Anak Ribut di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

  • Pengulangan “Repetition”

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Perlu dipahami oleh para guru bahwa penanaman disiplin tidak dapat dicapai oleh anak secara cepat. Penanaman disiplin membutuhkan kesabaran, keteladanan dan konsistensi serta mekanisme “reward”. Dengan cara pengulangan, disiplin yang hendak diterapkan guru diantara para siswa TK perlu dilakukan. Dengan teladan dan cara pengulangan, siswa…

  • Senam Tradisional

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan…

  • Tebak Pantomim

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan…

  • Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol…

  • Anak tidak percaya Diri

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi…

  • Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau…

914 Comments

  1. Menurut saya anak-anak membuat kebisingan saat belajar karena kombinasi faktor yang berkaitan dengan keterlibatan, kognitif, perkembangan, dan emosional. Mereka mungkin bosan, frustrasi, atau terlalu terstimulasi, atau mereka mungkin mencari perhatian. Kebisingan juga bisa menjadi cara bagi mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan dan mengatasi kesulitan tugas. Guru menenangkan anak-anak yang berisik dengan kombinasi strategi proaktif seperti menetapkan ekspektasi yang jelas dan menciptakan lingkungan yang menarik, serta teknik reaktif seperti menggunakan isyarat visual, sinyal non-verbal untuk segera mendapatkan kembali perhatian. Metode lain termasuk menggunakan penguatan positif, pengaturan tempat duduk yang strategis, dan menciptakan lingkungan fisik yang menenangkan.

  2. Nama : ASA RIZKY AMALIA
    NIM : 858568975
    UPBJJ : UT MALANG

    “ANAK RIBUT DI KELAS SAAT PBM”

    Dalam vidio menunjukkan seorang guru yang mengajar dengan memberikan sebuah majalah bergambar pada anak, tugas anak-anak adalah mewarnai gambar tersebut. Guru memberikan instruksi kepada anak bagaimana cara mewarnai rambut dan lain sebagainya. Saya berpendapat bahwa hal ini kurang efektif dilakukan karena mengingat bahwa anak-anak memiliki sejuta imajinasi yang perlu dikembangkan, sehingga beberapa anak merasa bosan dengan pembelajaran yang berlangsung dan akhirnya ribut berlarian di dalam kelas. Selain itu, media yang diberikan juga kurang beragam dan kegiatan yang monoton. Sebaiknya guru dapat memberikan kegiatan lain atau kegiatan yang menantang agar anak-anak dapat mengembangkan berbagai aspek lainnya, bukan hanya motorik halusnya saja. Manfaat kegiatan yang menantang juga dapat mengembangkan pemikiran kritis pada anak.

  3. NAMA : DEWI FITROTUN NAIMAH
    NIM : 858569479
    PRODI : PGPAUD
    UPBJJ : UT MALANG

    Video “Anak Ribut di Kelas Saat PBM”
    Menunjukkan situasi yang nyata saat beberapa anak berlari dan berteriak ketika guru mendemonstrasikan kegiatan mewarnai. Guru berusaha menenangkan suasana dengan tepuk diam dan pendekatan lembut agar anak dapat kembali focus.
    Menurut saya, Tindakan yang dilakukan guru sudah menerapkan cara yang positif dan sesuai prinsip pembelajaran PAUD yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tanpa hukuman. Namun, kegiatan bisa lebih efektif jika anak dilibatkan sejak awal pembelajaran, seperti memilih warna atau benda yang akan digunakan untuk mewarnai bersama. Hal ini dapat menjaga perhatian dan partisipasi anak-anak. Dan mungkin juga perlu adanya transisi kegiatan yang lebih menarik, seperti lagu atau permainan kecil, agar anak-anak tidak bosan.

  4. NAMA : DEWI FITROTUN NAIMAH
    NIM : 858569479
    PRODI : PGPAUD
    UPBJJ : UT MALANG

    Izin Menanggapi
    Video “Anak Ribut di Kelas Saat PBM”
    Menunjukkan situasi yang nyata saat beberapa anak berlari dan berteriak ketika guru mendemonstrasikan kegiatan mewarnai. Guru berusaha menenangkan suasana dengan tepuk diam dan pendekatan lembut agar anak dapat kembali focus.
    Menurut saya, Tindakan yang dilakukan guru sudah menerapkan cara yang positif dan sesuai prinsip pembelajaran PAUD yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tanpa hukuman. Namun, kegiatan bisa lebih efektif jika anak dilibatkan sejak awal pembelajaran, seperti memilih warna atau benda yang akan digunakan untuk mewarnai bersama. Hal ini dapat menjaga perhatian dan partisipasi anak-anak. Dan mungkin juga perlu adanya transisi kegiatan yang lebih menarik, seperti lagu atau permainan kecil, agar anak-anak tidak bosan.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://hoteljackson.com/https://igov.exeter.ac.uk/
https://alpolac.edu.kz/learn/pkvgames/https://alpolac.edu.kz/learn/bandarqq/https://alpolac.edu.kz/learn/dominoqq/
https://adsii.or.id/sdm/pkvgames/https://adsii.or.id/sdm/bandarqq/https://adsii.or.id/sdm/dominoqq/
https://everynationeducation.org/mobileadmin/pkvgames/https://everynationeducation.org/mobileadmin/bandarqq/https://everynationeducation.org/mobileadmin/dominoqq/
https://ethnographylab.iiitd.edu.in/img/pkvgames/https://ethnographylab.iiitd.edu.in/img/bandarqq/https://ethnographylab.iiitd.edu.in/img/dominoqq/
https://pinktowerchildcarecentre.com/pkv/https://pinktowerchildcarecentre.com/bandarqq/https://pinktowerchildcarecentre.com/dominoqq/
https://smcc.or.id/stats/pkvgames/https://smcc.or.id/stats/bandarqq/https://smcc.or.id/stats/dominoqq/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/amic/https://cecas.clemson.edu/latourlabs/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://pai.stital.ac.id/
https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
https://islamiccenter.uad.ac.id/