Sinopsis

Pelajaran IPS kadang dianggap pelajaran yang membosankan, sehingga guru dituntut untuk membuat pelajaran itu menarik bagi siswa. Video ini menggambarkan guru ekonomi menyampaikan materi Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi dengan metode Cooperative learning tipe numbered heads together. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa aktif berani mengemukakan pendapat, dan melatih siswa berpikir kritis. Tayangan video pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif untuk membuat siswa tidak jenuh, dan siswa menjadi senang.

Similar Posts

10 Comments

  1. Nama : Ika Febrianti
    NIM : 042731126
    PRODI : Pendidikan Ekonomi
    Assalamu’alaikum wr.wb
    Membuat suasana atau aktivitas belajar mengajar yang enjoy tidak membosankan dan siswa tertarik untuk mengikuti dan memperhatikan pelajaran itu adalah tantangan bagi seorang guru. Guru di tuntut untuk mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang di sukai siswa, ketika siswa suka siswa akan tertarik untuk mengikuti pelajaran dan mau untuk mendengarkan materi yang kita berikan. Saya sebagai seorang guru harus lebih kreatif untuk memilih metode belajar yang tepat agar siswa tidak bosan salah satu metode yang menarik yaitu metode Cooperative learning tipe numbered heads together. Cooperative learning tipe numbered heads together merupakan model pembelajaran kelompok yang setiap kelompok bertanggung jawab atas tugas kelompoknya. Namun menurut saya dalam model pembelajaran Cooperative learning tipe numbered heads together seperti video diatas tidak semua siswa akan dapat menjawab pertanyaan hanya siswa yang paham saja.

  2. Nama : Purnaming Wulan Hastutiningsih, NIM : 045112501, Prodi : Pendidikan Ekonomi

    Assalamu’alaikum wr wb.

    Metode Cooperative learning tipe numbered heads together, menurut saya merupakan satu metode yang cukup efektif untuk menghidupkan suasana pembelajaran kelas serta mampu “memaksa” siswa untuk mau aktif dan berfikir kritis serta membangung kerjasama. Namun dalam video ini yang saya perhatikan untuk sesi pembelajaran ini dalam 1 kelompok hanya diberi tanggung jawab untuk memecahkan 1 nomor soal sesuai dengan nomor kelompok / pada 1 topik permasalahan saja sehingga siswa juga hanya berfokus mempelajari 1 topik itu, yang memungkinkan mereka tidak memahami topik dan materi lainnya.

  3. NAMA : FIKA NUR MAULIDIAH
    NIM : 045103122
    PRODI : PENDIDIKAN EKONOMI

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Metode pembelajaran Cooperative learning tipe numbered heads together yang saya lihat dari video pembelajaran ini merupakan suatu metode yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa serta siswa dapat berfikir luas, menyenangkan dan tidak merasa jenuh saat pembelajaran berlangsung. Maka dengan itu guru dituntut harus selalu mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif, nayaman bagi siswa sehingga siswa tidak mudah bosan.

  4. Nama : Musyarofah
    NIM : 049473269
    Prodi : Pendidikan Ekonomi
    Assalamu’alaikum wr.wb
    Dari video yang saya lihat diatas, bahwa ibu guru yang mengajarkan pelajaran IPS dengan tema ” Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi” menggunakan metode cooperative learning tipe number heads together yang merupakan model pembelajaran berkelompok dengan cara setiap siswa diberi nomor dan diacak oleh guru. Menurut saya model pembelajaran seperti itu cukup efektif dan mengasah otak anak, para siswa dipaksa untuk berpikir kritis untuk menjawab pertanyaan. Pembelajaran yang santai dan cukup asik membuat para siswa semangat dan serius dalam mengikuti proses pembelajaran. Jadi, sebagai seorang guru dituntut agar mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman dan tenang sehingga para siswa tidak merasa bosan dengan materi yang diajarkan. Saya sangat setuju dengan ibu guru divideo yang memulai pelajaran dengan cara berinteraksi dengan siswa, melakukan tanya jawab sebelum pelajaran dimulai itu bertujuan agar para siswa fokus dan serius dalam mengikuti pelajaran.

  5. Nama: Ananda Indra Firmana
    NIM: 049821904
    Prodi: Pendidikan Ekonomi
    Pada video tersebut guru menggunakan Metode Cooperative Learning tipe Number Heads Together dan hasilnya cukup efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan menambah interaksi sosial antara siswa. Dalam metode tersebut siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil. Saat setelah kelompok kecil berdiskusi, guru memberikan pertanyaan atau masalah dan semua siswa pada anggota kelompok yang sudah berdiskusi bersama-sama untuk mencari jawaban. Ini mendorong siswa untuk bekerja sama dan memastikan bahwa semua anggota kelompok terlibat dalam pembelajaran.

  6. Nama : yayu yuvita
    NIM : 031182588
    PRODI : Pendidikan Ekonomi

    Saya sangat senang melihat video pembelajaran ini,memang benar tantangan guru untuk menciptakan kelas dengan pembelajaran yang dibuat menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa nya.
    dan yang terpenting siswa dapat memahami /mengerti pembelajaran yang sudah disampaikan.sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

    terima kasih.

  7. nama : yohana a rambe
    nim : 030936574
    setelah saya menonton vidio ini saya sangat tertarik,para peserta didik sangat antusias dalam pembelajaran terjadi interaksi antar sesama siswa dan pembelajaran aktif,model pembelajaran ini sering saya terapkan disekolah .trimkasih

  8. assalamualaikur wr wb
    nama : Fitria martasari
    nim : 042493777

    – Cara mengajar menurut saya Metode Cooperative learning tipe numbered heads together, merupakan satu metode yang cukup efektif untuk menghidupkan suasana pembelajaran kelas serta mampu membuat siswa untuk mau aktif dan berfikir kritis serta membangung kerjasama. proses pembelajaran ini sangat efektif sekali dalam membangun suasana kelas agar tidak bosan hanya di kelas, metode berkelompok dan berdiskusi kemudian mempresentasikan dan menjawab pertanyaan dari guru untuk mendapkan nilai tambah akan menjadi kelas yang aktif.
    – Analisi video yang di cari di internet
    • Guru dapat mengatur waktu karena proses pembelajaran memerlukan waktu untuk mencari referensi dan berdiskusi,kemudian berdiskusi dan kemudian mempresentasikan, dan juga siap akan pertanyaan oleh guru
    • Menambah wawasan dan kemampuan siswa dalam belajar karena siswa mau aktif dalam berfikir dan bertanya, melontarkan pendapatnya masing-masing
    • Menambah kedekatan antara guru dan siswa
    – Kelebihan dan kekurangan dari pengamatan video tersebut
    • Kelebihan yang ada di video tersebut adalah siswa menjadi aktif dalam berdiskusi dan juga belajar berani melontarkan pendapat dan juga presentasi, suasana kelas yang tidak membosankan
    • Kelemahan guru perlu menjelaskan dahulu apa saja tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa sehingga proses pembelajaran agar lebih terarah
    – Cara mengatasi dalam proses pembelajaran
    Menurut saya guru dalam memberikan penegertian ke siswa akan Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi sudah baik apalagi terjadinya forum diskusi yang aktif sehingga siswa lebih paham apa yang sedang dipelajarinya, memberikan kesempatan kepada siswa merupakan proses agar siswa mampu lebih mengutarakan pendapat, agar lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya.

  9. Assalam’alaikum Wr.. Wb..
    Salam sejahtera dan selalu semangat untuk memberikan terbaik bagi keberlangsungan, kemajuan pendidikan Indonesia dimasa-masa yang akan datang.
    Nama : Muhammad Najib, Amd. Akun
    NIM : 050572717
    Prodi : S1 Pendidikan Ekonomi

    Video yang disajikan di atas memperlihatkan bahwa seorang Guru IPS menyampaikan materi tentang Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative learning tipe numbered heads together. Metode ini guru mengajak Siswa/i untuk belajar memahami materi dengan cara membagi siswa terdiri beberapa kelompok dan kemudian kelompok-kelompok tersebut mendapatkan arahan dari guru dan guru tersebut menyuruh siswa/i membaca dan memahami materi untuk nantinya siswa/i tersebut dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan oleh guru.
    Sisi kelemahan dalam menggunakan metode seperti ini bahwa tidak semua siswa dapat menjawab pertanyaan hanya sebagian saja sebagai perwakilan dari kelompok tersebut. Namun dilihat dari sisi positifnya bahwa siswa/i di paju untuk terus giat mencari tahu untuk dapat mengusai dan gambaran pelajaran dalam materi tersebut sehingga pertanyaan yang di ajukan dan dapat di jawab perwakilan dari kelompok tersebut atau keseluruhan siswa/i dapat memahami dan mngamati isi jawaban dari pertanyaan yang guru sampaikan tersebut.

    Terima kasih dan Wassalamu’alaikum Wr .. Wb ..

  10. Assalamualaikum wr wb
    Menurut saya video ini sangat bagus apabila dibterapkan di kelas, video ini menggunakan metode cooperative learning tipe numbered heads together guru melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa aktif berani mengemukakan pendapat, dan melatih siswa berfikir kritis.

Leave a Reply