Similar Posts
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Pendapat saya pada video tersebut adalah…
Terlihat seorang guru yang sangat aktif untuk mengajar di kelas. Guru tersebut mengajak siswa untuk membuat karangan ( menuliskan cerita yang mereka alami). Guru tersebut juga selalu memperhatikan siswanya dengan baik. Ketika ada siswa yang ribut, guru tersebut menanayakan siswanya kenapa ribut dan mengajak siswanya untuk hening dalam mengikuti pembelajaran. Dalam video tersebut juga terlihat ada siswa yang bingung dan kesulitan untuk mengarang cerita, dan dengan sigap gurunya membantu siswa tersebut untuk membuat cerita tentang Tamasya dengan beberapa langkah yang di jelaskan di papapn tulis. Siswa tersebut bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. karena bisa mengajar dengan baik, dan selalu aktif memperhatikan siswa yanga ada di kelas tersebut.
Nama : Anggi Andini
NIM : 856024054
Prodi : PGSD-S1
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, saya melihat guru yang terlalu monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran tentang mengarang bebas.
Menurut pendapat saya seharusnya guru tersebut melakukan apersepsi terlebih dahulu tentang materi yang akan di pelajari, karena dengan melakukan apersepsi itu dapat merangsang pengetahuan siswa. Guru juga seharusnya memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang pengertian dari mengarang bebas dan memberikan sebuah contoh agar siswa juga dengan mudah memahami materi,karena untuk seusai anak sekolah dasar pelajaran ini lumayan membingungkan jika tidak ada penjelasan atau contoh yang dapat merangsang pengetahuan mereka.
Selain itu seharusnya dalam pemberian tugas guru harus memberikan gambaran terlebih dahulu mengenai tugas yang akan dikerjakan sehingga siswa tidak mengalami kebingungan dan kesulitan dalam mengerjakan tugas, Karena dengan pemberian contoh beserta rangsangan itu akan membuka pengetahuan dan imajinasi/gambaran kepada siswa untuk membuat sebuah karangan.
Nama : Nora Lianna Sari Siregar
Nim :859880584
Prodi: S1 PGSD
Assalamu’alaikum wr.wb
Dari vidio pembelajaran di atas, guru tidak melakukan apersepsi, seperti menanyakan kabar berdoa dll. Saya lihat guru belum menjelaskan secara rinci, tentang materi yang akan dipelajari. Dan di akhir pembelajaranguru tidak memberikan penguatan serta kesimpulan dari materi.
Nama : Aries Anderson
NIM : 856075369
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : 13/Batam
Assalamualaikum wr.wb
Menurut pendapat saya, setelah saya menonton video tersebut diatas saya menyimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu :
Kelebihan :
1. Bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik.
2. Interaksi dengan siswa dan menegur siswa ketika tidak fokus dalam pembelajaran.
3. Penjelasan tertata dan terstruktur sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan mengerjakan materi yang telah diberikan.
4. Membantu dan mengoreksi langsung kerjaan siswa.
5. Melibatkan siswa untuk menjawab apa yang telah dijelaskan.
Kekurangan :
1. Diawal tidak adanya pembukaan masih kurang dengan do’a absen dan lain sebagainya.
2. Tidak dijelaskan maksud dan tujuan pembelajaran di awal dan di akhir pembelajaran.
3. Sedikit monoton dalam proses pembelajaran.
Wassalamualaikum wr.wb
Menurut saya dari video yang saya lihat pada kegiatan pembukaan Guru tidak memberikan salam kepada siswa, tidak mengecek kehadiran siswa, dan tidak memberikan motivasi serta tujuan kepada para siswa tentang pembelajaran tersebut
Setelah itu pada kegiatan inti Guru langsung menyuruh siswa untuk mengarang sebuah cerita yang berjudul tamasya. Guru tidak terlebih dahulu menjelaskan dan memberikan contoh tentang sebuah karangan terlebih dahulu kepada siswa, sehingga siswa bingung untuk mengerjakan apa yang disuruh Guru tersebut.
Dan pada video tersebut tidak memiliki kegiatan penutup untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam membuat sebuah karangan.
kegiatan pembukaan Guru tidak memberikan salam kepada siswa, tidak mengecek kehadiran siswa, dan tidak memberikan motivasi serta tujuan kepada para siswa tentang pembelajaran tersebut
Setelah itu pada kegiatan inti Guru langsung menyuruh siswa untuk mengarang sebuah cerita yang berjudul tamasya. Guru tidak terlebih dahulu menjelaskan dan memberikan contoh tentang sebuah karangan terlebih dahulu kepada siswa, sehingga siswa bingung untuk mengerjakan apa yang disuruh Guru tersebut.
Dan pada video tersebut tidak memiliki kegiatan penutup untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam membuat sebuah karangan.
Nama : MHD. FIQRI RAMADHAN
NIM : 856021682
UPBJJ : UT MEDAN
POKJAR : TEBING TINGGI
Menurut pendapat saya sering terjadi kendala kepada anak anak kalau di suruh mengarang pasti kebanyakan bertanya kepada guru nya.
Jadi seorang guru harus menerangkan kepada siswa dengan menggunakan video atau pun lain nya
Agar anak dapat memahaminya lebih cepat.
Terima kasih
Nama : rahma syahidah
Nim : 857099038
Pokjar : Kalideres
Pendapat saya dari video di atas yaitu, guru masih ada kekurangan saat menjelaskan sehingga siswa siswi masih banyak yang tidak mengerti pembelajaran mengarang bebas. Seharusnya dalam pembelajaran itu guru dapat menjelaskan lebih detail, seperti memberi contoh mengarang bebas yang sederhana sehingga membantu siswa siswi mudah memahami pembelajaran mengarang bebas tersebut dan alangkah lebih baik lagi,siswa diarahkan untuk membaca beberapa contoh cerita dan mempelajari di buku mengenai tentang membuat kerangka karangan agar saat pembelajaran berlangsung siswa sudah mempunyai gambaran bagaimana cara mengarang bebas. Namun, guru tersebut sudah baik dalam berinteraksi kepada siswa siswi,seperti melihat apa saja yang sudah siswa siswi tulis dalam karangan bebas tersebut.
Nama : Rizka Nawaliah
Nim : 857098691
prodi :PGSD-S1.
Setelah saya melihat dan menyimak video tentang ‘mengarang bebas” ada beberapa hal yang kurang dan lebih dalam pembelajaran berlangsung.
Pendapat saya dari video di atas yaitu, guru masih ada kekurangan saat menjelaskan sehingga siswa siswi masih banyak yang tidak mengerti pembelajaran mengarang bebas. Seharusnya dalam pembelajaran itu guru dapat menjelaskan lebih detail, seperti memberi contoh mengarang bebas yang sederhana sehingga membantu siswa siswi mudah memahami pembelajaran mengarang bebas tersebut dan alangkah lebih baik lagi,siswa diarahkan untuk membaca beberapa contoh cerita dan mempelajari di buku mengenai tentang membuat kerangka karangan agar saat pembelajaran berlangsung siswa sudah mempunyai gambaran bagaimana cara mengarang bebas.
Kelebihan dalam video tersebut guru sangat aktif dalam berinteraksi dengan siswa siswinya,seperti melihat kegiatan siswa yang sedang mengarang dan menanyakan hal apa yang mereka tulis
Menurut saya
Guru tidak memberikan penjelasan sebelum pembelajaran dimulai sehingga siswa tidak mengerti maksud tujuan pembelajaran guru tersebut hal hasil kelas menjadi ribut dan banyak siswa merasa kebingungan.