Similar Posts
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Paiqoh
NIM : 857104992
POKJAR: Tarumajaya
UPBJJ : UT JAKARTA
Dari video yang sudah saya amati yang berjudul “yuk, kita baca lagi” menjelaskan bahwa membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa. Dari video tersebut menggambarkan seorang guru yang menyuruh anak-anak untuk membaca buku tanpa memberi aturan, arahan ataupun cara baca yang baik dan benar, supaya dapat menciptakan kelas yang baik. Karena hal tersebut sehingga ada seorang murid yang mengganggu teman sebelahnya, adapun cara untuk menegur murid yang mengganggu temannya itu yaitu dengan cara mendatangi murid tersebut dan bertanya apakah sudah selesai membaca dan apa penyebab murid tersebut mengganggu temannya, ketika murid tersebut sudah selesai membaca maka guru akan menggantikan buku itu dengan buku bacaan baru, setelah masalah teratasi, dan murid murid lain pun sudah selesai dalam bacaannya, maka seorang guru itu menyuruh muridnya untuk menjelaskan apa dari hasil yang sudah mereka baca, dengan maju kedepan dan menceritakan kepada teman teman di depan kelas, sehingga dari kegiatan membaca tersebut anak anak sudah bisa mencerna dan memahami apa yang sudah di baca dan berani untuk maju kedepan kelas
Nama : Paiqoh
NIM : 857104992
POKJAR: Tarumajaya
UPBJJ : UT JAKARTA
Dari video yang sudah saya amati yang berjudul “yuk, kita baca lagi” menjelaskan bahwa membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa. Dari video tersebut menggambarkan seorang guru yang menyuruh anak-anak untuk membaca buku tanpa memberi aturan, arahan ataupun cara baca yang baik dan benar, supaya dapat menciptakan kelas yang baik. Karena hal tersebut sehingga ada seorang murid yang mengganggu teman sebelahnya, adapun cara untuk menegur murid yang mengganggu temannya itu yaitu dengan cara mendatangi murid tersebut dan bertanya apakah sudah selesai membaca dan apa penyebab murid tersebut mengganggu temannya, ketika murid tersebut sudah selesai membaca maka guru akan menggantikan buku itu dengan buku bacaan baru, setelah masalah teratasi, dan murid murid lain pun sudah selesai dalam bacaannya, maka seorang guru itu menyuruh muridnya untuk menjelaskan apa dari hasil yang sudah mereka baca, dengan maju kedepan dan menceritakan kepada teman teman di depan kelas, sehingga dari kegiatan membaca tersebut anak anak sudah bisa mencerna dan memahami apa yang sudah di baca dan berani untuk maju kedepan kelas