas yang diberikan. contohnya : pengertian karangan, pengertian tamasya,
    3. Kelebihan :
    – Guru peka terhadap kondisi siswa yang memerlukan bantuan dalam mengerjakan tugas mengarang
    – Guru memberikn rambu-rambu yang jelas, runtut, dan mudah dipahami dalam membantu siswa membuat karangan
    4. Hal unik : guru memberikan penjelasan setelah siswa kebingungan dengan tugas yang diberikan
    5. Saran :
    – Melakukan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu, supaya perhatian siswa terfokuskan kepada guru saat pembelajaran, dan dapat lebih menumbuhkan semangat para siswa.
    -Melakukan kegiatan apersepsi sebagai upaya mengukur pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan di pelajari.

Leave a Reply