silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

533 Comments

  1. Nama: Ni’matul Arsyidah
    NIM : 858532008
    Dari video tersebut, saya menjadi mengerti bagaimana cara mengatasi anak yang ribut di kelas, yaitu dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusinya adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak terlihat bosan dalam pembelajaran di kelas, maka saya sebagai guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas.

  2. Nama : Ica Irama Pramesti
    NIM : 858877164
    Masukan dan saran saya tentang video tersebut adalah dengan menambahkan lebih banyak visual dan animasi akan membuat video lebih menarik dan mudah dipahami oleh para guru. Animasi bisa menggambarkan teknik-teknik yang diajarkan. Sertakan contoh nyata atau simulasi pendek yang menunjukkan bagaimana guru menggunakan teknik-teknik tersebut dalam situasi nyata. Memberikan penjelasan lebih rinci tentang setiap langkah yang disarankan. Misalnya, teknik tepuk diam bisa diperagakan secara lengkap, termasuk ritme tepukan yang efektif. Sertakan tips tambahan, seperti bagaimana menjaga konsistensi dalam menerapkan teknik tersebut dan bagaimana membangun kebiasaan positif di kelas. Menambahkan sesi latihan singkat di akhir video di mana para guru bisa mempraktikkan teknik yang baru dipelajari. Video dari Portal Guru Pintar telah memberikan solusi yang baik dan praktis untuk menangani keributan di kelas PAUD. Dengan menambahkan elemen-elemen visual yang menarik, penjelasan yang lebih rinci, serta pendekatan yang lebih holistik, video ini bisa menjadi alat yang lebih efektif dalam membantu guru mengelola kelas mereka. Dukungan melalui pelatihan interaktif dan refleksi juga bisa meningkatkan efektivitas implementasi teknik yang diajarkan. Terima kasih

  3. Nama : YANTI
    NIM : 858439391

    Video tersebut sangat membantu guru dalam khasus anak yang ribut saat PBM, karna hal ini sering terjadi pada saat proses kegiatan berlangsung dan pentingnya pengetahuan guru dalam mnyelesaikan khasus seperti ini.
    Dan maaf ada sedikit saran dari saya yaitu jika anak yang ribut cukup banyak , guru dapat juga mengalihkan perhatian anak dengan mengajak anak bernyanyi sambil memperagakannya atau permainan teka – teki agar menjadikan anak dapat berkonsentrasi kembali.
    mungkin itu saran saya , semoga ada dari teman – teman yang dapat memberikan saran yang lebih baik lagi dari saya , terima kasih

Leave a Reply