Similar Posts
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Nama : Aida Novita
Nim : 855843958
Pokjar : Medan
UPBJJ : Medan
Pendapat saya tentang vidio ” yuk mengarang bebas ” adalah :
1. peserta didik terlihat tidak fokus Terhadap Pembelajaran dan mendengarkan penjelasan guru walaupun ada beberapa peserta didikyang tidak mendengarkan dan malah asik mengobrol dan mengganggu teman sebangkunya
2. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
– guru tidak menyapa siswa terlebih dahulu didalam kelas
– Guru tidak melakukan pembukaan sewaktu memulai pembelajaran didalam kelas.
– guru tidak menjelaskan kepada siswa
– guru tidak memberikan beberapa tema unuk dipilih siswa
– guru tidak mengajak peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang di bahas.
– guru juga tidak menutup pembelajaran dengan doa dan salam penutup.
– Pembelajaran kurang menarik dan tidak ada media.
3. Kelebihan:
– peserta didik dapat membuat karangan sendiri.
– guru menjelaskan langkah-langkah membuat karangan agar siswa lebih mudah membuat karangan cerita.
– guru memberikan tema atayu judul untuk peserta didik sebagai titik awal dapat memicu imajinasi peserta dan membantu mereka memulai proses menulis
– guru memantau siswa dalam membuat karangan cerita dan meminta siswa memperbaiki bagian yang kurang tepat disertai dengan sedikit gurauan membuat suasana kelas tidak membosankan.
4. saran:
– sebaiknya guru memberikan sapaan terhadap peserta didik
– guru membuka pelajaran dengan berdoa
– guru seharusnya membuat ice breaking sebelum memulai pelajaran agar siswa lebih bersemangat
– guru seharusnya memanggil salah satu siswa untuk membacakan hasil karangan dihadapan teman yang lain dan memberika apresiasi kepada peserta didik yang berani membacakan hasil karangan
– guru menyimpulkan apa manfaat mengarang yang telah telah mereka buat
– guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam penutup.
– guru seharusnya menyertakan media pembelajaran yang menarik.
Nama : Efri Diana
Nim : 855827233
Pokjar : Salut Aceh Tengah
UPBJJ : Banda Aceh
Pengamatan Terhadap Peserta Didik
Beberapa peserta didik terlihat kurang fokus terhadap pembelajaran dan penjelasan dari guru. Sebagian siswa tampak asik mengobrol dan mengganggu teman sebangkunya sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif.
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Guru tidak menyapa siswa saat memasuki kelas, yang seharusnya bisa membangun suasana awal yang lebih positif.
Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran, seperti memberikan orientasi atau pengantar, yang bisa membuat siswa lebih siap.
Guru tidak memberikan penjelasan tema atau arahan yang jelas kepada siswa, sehingga siswa mungkin kurang paham tujuan pembelajaran.
Guru tidak memberikan beberapa pilihan tema sebagai panduan agar siswa dapat memilih sesuai minat dan imajinasi mereka.
Guru tidak mengajak siswa untuk menyimpulkan isi pembelajaran yang baru saja disampaikan.
Pembelajaran tidak ditutup dengan doa atau salam penutup yang dapat memberikan kesan akhir yang baik.
Aktivitas kurang menarik dan tidak dilengkapi media pendukung yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Siswa diberi kebebasan untuk menulis karangan sendiri, yang melatih kreativitas dan imajinasi mereka.
Guru menyampaikan langkah-langkah membuat karangan secara bertahap sehingga membantu siswa lebih mudah memahami proses menulis.
Guru menyediakan tema atau judul sebagai titik awal untuk membantu siswa memulai proses mengarang.
Guru aktif memantau perkembangan siswa dalam menulis dan memberikan saran perbaikan dengan gaya yang santai, sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Saran untuk Meningkatkan Pembelajaran
Sebaiknya guru menyapa dan berinteraksi dengan peserta didik di awal pembelajaran untuk membangun suasana yang hangat.
Guru membuka pembelajaran dengan doa agar suasana lebih khidmat dan siswa lebih siap belajar.
Menyertakan kegiatan “ice breaking” singkat akan membantu membangun semangat belajar siswa.
Guru dapat meminta beberapa siswa untuk membacakan hasil karangan di depan kelas, lalu memberikan apresiasi sebagai bentuk penghargaan.
Guru perlu mengajak siswa menyimpulkan manfaat dari kegiatan mengarang agar mereka memahami tujuan pembelajaran.
Menutup pembelajaran dengan doa dan salam penutup memberikan kesan akhir yang baik.
Guru disarankan menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk membuat aktivitas menulis lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa.