Sinopsis

Di awal tayangan video, rekan guru dapat menyaksikan seorang guru yang sedang memberikan soal latihan IPA tentang Daya dari buku cetak dan LKS yang dimiliki para siswa. Dalam video juga ditayangkan seorang guru yang menugaskan seorang siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis, yang dengan cara demikian tentu saja tidak dapat mengukur secara keseluruhan kompetensi siswa. Pada umumnya, cenderung guru hanya fokus pada evaluasi hasil belajar saja untuk melihat ketercapaian kompetensi diantara para siswanya. Padahal, evaluasi proses belajar juga penting diberikan kepada siswa untuk melihat kemajuan belajar siswa seperti yang diungkap dalam video.

Tri Wahyuningsih

Similar Posts

20 Comments

  1. Nama : Nur Afiana
    Nim : 501173019
    Prodi : Magister pendidikan dasar
    UPBJJ : Palembang
    Dalam vidio evaluasi yang tidak menyeluruh ini hendaknya guru memberi keluasan pada siswa untuk mencapai target pengerjaan dan juga hendaknya guru melakukan penilaian proses bukan hanya penilaian hasil akhir.
    penilaiaan guru saat pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran,dan lebih aktif dalam mencari solusi sebuah permasalahan.

  2. Nama : Sarianto
    NIM : 501574273
    Prodi : MPDR
    Dari video ini kita bisa melihat mengenai pentingnya melakukan evaluasi secara menyeluruh mengingat kebutuhan siswa dalam belajar berbeda-beda tidak bisa diwakili hanya sebagian siswa saja.
    Alangkah lebih baiknya pelaksanaan evaluasi tidaklah mengandalkan apa yang ada di buku atau LKS. Guru harus cermat dalam memilah soal/latihan yang akan digunakan dalam evaluasi mengingat kondisi siswa tidak selamanya ideal sebagaimana di buku.

  3. Nama : Citra Silviani
    Nim : 501173209
    Prodi : Magister pendidikan dasar
    UPBJJ : Palembang

    Dalam vidio tersebut guru yang menugaskan seorang siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis, yang dengan cara demikian tentu saja tidak dapat mengukur secara keseluruhan kompetensi siswa. Pada umumnya, cenderung guru hanya fokus pada evaluasi hasil belajar saja untuk melihat ketercapaian kompetensi diantara para siswanya. Padahal, evaluasi proses belajar juga penting diberikan kepada siswa untuk melihat kemajuan belajar siswa seperti yang diungkap dalam video. Evaluasi yang tidak menyeluruh ini hendaknya guru memberi keluasan pada siswa untuk mencapai target pengerjaan dan juga hendaknya guru melakukan penilaian proses bukan hanya penilaian hasil akhir. karena sejatinya evaluasi harus kita lakukan secara menyeluruh untuk mengukur penguasaan siswa terhadap materi untuk seluruh siswa.

  4. Nama : UMI NADHIFAH
    NIM : 501333087
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Malang

    Dalam video tersebut, pelaksanaan evaluasi yang dilakukan tidak menyeluruh. Padahal fungsi dari evaluasi adalah mengetahui tingkat pemahaman masing-masing individu. Jika hanya dilakukan sampling, maka hasil yang didapatkan tidak akan akurat dan tidak maksimal.

    Dalam pola evaluasi kedua yang dilakukan oleh guru tersebut yakni evaluasi secara menyeluruh berupa evaluasi proses dan hasil. Namun menurut saya, pelaksanaan masih kurang efisien karena akan membutuhkan banyak waktu untuk melakukan evaluasi dengan metode seperti itu, dimana siswa diminta maju satu persatu untuk menuliskan hasil jawaban di papan tulis.

    Saran yang dapat saya berikan adalah:
    1. Penilaian dilakukan secara menyeluruh meliputi proses, sikap, pengetahuan maupun keterampilan
    2. Pelaksanaan penilaian dirancang sesuai kebutuhan pembelajaran, dan tidak harus selalu dilaksanakan dalam satu waktu yang bersamaan, baik berupa tes maupun non tes

  5. Nama : Rizkia Khairunnisa
    NIM : 501574234
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Pada video yang telah disajikan, dapat kita pahami bahwa dalam melakukan evaluasi pembelajaran sebaiknya harus secara menyeluruh yaitu guru harus mampu menilai keseluruhan kompetensi yang terdapat dalam kurikulum yang mungkin meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dan artinya evaluasi juga harus mencakup kepada semua siswa tidak hanya diwakili oleh beberapa siswa saja. Evaluasi juga harus dilakukan secara sistematis dan kontinu agar dapat menggambarkan kemampuan peserta didik yang dievaluasi.

  6. Nama : Dewi Putri Yuni
    NIM : 501133079
    Prodi : Megister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Padang

    Dari video tersebut saya mendapatkan manfaat tentang cara mengevalusi yang menyeluruh, apabila kita hanya menilai hasil evalusi tanpa menilai prosesnya maka kita belum mengevalusi secara menyeluruh, seharusnya kita melakukan evaluasi proses dan evalusi hasil, agar kita mengetahui kemampuan dari masing-masing siswa kita, dan kita dapat melihat sejauh mana kemampuan siswa yang sebenarnya.

  7. Nama : Veradina Novianty
    NIM : 501202671
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Evaluasi memiliki salah satu prinsip yakni ‘menyeluruh’ yang artinya evaluasi dilakukan dengan beragam teknik untuk menjamin ketersediaan informasi yang lengkap. Namun berdasarkan video yang diamati, tidak sesuai dengan prinsip ini. Hal ini disebabkan guru dalam video tersebut hanya meminta 5 orang siswa untuk menjawab soal yang ada di papan tulis. Menurut saya evaluasi yang dilakukan tidak menyeluruh, karena hanya ada 5 orang saja yang mengerjakan evaluasi. Karena 5 orang sampling, tidak dapat mewakili seluruh siswa. Maka data evaluasi yang dihasilkan tidak akurat.

    Alangkah baiknya evaluasi dilakukan dengan menyeluruh yakni seluruh siswa mengerjakan evaluasi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

  8. Nama : DEVY RUSELVI
    NIM : 501132851
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Padang
    Manfaat yang saya dapat dari mengamati video pembelajaran “Evaluasi Yang Tidak Menyeluruh”, yaitu: Tayangan video tersebut membahas tentang pentingnya memberikan evaluasi proses belajar kepada siswa, selain evaluasi hasil belajar. Di awal video, seorang guru memberikan soal latihan IPA tentang Daya dari buku cetak dan LKS yang dimiliki para siswa. Namun, dalam video juga ditunjukkan bahwa seorang siswa hanya ditugaskan untuk mengerjakan soal di papan tulis, yang tidak dapat mengukur secara keseluruhan kompetensi siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada umumnya, guru hanya fokus pada evaluasi hasil belajar saja untuk melihat ketercapaian kompetensi di antara para siswa, tanpa memberikan evaluasi proses belajar kepada siswa. Padahal, evaluasi proses belajar juga penting diberikan kepada siswa untuk melihat kemajuan belajar siswa, seperti yang diungkap dalam video.
    Dalam video tersebut, disarankan agar guru memberikan evaluasi proses belajar kepada siswa, seperti memberikan umpan balik tentang kemajuan belajar siswa, memberikan kesempatan untuk refleksi diri, dan mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dengan memberikan evaluasi proses belajar, guru dapat membantu siswa untuk memahami proses belajar dan meningkatkan kemampuan belajar mereka. Manfaat yang saya dapat, video tersebut menekankan pentingnya memberikan evaluasi proses belajar kepada siswa, selain evaluasi hasil belajar. Dengan memberikan evaluasi proses belajar, guru dapat membantu siswa untuk memahami materi dengan lebih baik, meningkatkan kemampuan belajar mereka, dan membantu mereka untuk mencapai keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

  9. Nama : Nurul Nisa
    NIM : 501233074
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ: Bandung

    Evaluasi merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menganalisa dan menginterpretasi informasi untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peseta didik. Salah satu tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk mengukur kemampuan siswa, guru harus melakukan penilaian proses dan hasil belajar siswa dengan demikian dengan menggunakan Penilaian yang menyeluruh tersebut guru dapat mengetahui kemampuan dari siswa secara komprehensif dan lebih detail.
    Manfaat dari video ini: guru tidak hanya melakukan salah satu evaluasi saja, akan tetapi alangkah baiknya apabila evaluasi dilakukan secara menyeluruh.

  10. Nama : Imania Ragasanti
    NIM : 501313268
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UOBJJ: Samarinda
    Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan di buku cetak yang sudah di miliki siswa dan siswa hanya diberi waktu yang terbatas untuk mengerjakan soal tersebut. Dalam video juga terlihat ada siswa yang belum selesai mengerjakan.Ada salah satu siswa yang diberi tugas untuk mengerjakan dipapan tulis. Dari contoh video tersebut dapat kita ambil pelajaran yang diambil bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda maka evaluasi hendaknya dilakukan secara menyeluruh. Guru juga harus bisa memilah soal dalam evaluasi karena evaluasi dapat mengukur penguasaan siswa terhadap materi dan berlaku bagi seluruh siswa.

Leave a Reply