Similar Posts
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Nama : Nur Athiyyah Muharramah
NIM : 857159552
Program Studi : PGSD
dalam pemberian tugas sebaiknya seorang guru harus memberikan gambaran terlebih dahulu mengenai tugas yang akan dikerjakan sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dan kebingungan dalam mengerjakan tugas.
pemberian contoh beserta rasngsangan akan membuka imajinasi dan memberikan gambaran kepada siswa untuk mengerjakan karangan.
NAMA : Neonita asafadila
NIM : 856996576
PRODI : PGSD S1
dalam pemberian tugas sebaiknya seorang guru harus memberikan gambaran terlebih dahulu mengenai tugas yang akan dikerjakan sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dan kebingungan dalam mengerjakan tugas.
pemberian contoh beserta rasngsangan akan membuka imajinasi dan memberikan gambaran kepada siswa untuk mengerjakan karangan.
NAMA : WASPODO GALIH PRAYOGO
NIM : 856993603
PRODI : S1 – PGSD
POKJAR : SIDOMULYO
Dari vidio GPO di atas mengenai belajar mengarang bebas bahwa seorang guru terlalu monoton / biasa saja dalam mengajar tentang materi tersebut,masih banyak kekurangan dalam menyampaikan materi tersebut sehingga anak didik masih kurang memahaminya,sulit dalam mengerjakan tugas,seharusnya langkah awal dalam memberikan tugas sebagai guru memberikan materi terlebih dahulu, lalu memberikan contoh mengarang bebas yang sederhana,agar mudah di pahami oleh peserta didik,agar siswa mudah mengerjakan tugas tersebut,jika siswa tidak diberi contoh untuk mengarang oleh gurunya maka siswa akan merasa kesulitan dan akan malas dalam mengerjakan tugas tersebut,judul mengarang bebas juga sebisa mungkin yang menarik.
Nama: HESNI WULANDARI
NIM: 857078335
Prodi: PGSD
Menurut saya, pada video tersebut langkah-langkah yang dilakukan guru tersebut sudah benar. Karena sebelum menulis karangan anak-anak diminta menjawab beberapa pertanyaan pada papan tulis. Dari jawaban-jawaban itulah kemudian disatukan dan diberi kata sambung yang sesuai dengan kalimat-kalimat yang sudah siswa jawab sebelumnya. Beberapa kalimat mungkin dapat dikembangkan sehingga jadilah sebuah karangan.
Nama : Putu Anggela Fina
NIM : 856982363
Prodi : PGSD-S1 (Pokjar Banjar Agung)
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Jawab :
Anak seperti kurang aktif atau tidak bersemangat.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawab :
Tidak ada apersepsi sebelum memulai pembelajaran, serta guru kurang menjelaskan secara detail mengenai karangan bebas kepada siswa sehingga siswa merasa kebingungan saat diberikan tugas oleh guru.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawab :
Guru aktif dalam memperhatikan siswa satu per-satu, dengan berjalan berkeliling untuk mengecek perkerjaan siswa nya.
4. Hal–hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
Jawab :
Guru yang berusaha membuat suasana lebih santai dengan menghampiri dan menanyai siswa dan guru yang bisa membuat suasana kelas yang begitu kondusif.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Jawab :
– Ada baiknya sebelum memulai pembelajaran guru terlebih dahulu menyapa, mengabsen, dan menyampaikan sekilas tentang apa yang akan dibahas hari ini (Apersepsi).
– Guru harus memberikan penjelasan dan contoh yang lebih detail sehingga siswa dapat memahami dengan baik dan dapat dimengerti.
NAMA : BALQIS ROHADATUL ‘AISY
NIM : 858906763
PRODI : S1-PGSD (SEMESTER 6)
UPBJJ : UT-JEMBER
Berikut ini hasil analisis setelah saya menyaksikan video “Yuk Mengarang Bebas”. Menurut pengamatan saya pada video tesebut seorang guru langsung memberikan tugas mengarang dengan tema tamasya. Kemudian guru langsung menyampaikan tugas tanpa adanya penyampaian materi terlebih dahulu. Setelah memberi tugas ada beberapa siswa yang sibuk bermain dan beberapa siswa terlihat kebingungan dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru tersebut. Hal tersebut terjadi karena guru langsung memberikan tugas tanpa menyampaikan atau menjelaskan materi dan memberikan contoh atau langkah – langkah membuat karangan bebas. Setelah guru melihat permasalahan yang dialami siswa, guru tersebut baru membuat tindakan dengan mengarahkan siswa dan memberikan langkah – langkah untuk mengerjakan tugas mengarang tersebut.
Menurut saya beberapa kekurangan dalam video tersebut yang sebaiknya diperbaiki antara lain:
1. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru seharusnya memberikan salam, mengecek kehadiran, menanyakan kabar, dan memberikan apersepsi kepada siswa
2. Guru memberikan penjelasan materi tentang mengarang bebas, memberi satu contoh karangan bebas bertemakan tamasya dan menjelaskan langkah – langkah yang harus dilakukan untuk membuat atau menyusun karangan bebas.
3. Guru bisa menggunakan media interaktif berupa gambar yang bertemakan tamasya untuk memudahkan siswa membuat karangan bebas.
4. Sebelum memberikan tugas guru dapat memberi kesempatan siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum meraka pahami.
5. guru juga dapat melakukan ice breaking agar siswa tidak merasa jenuh saat pembelajaran dan kembali fokus mengerjakan tugas.
Demikian pendapat dari saya mengenai video pembelajaran “Yuk Mengarang Bebas”. Terima Kasih.
Nama : Ria Anggriyani Ridwan Mouko
NIM : 856316924
Prodi : S1 PGSD
Baiklah setelah menyaksikan video diatas ada beberapa hal yang akan sampaikan. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi tentang Yuk Mengarang bebas saya menemukan adanya masalah pembelajaran dalam video serta saya akan memberikan saran dan pandangan saya tentang pembelajaran yang baik itu seperti apa.
Pada awal video diperlihatkan seorang guru sedang membuka pelajaran tentang mengarang bebas, guru meminta siswa menyiapkan alat tulis mereka. Menurut saya seharusnya guru menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari mengarang sebelum meminta siswa menulis sebuah karangan. Untuk porsi anak sekolah dasar pelajaran ini lumayan sulit karena tidak adanya contoh ataupun penjelasan yang diberikan guru, pemberian apersepsi sangat lah penting bagi siswa. Pada video selanjutnya diperlihatkan guru sedang menuliskan langkah-langkah sederhana saat akan membuat karangan. Hal ini membantu merangsang pemikiran siswa dalam membuat suatu karangan serta pemberian contoh yang mudah agar siswa semakin paham bagaimana cara menyusun sebuah karangan bebas
Nama: Judika Maranatha Siahaan
Nim: 856035752
Pokjar : Tobasa
Pendapat saya pada video tersebut adalah :
Terlihat seorang guru yang sangat aktif untuk mengajar di kelas. Guru tersebut mengajak siswa untuk membuat karangan ( menuliskan cerita yang mereka alami). Guru tersebut juga selalu memperhatikan siswanya dengan baik. Ketika ada siswa yang ribut, guru tersebut menanayakan siswanya kenapa ribut dan mengajak siswanya untuk hening dalam mengikuti pembelajaran. Dalam video tersebut juga terlihat ada siswa yang bingung dan kesulitan untuk mengarang cerita, dan dengan sigap gurunya membantu siswa tersebut untuk membuat cerita tentang Tamasya dengan beberapa langkah yang di jelaskan di papapn tulis. Siswa tersebut bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Guru nya juga selalu memperhatikan siswanya, menanyakan tentang yang mereka tuliskan, memberika masukan pada siswa yang salah, dan mengajak siswa untuk bercanda. Menurut saya ini adalah salah satu contoh guru yang baik untuk ditiru, karena bisa mengajar dengan baik, dan selalu aktif memperhatikan siswa yanga ada di kelas tersebut.
Terimakasih.
Dari vidio GPO di atas mengenai belajar mengarang bebas bahwa seorang guru terlalu monoton / biasa saja dalam mengajar tentang materi tersebut,masih banyak kekurangan dalam.menyampaikan materi tersebut sehingga anak didik masih kurang memahaminya,sulit dalam mengerjakan tugas,seharusnya langkah awal dalam memberikan tugas sebagai guru memberikan materi terlebih dahulu, lalu memberikan contoh mengarang bebas yang sederhana,agar mudah di pahami oleh peserta didik,agar siswa mudah mengerjakan tugas tersebut,jika siswa tidak diberi contoh untuk mengarang oleh gurunya maka siswa akan merasa kesulitan dan akan malas dalam mengerjakan tugas tersebut,judul mengarang bebas juga sebisa mungkin yang menarik.
Nama : Tonasochi Halawa
Nim : 856068585
Prodi : PGSD-S1
Setelah saya melihat Video pembelajaran diatas, saya melihat guru dalam video tersebut kurang memberikan penjelasan tentang cara mengarang bebas. Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan rangsangan dan pengarahan terkait tugas yang diberikan. Alangkah lebih baik lagi,siswa diarahkan untuk membaca beberapa contoh cerita dan mempelajari di buku mengenai tentang membuat kerangka karangan agar saat pembelajaran berlasung siswa sudah mempunyai gambaran bagaimana cara mengarang bebas.
Terima kasih.