silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan dengan lingkungan sekitar dikelilingi gedung tinggi dan lalu lintas yang ramai. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas 7 sekolah menengah pertama dengan jumlah siswa sekitar 30 orang. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin laki-laki aktif membimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran. Sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah ini cukup lengkap seperti media dan alat peraga yang kondisinya sangat baik dan tertata dengan rapi di kelas. Penerangan di sekolah cukup baik dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa duduk di tempat duduknya masing-masing yang tertata rapi dengan settingan bangku menghadap ke papan tulis di depan kelas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai kegiatan pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam tayangan video tersebut.
  2. Apakah sintak model PjBL terlihat jelas dalam tayangan video tersebut?
  3. Apakah syntax pertama yaitu speculation (memulai dengan sebuah pertanyaan) sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut?
  4. Menurut Anda apakah project yang dilakukan oleh siswa sudah tepat untuk merefleksikan model pembelajaran berbasis project?
  5. Jelaskan, apakah kegiatan pembelajaran sudah memperlihatkan keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration dan Creativity)?

Similar Posts

2 Comments

  1. Dalam tanyang pembelajaran dengan model PjBL sudah cukup tampak sintaks-sintaksnya dengan jelas. Model pembelajaran PjBL sangat cocok diterapkan untuk menjawab tantangan penbelajaran abad 21 yang menghendaki siswa memiliki kecakapan 4C (critical thingking, creative thingking, collaboration, dan communication) selain itu dalam video tampak guru mengarahkan siswa untuk mencari berbagai referensi terkait masalah yang diteliti menggunakan kemajuan IT dengan browsing. Hal tersebut dapat meningkatkan minat baca serta kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian siswa dalam project yang dilakukan dapat mengkonstruksi penegtahuan siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

  2. Dalam video tersebut terlihat guru memberikan stimulus kepada siswa agar mencari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan tema materi yaitu berselancar di Dunia maya. Tentu Saja hal itu akan merangsang minat Literasi siswa secara mandiri. langkah-langkah pembelajaran dengan model Project Based Learning juga sangat jelas. Tuntutan pembelajaran untuk membentuk siswa dengan kompetensi kecakapan 4C juga nampak dilakukan oleh guru. Video ini sangat memberikan inspirasi bagi kami dan saya dalam proses pembelajaran di kelas.

Leave a Reply