Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam media pembelajaran IPS SMP Kelas VII. Pada penggalan pertama diceritakan bahwa guru kesulitan dalam mengajarkan siswa bagaimana membuat grafik/kurve permintaan dan penawaran. Sebagian besar siswa masih belum memahami bagaimana bentuk kurva permintaan dan perbedaannya dengan kurva penawaran.

Agar dapat menerangkan bentuk kurva penawaran, guru mencari satu media pembelajaran yang mudah diingat oleh siswa serta dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Solusi yang dilakukan oleh guru dalam memecahkan masalah memahami kurva permintaan dan penawaran ini adalah dengan menggunakan anggota tubuh. Guru meminta siswa memeragakan bagaimana caranya ketika meminta sesuatu. Siswa mempraktekkan dengan menadahkan tangannya. Pola tangan siswa ketika meminta inilah yang kemudian dijadikan satu simpulan oleh guru hampir sama dengan pola kurva permintaan yang berbentuk grafik dari ujung kanan mengarah ke kiri bawah.

Nah, para guru apakah Anda juga mempunyai cara-cara jitu dalam menjembatani pemahaman siswa dalam pembelajaran? Silakan berbagi bersama kami di Guru Pintar Online agar kita dapat belajar bersama, mencerdaskan anak bangsa.

Rhini Fatmasari

Similar Posts

3 Comments

  1. NAMA : FIKA NUR MAULIDIAH
    NIM : 045103122
    PRODI : PENDIDIKAN EKONOMI
    Video dengan seri pembelajaran yang saya lihat adalah guru memberikan contoh grafik/kurva dari permintaan dan penawaran dengan anggota tubuh salah satu peserta didiknya sangatlah menarik, sehingga peserta didik lebih cepat memahami materi yang telah disampaikan oleh gurunya.

  2. NAMA : Purnaming Wulan Hastutiningsih, NIM : 045112501, PRODI: Pendidikan Ekonomi

    Dalam metode pembelajaran yang digunakan oleh guru diatas yakni menggambar kurva permintaan dan penawaran dengan menggunakan lengan berbentuk tangan meminta dan memberi sebagai pengingat dan pembeda kurva permintaan dan penawaran merupakan cara yang menarik dan menurut saya cukup efektif. Hal ini mengingatkan saya kepada guru saya sewaktu di sekolah dasar dan sekolah menengah, Guru-guru terdahulu banyak yang mengajar masih dalam keterbatasan tekhnologi namun banyak yang mampu/ berhasil menyampaikan materi dan memberi pemahaman kepada murid dengan cara-cara demikian.

  3. Nama : Refrigianto Kusuma
    NIM : 049023491
    Prodi : S1 Pendidikan Ekonomi

    Pembelajaran IPS materi belajar menggambar kurva permintaan dan penawaran dengan lengan dan guru memberikan contoh bentuk kurva dengan lengan sangat menarik dan efektif karena lebih mudah dipahami dan diingat oleh peserta didik dalam belajar serta penyampaian materi oleh guru cukup lugas dan jelas.

Leave a Reply