silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Menurut saya anak-anak membuat kebisingan saat belajar karena kombinasi faktor yang berkaitan dengan keterlibatan, kognitif, perkembangan, dan emosional. Mereka mungkin bosan, frustrasi, atau terlalu terstimulasi, atau mereka mungkin mencari perhatian. Kebisingan juga bisa menjadi cara bagi mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan dan mengatasi kesulitan tugas. Guru menenangkan anak-anak yang berisik dengan kombinasi strategi proaktif seperti menetapkan ekspektasi yang jelas dan menciptakan lingkungan yang menarik, serta teknik reaktif seperti menggunakan isyarat visual, sinyal non-verbal untuk segera mendapatkan kembali perhatian. Metode lain termasuk menggunakan penguatan positif, pengaturan tempat duduk yang strategis, dan menciptakan lingkungan fisik yang menenangkan.
Nama : ASA RIZKY AMALIA
NIM : 858568975
UPBJJ : UT MALANG
“ANAK RIBUT DI KELAS SAAT PBM”
Dalam vidio menunjukkan seorang guru yang mengajar dengan memberikan sebuah majalah bergambar pada anak, tugas anak-anak adalah mewarnai gambar tersebut. Guru memberikan instruksi kepada anak bagaimana cara mewarnai rambut dan lain sebagainya. Saya berpendapat bahwa hal ini kurang efektif dilakukan karena mengingat bahwa anak-anak memiliki sejuta imajinasi yang perlu dikembangkan, sehingga beberapa anak merasa bosan dengan pembelajaran yang berlangsung dan akhirnya ribut berlarian di dalam kelas. Selain itu, media yang diberikan juga kurang beragam dan kegiatan yang monoton. Sebaiknya guru dapat memberikan kegiatan lain atau kegiatan yang menantang agar anak-anak dapat mengembangkan berbagai aspek lainnya, bukan hanya motorik halusnya saja. Manfaat kegiatan yang menantang juga dapat mengembangkan pemikiran kritis pada anak.
NAMA : DEWI FITROTUN NAIMAH
NIM : 858569479
PRODI : PGPAUD
UPBJJ : UT MALANG
Video “Anak Ribut di Kelas Saat PBM”
Menunjukkan situasi yang nyata saat beberapa anak berlari dan berteriak ketika guru mendemonstrasikan kegiatan mewarnai. Guru berusaha menenangkan suasana dengan tepuk diam dan pendekatan lembut agar anak dapat kembali focus.
Menurut saya, Tindakan yang dilakukan guru sudah menerapkan cara yang positif dan sesuai prinsip pembelajaran PAUD yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tanpa hukuman. Namun, kegiatan bisa lebih efektif jika anak dilibatkan sejak awal pembelajaran, seperti memilih warna atau benda yang akan digunakan untuk mewarnai bersama. Hal ini dapat menjaga perhatian dan partisipasi anak-anak. Dan mungkin juga perlu adanya transisi kegiatan yang lebih menarik, seperti lagu atau permainan kecil, agar anak-anak tidak bosan.
NAMA : DEWI FITROTUN NAIMAH
NIM : 858569479
PRODI : PGPAUD
UPBJJ : UT MALANG
Izin Menanggapi
Video “Anak Ribut di Kelas Saat PBM”
Menunjukkan situasi yang nyata saat beberapa anak berlari dan berteriak ketika guru mendemonstrasikan kegiatan mewarnai. Guru berusaha menenangkan suasana dengan tepuk diam dan pendekatan lembut agar anak dapat kembali focus.
Menurut saya, Tindakan yang dilakukan guru sudah menerapkan cara yang positif dan sesuai prinsip pembelajaran PAUD yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tanpa hukuman. Namun, kegiatan bisa lebih efektif jika anak dilibatkan sejak awal pembelajaran, seperti memilih warna atau benda yang akan digunakan untuk mewarnai bersama. Hal ini dapat menjaga perhatian dan partisipasi anak-anak. Dan mungkin juga perlu adanya transisi kegiatan yang lebih menarik, seperti lagu atau permainan kecil, agar anak-anak tidak bosan.