Similar Posts
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Nama : ISYROFA BERNADETA
NIM : 856986962
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
Prodi : S1 PGSD
Kekurangan
Kekurangan dari video tersebut adalah kurangnya minat siswa dalam membaca buku tersebut, dan guru tidak memberikan petunjuk kepada siswa apa yang harus dilakukan siswa saat membaca.
Kelebihan
Guru sudah berhasil memberikan bacaan yang sesuai untuk siswa. Sebelum memberikan tugas kepada siswa, guru telah memberikan petunjuk pada siswa apa yang harus dilakukan siswa saat membaca, sehingga siswa tertarik dengan bacaan tersebut dan siswa sudah dapat menyampaikan pendapatnya menggunakan bahasanya sendiri dengan baik sesuai dengan bacaan tersebut di depan teman-temannya.
Saran :
Saran saya, sebaiknya dalam memberikan sebuah bahan bacaan, hendaknya berisi tentang cerita yang dekat dengan siswa dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan sedikit kreativitas sehingga siswa akan tertarik untuk membacanya. Dan tidak lupa sebelum memberikan tugas, sebaiknya guru menjelaskan perintah atau petunjuk sehingga siswa akan paham.
Nama : Aulia Nisfu Ramadhan
NIM : 857319391
Upbjj : Bogor
Pokjar : Bogor Selatan
Prodi : S1 PGSD
Kekurangan
Kurangnya minat siswa dalam membaca buku tersebu dan guru tidak memberikan petunjuk kepada siswa apa yang harus dilakukan siswa saat membaca.
Kelebihan
Guru sudah berhasil memberikan bacaan yang sesuai untuk siswa. Sebelum memberikan tugas kepada siswa, guru telah memberikan petunjuk pada siswa apa yang harus dilakukan siswa saat membaca, sehingga siswa tertarik dengan bacaan tersebut dan siswa sudah dapat menyampaikan pendapatnya menggunakan bahasanya sendiri dengan baik sesuai dengan bacaan tersebut di depan teman-temannya.