Similar Posts
Belajar Tentang Distribusi
Sinopsis Video ini berisi tentang proses pembelajaran yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan siswa dalam mengingat materi ajar, agar materi ajar tertanam dalam benak siswa, maka digunakanlah metode scramble dimana siswa ditugasi mengerjakan LKS dalam bentuk pertanyaan menjodohkan yang jawabannya dalam kontur kata yang di acak-acak, harapannya kata yang di acak itu adalah sesuatu yang aneh,…
Kondisi Geografis dan Penduduk
Sinopsis Video ini berisi tentang penggunaan Metode Cooperative Learning tipe two stay two stray dalam pembelajaran IPS di kelas VII. Metode ini sangat efektif digunakan untuk mengaktifkan siswa. Dalam video ini diberikan langkah-langkah pembelajaran Metode Cooperative Learning tipe two stay two stray sehingga siswa yang tadinya jenuh, bosan, menjadi lebih bersemangat. Anda ingin mengetahui bagaimana…
Puzzle Organel Sel, Temukan dan Satukan
Sinopsis Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di awal, program menunjukkan siswa-siswa yang tampak mengalami kesulitan mempelajari Organel Sel yang membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi. Solusinya adalah menunjukkan contoh penggunaan alat bantu sederhana berupa Puzzle Organel Sel. Dalam pembelajaran, siswa menyusun puzzle sehingga terbentuk gambar…
Mengelola Waktu Transisi Antara Dua Kegiatan yang Beruntun
Sinopsis Digambarkan seorang guru memulai kegiatan pembelajaran dengan strategi yang inovatif karena guru tersebut menyadari pentingnya saat-saat awal pembelajaran bagi para siswa. Jika guru kurang tepat dalam mengelola kegiatan awal pembelajaran, maka dapat mengakibatkan tidak termotivasinya siswa dalam belajar. Salah satu cara yang diusulkan melalui tayangan video ini adalah dengan menggunakan isyarat symbol sebagai pesan…
My Idols
Sinopsis Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People. Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang…
Penggunaan Metode Sinau Wisata Dalam Pembelajaran Sejarah
Sinopsis Pada video ini memperlihatkan strategi yang dipilih guru untuk melibatkan secara aktif peserta didik dan ingin memanipulasi metode karya wisata/widya wisata. Penerapan metode karya wisata/widya wisata memerlukan persiapan yang cukup matang dan biaya yang memadai karena dengan mengunjungi obyek wisata yang dikaitkan dengan kompetensi dalam mata pelajaran diperlukan persiapan yang matang. Untuk mengatasi hal…
Nama : Noer Fitri
NIM : 048449461
Prodi : Pendidikan Fisika
Mengajarkan anak-anak tentang materi gelombang transversal memang tidaklah mudah karena materi gelombang ini merupakan materi yang abstrak sehingga umumnya siswa sulit untuk memahaminya.
Salah satu cara yang dapat membantu agar mereka dapat memahaminya adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang digunakan sebaiknya melibatkan siswa berinteraksi langsung, memperoleh informasi dan menyimpulkan informasi menjadi sebuah konsep. Dalam video diatas peran guru sangat penting dalam mengarahkan siswa untuk melakukan sebuah percobaan dengan alat sederhana agar siswa dapat memahami perbedaan arah rambat dan arah getar pada sebuah tali.
Alternatif lain agar siswa dapat memahami materi gelombang ini dengan menampilkan video-video atau animasi 2 dimensi atau 3 dimensi pembelajaran gelombang transversal.
Nama : YUNI NUR LAILI
NIM : 501333198
Program Studi : Magister Pendidikan Dasar
Pada video tersebut dapat dilihat bahwa dengan melakukan percobaan sederhana siswa dapat lebih mudah memahami materi yang sudah disampaikan oleh guru. Dengan adanya percobaan sederhana ini siswa dapat terlibat langsung dalam kegiatan sehingga terkait materi gelombang longitudinal dan tranversal ini dapat dengan mudah dipahami. Sebagai guru kita harus memfasilitasi dan membimbing siswa agar dapat memahami materi yang disampaikan. Karena siswa mempunyai cara belajar yang berbeda-beda sehingga sebagai guru lebih memahami terkait karaktreistik siswa sehingga dapat disesuaikan dengan materi yang disampaikan.