silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”,  “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”,  dan “tepuk tangan”.

Sri Tatminingsih

Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.

Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.

Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.

Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

679 Comments

  1. Vidio di atas sangat tepat untuk anak usia dini, dalam menaati aturan yang diberikan oleh guru, dalam vidio di atas menunjukkan apresiasi guru terhadap anak anak secara adil serta memberi hadiah atau sekedar memberi pujian kepada anak itu sudah memberi motivasi untuk anak supaya lebih percaya diri lagi.

  2. Melihat upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak melalui pujian verbal dan non-verbal memang sangat efektif. Pujian seperti “hebat” atau tepuk tangan bisa memberikan dorongan positif bagi anak, terutama pada usia dini yang membutuhkan penguatan untuk memahami perilaku yang baik. Namun, jika saya melihat lebih jauh, meskipun pujian tersebut membantu, saya rasa guru perlu mencari cara agar anak lebih terlibat aktif dalam proses belajar disiplin, Memberikan tanggung jawab kecil atau mengajak anak untuk memimpin beberapa aktivitas bisa menjadi langkah yang baik untuk memperkenalkan mereka pada konsep disiplin yang lebih nyata, bukan hanya berdasarkan pujian Pujian tetap penting, namun jika diberikan dengan kombinasi tugas yang meningkatkan rasa tanggung jawab, anak akan lebih memahami apa arti disiplin yang sebenarnya lot akan membantu mereka tidak hanya mematuhi aturan, tetapi juga memahami mengapa aturan itu penting

  3. Assalamualaikum
    nama: irrohmah
    nim: 858545953
    tanggapan saya mengenai video tentang penerapan ketaatan aturan melalui pemberian hadiah “prise” sangat baik karena guru memberikan hadiah baik verbal maupun non verbal salah satunya pujian, penghargaan menggunakan pujian dapat berupa kata-kata, ekspresi wajah, dan gerak tubuh seperti senyuman, tepukan dipundak anak, ucapan hebat, bagus. terlihat juga guru memberikan pujian secara langsung saat anak masuk sekolah tepat waktu, memberikan penghargaan tanpa membedakan, memberikan dorongan bagi anak yang belum melakukan perbuatan baik, seperti kak andi kok tidak ikut merapikan mainan besok pagi ikit merapikan ya,,,

  4. Dari video tersebut pemberian hadiah pada anak sangat tepat, karena pda usia ini anak sangat suka dengan pujian atau hadiah. dengan memberik pujian dan hadiah dapat mendorong anak untuk melakukan hal positif lda melatih mandiri anak. Dalam memberikan pujian janganlah berlebihan, karena saat anak sudah melakukan kegiatan atau aktifitas anak menharapkan pujian dan haus akan pujian.

  5. Video ini memberikan pemahaman yang menarik tentang bagaimana pemberian penghargaan dapat menjadi strategi positif dalam mendidik anak. Yang dilakukan guru pada video tersebut bukan penghargaan dalam bentuk hadiah, tetapi dengan bentuk pujian (ekspresi, ungkapan kata “hebat” dan “bagus”). Sebagai motivasi untuk membangun perilaku yang baik dan disiplin. Sangat penting bahwa pujian diberikan dengan bijak, agar anak-anak memahami nilai dari perilaku tersebut.

  6. Dalam video tersebut menunjukkan cara menanamkan ketaatan dan kedisiplinan pada anak usia dini tanpa pemaksaan. Anak menjadi termotivasi untuk melakukan hal baik karena ada apresiasi yg diberikan oleh guru seketika saat mereka melakukan hal baik. Sangat menginspirasi dalam pengembangan aspek sosial emosional anak usia dini. Terimakasih..
    Citra Zulmy/859673065

  7. Nama : Dian Anggraini
    NIM : 857410939

    Dalam video disampaikan secara jelas tentang pemberian hadiah. Pemberian hadiah dapat berupa verbal maupun non verbal namun tidak berlebihan. Pemberian hadiah ini dapat memotivasi anak untuk dapat lebih baik serta memupuk kepercayaan diri anak serta mengapresiasi usaha yang telah dilakukan anak sekecil apapun.

  8. Nama : Dian Anggraini
    NIM : 857410939

    Pada video dijelaskan pemberian hadiah yang tepat pada anak baik secara verbal maupun non verbal. Pemberian hadiah dapat meningkatkan kepercayaan diri anak atas setiap usaha yang telah dilakukan. Pemberian hadiah dapat berupa kata-kata, jari jempol, tepukan bahu maupun senyuman.

  9. Dari video tersebut pemberian hadiah pada anak sangat setuju, karena pada usia ini anak sangat suka dengan pujian atau apresiasi. dengan memberik pujian dan hadiah dapat mendorong anak untuk melakukan hal positif anak melatih mandiri anak. Dalam memberikan pujian janganlah berlebihan, karena saat anak sudah melakukan kegiatan atau aktifitas anak mengharapkan pujian dan anak akan merasa senang karena apa yang sudah di kerjakan anak di apresiasi oleh guru,anak akan merasa semangat lagi untuk belajar jika di beri hadiah atau di beri apresiasi oleh guru.

Leave a Reply