Sinopsis

Di awal tayangan video, rekan guru dapat menyaksikan seorang guru yang sedang memberikan soal latihan IPA tentang Daya dari buku cetak dan LKS yang dimiliki para siswa. Dalam video juga ditayangkan seorang guru yang menugaskan seorang siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis, yang dengan cara demikian tentu saja tidak dapat mengukur secara keseluruhan kompetensi siswa. Pada umumnya, cenderung guru hanya fokus pada evaluasi hasil belajar saja untuk melihat ketercapaian kompetensi diantara para siswanya. Padahal, evaluasi proses belajar juga penting diberikan kepada siswa untuk melihat kemajuan belajar siswa seperti yang diungkap dalam video.

Tri Wahyuningsih

Similar Posts

20 Comments

  1. Nama : Imania Ragasanti
    NIM : 501313268
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UOBJJ: Samarinda
    Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan di buku cetak yang sudah di miliki siswa dan siswa hanya diberi waktu yang terbatas untuk mengerjakan soal tersebut. Dalam video juga terlihat ada siswa yang belum selesai mengerjakan.Ada salah satu siswa yang diberi tugas untuk mengerjakan dipapan tulis. Dari contoh video tersebut dapat kita ambil pelajaran yang diambil bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda maka evaluasi hendaknya dilakukan secara menyeluruh. Guru juga harus bisa memilah soal dalam evaluasi karena evaluasi dapat mengukur penguasaan siswa terhadap materi dan berlaku bagi seluruh siswa.

  2. Nama : Imania Ragasanti
    NIM : 501313268
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UOBJJ: Samarinda
    Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan di buku cetak yang sudah di miliki siswa dan siswa hanya diberi waktu yang terbatas untuk mengerjakan soal tersebut. Dalam video juga terlihat ada siswa yang belum selesai mengerjakan.Ada salah satu siswa yang diberi tugas untuk mengerjakan dipapan tulis. Dari contoh video tersebut dapat kita ambil pelajaran yang diambil bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda maka evaluasi hendaknya dilakukan secara menyeluruh. Guru juga harus bisa memilah soal dalam evaluasi karena evaluasi dapat mengukur penguasaan siswa terhadap materi dan berlaku bagi seluruh siswa.

  3. Nama : Wahyu Widyawati
    NIM : 501333206
    PRODI : Magister Pendidikan Dasar

    Hal yang saya pelajari dari video tersebut adalah tentang evaluasi, evaluasi diartikan sebagi proses memperoleh data tentang sejauh mana pembelajaran yang dilakukan efektif dan bagaimana perbaikan pembelajaran.
    Manfaat saya mempelajari video tersebut adalah mengetahui bahwa evaluasi yang dilakukan kepada siswa haruslah secara menyeluruh dan komprehensif baik penilaian proses maupun hasil mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Video tersebut menunjukkan evaluasi yang belum menyeluruh mencakup 3 aspek, dan hanya evaluasi terhadap hasil belajar.
    Saran : Penilaian yang dilakukan guru harus mencakup 3 ranah, yaitu sikap, pengetahun dan ketrampilan yang diperoleh dari evaluasi proses dan hasil.

  4. Dalam vidio evaluasi yang tidak menyeluruh ini hendaknya guru memberi keluasan pada siswa untuk mencapai target pengerjaan dan juga hendaknya guru melakukan penilaian proses bukan hanya penilaian hasil akhir.
    penilaiaan guru saat pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran,dan lebih aktif dalam mencari solusi sebuah permasalahan.

  5. Nama : Wawan Lukmanul Hakim
    NIM : 500638707
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bandung

    Pada tayangan video pertama guru terlihat tergesa-gesa, evaluasi dilakukan tidak menyeluruh, guru menyuruh salah satu siswa untuk maju ke depat untuk menuliskan jawabannya. Melakukan evaluasi tidak menyeluruh merupakan sebuah tindakan guru yang kurang profesional dan cenderung akan merugikan kepada siswa. Upaya pada proses belajar siswa, hasil akhir yang diperoleh serta sikap yang mencerminkan karakter baik merupakan bagian dari komponen evaluasi menyeluruh. Jika evaluasi dilaksanakan tidak menyeluruh maka akurasi data yang didapatkan kurang kuat, karena evaluasi pembelajaran itu merupakan suatu proses untuk menentukan nilai atau capaian terhadap suatu kondisi siswa yang diharapkan sebagaimana tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pada tayangan video kedua jelas berbeda guru lebih tenang dan melakukan penilaian menyeluruh.

  6. Nama : Adinda Khoerunnisa
    NIM :501233153

    Prodi : Pascasarjana Pendidikan Dasar

    Fokus hanya pada evaluasi hasil belajar saja tidak memberikan gambaran yang lengkap tentang kemajuan dan perkembangan siswa. Evaluasi proses belajar juga penting untuk memahami bagaimana siswa belajar, mengidentifikasi kesulitan yang mereka hadapi, dan memberikan umpan balik yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman mereka.

    Dalam konteks ini, guru perlu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, bukan hanya memberikan soal latihan dan menilai hasilnya. Melibatkan siswa dalam diskusi, penyelesaian masalah, proyek, atau tugas kolaboratif akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kerjasama, dan pemecahan masalah.

    Selain itu, memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa secara berkala dapat membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan dalam belajar mereka. Umpan balik ini dapat membimbing siswa dalam mengembangkan strategi belajar yang efektif dan memperbaiki area yang masih perlu diperbaiki.

    Dalam mengukur kompetensi siswa, baik evaluasi hasil maupun evaluasi proses belajar perlu dilakukan. Evaluasi hasil belajar memberikan gambaran tentang sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan, sementara evaluasi proses belajar memberikan wawasan tentang kemajuan mereka dalam memahami materi dan mengembangkan keterampilan.

    Dalam hal ini, penting bagi guru untuk menggunakan berbagai metode dan instrumen evaluasi yang beragam, seperti tugas proyek, portofolio, tes formatif, atau observasi kelas, untuk mengumpulkan data yang komprehensif tentang ketercapaian siswa. Dengan mempertimbangkan evaluasi hasil dan proses belajar secara seimbang, guru dapat memberikan umpan balik yang lebih holistik dan membantu siswa dalam mencapai potensi belajar mereka secara optimal.

  7. Nama : Raden Diana Iradanti
    NIM : 501233099
    Prodi : MPDR

    Manfaat yang saya dapatkan setelah mengamati video diatas yaitu ternyata tidak hanya satu evaluasi saja yang digunakan guru tetapi harus sesuai dengan langkah-langkah evaluasi yang kita ketahui.

  8. Nama : Tri Suranto

    NIM : 501253123

    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Guru dalam melakukan evaluasi haruslah secara menyeluruh karena salah satu tujuan evaluasi yaitu untuk mengukur penguasaan siswa terhadap materi untuk seluruh siswa. Guru harus melakukan penilaian proses dan hasil belajar siswa sehingga guru dapat mengetahui kemampuan dari siswa secara komprehensif dan lebih detail. Komprehensif artinya evaluasi harus dilakukan secara menyeluruh untuk menilai beberapa aspek di dalamnya seperti aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik peserta didik. Karena seluruh aspek penilaian berperan besar dalam evaluasi pembelajaran.

  9. Berdasarkan video kegiatan evaluasi diatas maka sebaiknya kita dalam mengevaluasi hasil belajar siswa harus dilakukan setidaknya dua penilaian yaitu penilaian proses belajar dan evaluasi. Pada penilaian proses kita dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap siswa saat proses belajar baik dari ranah sikap, kognitif dan psikomotorik sehingga dapat segera melakukan upaya perbaikan seperti dengan diskusi dan bimbingan selama proses belajar. Kemudian pada kegiatan evaluasi guru dapat menilai hasil belajar siswa dari ranah kognitif dan setelah kegiatan evaluasi selesai, guru memperoleh data yang lengkap sehingga data tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan yang terjadi, untuk di rancang kembali kegiatan pembelajaran yang lebih baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

  10. NAMA : TIARA KUSUMA WARDHANI
    NIM: 501323197
    JURUSAN : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ : SURABAYA

    Dalam video tersebut menyajikan tayangan proses pembelajaran dimana guru tidak melakakuan evaluasi kepada peserta didik secara menyeluruh, padahal fungsi evaluasi sendiri sangat berperan penting terhadap keberlangsungan pembelajaran yang bermakna. Dimana fungsi evaluasi sendiri antara lain : mengukur pencapaian peserta didik, memberikan umpan balik, pemantauan proses pembelajaran, pengambilan keputusan, dan akuntabilitas.

    Saran saya terkait aktivitas pembelajaran yang ada di video tersebut yaitu:
    Guru melakukan evaluasi kepada peserta didik secara menyeluruh sehingga dapat memeroleh hasil yang akurat tentang proses pembelajaran serta pemahaman peserta didiknya.

Leave a Reply