Sinopsis

Tampak seorang guru PKN dengan beberapa siswa di kelas VII. Beliau mengajar materi tentang “Kebiasaan mengemukakan pendapat di muka umum”. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, siapa yang mau mengemukakan pendapat tentang masalah-masalah yang terjadi di Indonesia. Akan tetapi tidak ada satu siswa pun yang berani menjawabnya. Mereka hanya duduk terdiam dan hanya saling pandang. Guru pun langsung menunjuk dua siswa dari mereka untuk menjawabnya, tetapi tetap saja tidak ada yang menjawabnya. Untuk mengatasi hal tersebut, guru langsung membagi kelas menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok memiliki tugas mewawancarai orang dekat dalam kehidupan siswa, seperti Kepala sekolah, Ketua RT, Polisi, Lurah, dan orang tua siswa. Setelah siswa selesai mewawancarai orang yang telah ditentukan, maka mereka harus mempresentasikan hasil wawancaranya di depan kelas. Setelah ke 5 kelompok selesai mempresentasikan hasil laporannya, maka guru memberi tepuk tangan sambil berkata ”ternyata kalian mempunyai kemampuan menyampaikan pendapat, teruslah berlatih, terimakasih”.

Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?

Ary Purwantiningsih

Tampilan Video secara umum cukup menarik karena topiknya adalah cara mengatasi pembelajaran PKn untuk berlatih mengemukakan pendapat di depan umum, namun belum terlihat yang menjadi fokus kompetensi yang diharapkan, karena guru dalam mengawali pembelajaran tidak melalui apresepsi.

Dalam tayangan proses pembelajaran tidak terlihat secara utuh, contoh siswa untuk mengemukakan pendapatnya, guru langsung memerintahkan membentuk kelompok, dan masing-masing kelompok ditugaskan untuk mewawancarai seorang pejabat seperti kepala sekolah dan lurah. Tayangan ketika siswa melakukan wawancara tidak di tampakan, tahu-tahu setiap kelompok memberikan laporannya, laporan itupun hanya terbatas beberapa kata.

Strategi pembelajaran yang disampaikan guru hanya ceramah menugaskan siswa untuk melakukan wawancara di luar kelas. Terkesan dalam proses pembelajaran kurang adanya interaksi.

Dalam tayangan video belum menggambarkan proses pembelajaran yang utuh atau sempurna ketuntasannya dan perlu penggiringan siswa berlatih untuk mengemukakan pendapatnya

Kompetensi dalam topik pembelajaran tersebut semestinya sangat menarik, jika diimbangi oleh inovatif dan kreatif strategi guru yang diterapkan.

Topik pembelajaran tersebut adalah sangat menarik saran perbaikan tentunya guru dituntut lebih kreatif lagi dalam menyampaikan sajiannya.

Drs. Sriyono, M.Hum.

Similar Posts

49 Comments

  1. Nama : IDA ELISA
    NIM : 016768557
    Prodi : S1 PKN
    Asal UPJJ : Samarinda

    Vidio pembelajaran : Berlatih Mengemukakan Pendapat di Muka Umum

    Pertanyaan pemicu diskusi :
    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Jawab:
    Pada video diatas guru menggunakan startegi berupa model pembelajaran Cooperative Learning, yaitu dengan membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil dengan anggota kelompoknya memiliki kemampuan yang berbeda. Dengan begitu akan terjadi terjadi saling ketergantungan positif, adanya tanggung jawab perorangan dan komunikasi yang intensif antara anggota kelompok dengan tujuan memaksimalisir proses belajar.
    Pembelajaran kooperatif merupakan serangkaian strategi khusus yang dirancang untuk memberikan dorongan kepada peserta didik agar bekerja sama selama proses pembelajaran. Pembelajaran kooperatif salah satunya bertujuan untuk memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Melalui pembelajaran kooperatif siswa dapat bekerja sama dan saling tolong menolong dalam memahami materi dan tugas belajar yang dihadapi.

    2.Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Jawab:
    Metode yang digunakan sudah cukup efektif, sudah dapat mendorong siswa untuk berani mengemukaan pendapatnya didepan umum. Untuk lebih memaksimalkan, bisa ditambahkan dengan memberikan waktu masing-masing kelompok untuk maju didepan kelas dan mempraktekkan proses wawancara yang mereka lakukan, dan kemudian diakhiri dengan kesimpulan hasil wawancara mereka. dengan begitu akan memberikan kesempatan bagi seluruh anggota kelompok untuk dapat merbicara didepan umum.

  2. Nama : Muhammad Kurniawan
    NIM : 043497935
    Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    UPPBJ UT TARAKAN

    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    !. Menurut saya strategi yang bisa digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum adalah bisa dengan memancing siswa dengan pertanyaan – pertanyaan sederhana dan kemudian dibiasakan sehingga siswa menjadi terbiasa dalam berbicara didepan teman – temannya, kemudian bisa juga dengan sesekali memberikan reward bagi siswa yang bisa mengemukakan pendapat

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Menurut saya sudah cukup efektif, dengan dibentuk kelompok, siswa bisa mengatasi gugup atau grogi dalam mengemukakan pendapatnya dan bisa lebih percaya diri, apalagi mereka juga belajar mewawancarai masyarakat disekitar sekolah sehingga mereka belajar berbicara dengan baik dan juga melatih kesiapan mental siswa dalam berbicara sehingga lebih siap dalam mengemukakan pendapatnya

  3. NANDA SAPARINGGA
    NIM. 042535085
    S1 PKn UPBJJ Bandar Lampung

    1) Menurut saya strategi yang digunakan guru untuk mengatasi masalah pembelajaran
    seperti yang ada dalam video di atas adalah dengan strategi belajar Role Playing (bermain peran) dikombinasikan dengan metode kerja kelompok. Dengan demikian siswa lebih percaya diri untuk mengungkapkan pendapat dalam satu kelompok diskusi.

    2) Metode yang diterapkan guru dalam video pembelajaran di atas sudah tepat, karena memberikan simulasi siswa tentang sebuah wawancara yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa menjadi lebih kreatif dan mengembangkan gagasannya dalam mengungkapkan pendapat seperti yang mereka pelajari. Siswa bermain peran menjadi orang-orang yang biasa mereka temui dalam kehidupan bermasyarakat.

  4. NANDA SAPARINGGA / 042535085
    UPBJJ Bandar Lampung / Prodi S1 PPKn

    1) Menurut saya strategi yang digunakan guru untuk mengatasi masalah pembelajaran
    seperti yang ada dalam video di atas adalah dengan strategi belajar Role Playing (bermain peran) dikombinasikan dengan metode kerja kelompok. Dengan demikian siswa lebih percaya diri untuk mengungkapkan pendapat dalam satu kelompok diskusi.
    2) Metode yang diterapkan guru dalam video pembelajaran di atas sudah tepat, karena memberikan simulasi siswa tentang sebuah wawancara yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa menjadi lebih kreatif dan mengembangkan gagasannya dalam mengungkapkan pendapat seperti yang mereka pelajari. Siswa bermain peran menjadi orang-orang yang biasa mereka temui dalam kehidupan bermasyarakat

  5. NURATI (042450058)
    UPBJJ Purwokerto / Prodi S1 PPKN

    1. Siswa sangat sulit mengungkapkan pendapatnya di dalam kelas. Ada banyak alasan dan faktor yang mempengaruhinya seperti takut salah. Keberanian siswa dalam berpendapat di proses KBM masih sangat rendah. Metode Focus Group Discussion dinyatakan sebagai metode untuk memperoleh produk data atau informasi melalui interaksi sosial kelompok yang dalam interaksi tersebut sesama individu saling mempengaruhi satu sama lain.
    2. Sudah tepat, dengan dibuat kelompok, siswa memperoleh interaksi data dari hasil diskusi sekelompok partisipan atau responden dalam meningkatkan kedalaman informasi.

  6. Nama : Eldyani Liling
    NIM : 043122055
    1. Masalah yang saya identifikasi
    Kesulitan Mengemukakan Pendapat
    2. Penyebab Masalah
    Tidak ada satu siswa yang berani menjawab karena malu malu
    Hanya duduk diam dan saling Pandang
    3. Alternatif Masalah
    Untuk mengatasi hal tersebut, guru langsung membagi kelas menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok memiliki tugas mewawancarai orang dekat dalam kehidupan siswa, seperti Kepala sekolah, Ketua RT, Polisi, Lurah, dan orang tua siswa. Setelah siswa selesai mewawancarai orang yang telah ditentukan, maka mereka harus mempresentasikan hasil wawancaranya di depan kelas. Setelah ke 5 kelompok selesai mempresentasikan hasil laporannya, maka guru memberi tepuk tangan sambil berkata ”ternyata kalian mempunyai kemampuan menyampaikan pendapat, teruslah berlatih, terimakasih”.
    4. Tujuan Perbaikan
    siswa memperoleh interaksi data dari hasil diskusi sekelompok partisipan atau responden dalam meningkatkan kedalaman informasi.

  7. Nama : Yeni Ika Yulia
    Nim : 858969313
    UPBJJ :Ut Jember
    Pertanyaan pemicu diskusi :
    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Setelah mengamati vidio tersebut terkait pembelajaran Pkn mengemukakan pendapat di depan umum siswa memang sulit untuk mengemukakan pendapatnya, sehingga guru memerlukan metode yang tepat untuk membuat siswa asktif dan bisa mengemukkan pendapat. Dalam vidio tersebut guru sudah memakai metode Cooperative Learning yang mana metode tersebut berhasil membuat siswa aktif dalam belajar. pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang menekankan keterlibatan semua siswa melalui diskusi kelompok kecil. kelompok kecil tersebut terdiri dari beberapa siswa yang memiliki kemampuan berbeda. Dengan demikian akan terjalin kerja sama dan saling membantu menyelesaikan permasalahan yang ditugaskan. Melalui diskusi kelompok kecil pada metode kooperatif siswa mulai terlatif mengemukakan pendapatnya. Sehingga pada pembelajaran dividio tersebut siswa sudah mulai berani mengemukakan pendapatnya di depan umum.
    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?metode yang terapkan oleh guru tersebut sudah efektif dengan membentuk kelompok sehingga siswa memiliki keberanian dan tanggung jawab untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan pembelajaran. Namun alangkah baiknya jika guru memberikan pertayaan pemantik terlebih dahulu kepada siswa sehingga dapat merangsang gairah belajar siswa untuk aktif dalam belajar mengemukakan pendapat dimuka umum.

  8. Nama : Eva Febriana Damayanti
    Nim. : 858954069
    UPPBJ UT JEMBER
    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya dimuka umum?
    Menurut saya,ada beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh guru ,diantara:
    a. Guru dapat membangun
    kepercayaan diri siswa dengan
    memberikan kesempatan untuk
    berbicara di depan kelas secara
    bertahap,seperti partisipasi ”
    guru dapat mendorong
    partisipasi siswa dalam diskusi
    kela,sehingga siswa dapat
    terbiasa berbicara sdi depan
    umum.
    b. Guru dapat mempersiapkan
    beberapa pertanyaan yang siap
    disampaikan kepada siswa yang
    siap disampaikan kepada siswa
    terkait materi yang di
    sampaikan.pertanyaan ini akan
    mendorong siswa untuk lebih
    berani berbicara,sangat
    singkat,tpi akan sangat
    membantu mereka untuk
    membiasakan diri berbicara di
    depan umum .
    2. Bagaimana pendapat saudara
    tentang metode yang diterapkan
    oleh guru diatas,sudah efektifkah
    dengan metode tersebut?
    Menurut saya sudah cukup
    efektif namun metode belajar
    debat bukan hanya metode
    diskusi,debat biasanya dilakukan
    antara dua kelompok atau lebih
    Tujuannya peserta didik
    diharapkan dapat meningkatkan
    kemapuan berbicara dan
    mengemukakan pendapat.

  9. 1. Guru dapat menjadi contoh yang baik dengan secara aktif berpartisipasi dalam presentasi di depan kelas atau acara lainnya. Ini memperlihatkan kepada siswa cara yang efektif untuk berbicara di depan umum dan memberikan inspirasi bagi mereka.
    2. metode pembelajaran sudah efektif siswa sudah mampu megemukakan pedapat di depan umum lebih efektif lagi guru membentuk kelompok belajar dengan metode diskusi tujuanya peserta didik mampu menguasai dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

Leave a Reply