silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

158 Comments

  1. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Perkenalkan
    Nama saya : SIPAIYAH
    NIM: 859170671
    Jurusan : S1 PGPAUD
    Pokjar : Mataram
    Saya ijin menanggapi videonya 🙏
    Menurut saya video pembejaran yang berjudul “Perlombaan (Competition) merupakan video pembelajaran yang bagus. Dimana tujuan video pembelajaran tersebut untuk menerapkan ketaatan aturan pada anak. Menurut saya penerapan ketaatan aturan kepada anak melalui kegiatan perlombaan sangat bagus sekali karena dimana kegiatan perlombaan tentunya selalu ada aturan yang harus ditaati dan dipatuhi oleh setiap peserta lomba. Penerapan ketaatan aturan kepada anak melalui kegiatan perlombaan tentunya akan membuat anak senang dan semangat serta antusias dalam mengikuti kegiatan karena masa TK merupakan masa bermain anak. Selain itu dengan kegiatan perlombaan anak akan lebih mudah memahami dan mengingat apa yang diajarkan oleh guru karena anak terjun dan berpartisi langsung dalam melakukan kegiatan (masa TK merupakan masa golden age bagi anak sehingga dia akan lebih mudah mengingat dan memahami apa yang pernah dilakukan).
    Untuk merapkan ketaatan kepada anak perlu sering-sering malakukan kegiatan pembelajaran dengan metode perlombaan agar anak menjadi terbiasa dalam menaati aturan dalam perlombaan bahkan anak akan menjadi terbiasa dalam menaati aturan-aturan yang ada baik yang ada disekolah,rumah dan tempat-tempat yang lain.
    Untuk membuat anak semangat dan semakin antusias mengikuti kegiatan perlombaan tentunya guru harus mampu memilih dan membuat kegiatan perlombaan yang menarik. Agar anak bisa memahami dan melakukan kegiatan perlombaan yang akan dilakukan serta memahami aturan aturan perlombaan dengan baik maka seperti yang ada dalam video terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan perlombaan terlebih dahulu guru harus menjelaskan menjelaskan perlombaan yang akan dilakukan agar anak tahu apa yang harus dilakukan, menjelaskan aturan perlombaan, menyusun bersama aturan perlombaan, menanyakan aturan yang belum pas, dan membuat kesepakatan kesepakatan aturan agar a guru dan anak sama-sama menaati aturan yang ada dan tidak saling langgar, kemudian gurue contohkan kegiatan yang akan dilakukan agar anak bisa melakukannya dan guru juga harus mengumumkan hadiah yang akan didapat anak jika anak menang dalam perlombaan agar anak lebih semangat dan antusias dalam mengikuti perlombaan dan termotivasi untuk menang. Namun dalam video tersebut ada anak yang masih belum bisa mendengarkan penjelasan guru dan menaati aturan perlombaan yang telah dibuat dan disepakati bersama. Hal tersebut mungkin terjadi karena anak belum terbiasa. Untuk itu perlu melaksanakan kegiatan perlombaan sesering mungkin agar anak terbiasa
    Dan peran guru juga agar terus membantu anak agar anak terbiasa
    Terimakasih 🙏

  2. Nama : Marniati
    Nim : 859390359
    Assalamualaikum, izin menanggapi seri pembelajaran PAUD pada Perlombaan “Competition”
    Setelah saya analisis,dalam Vidio tersebut anak diperkenalkan untuk mentaati peraturan saat bermain.Stimulasi yang digunakan guru sangat baik dalam menanamkan peraturan mengenai kedisiplinan dan ketaatan terhadap peserta didiknya.dan menurut saya dari apa yang telah diterapkan oleh pendidik sudah tepat dan patut dicontoh untuk kita para guru utamanya pendidik PAUD.

    Selanjutnya Guru menggunakan strategi perlombaan.dalam vidio tersebut Terlebih dahulu guru mendemontrasikan cara bermain yang benar serta menanamkan pengetahuan mengapa kita tidak boleh melakukan hal seperti itu.hal ini sangat baik untuk menstimulasi para peserta didik kita.
    video tersebut dapat memberikan gambaran serta patut diambil contoh untuk diterapkan pada lembaga tempat kita mengajar.
    Terimakasih 🙏

  3. Nama : Marniati
    Nim : 859390359
    Assalamualaikum, izin menanggapi seri pembelajaran PAUD pada Perlombaan “Competition”
    Setelah saya analisis,dalam Vidio tersebut anak diperkenalkan untuk mentaati peraturan saat bermain.Stimulasi yang digunakan guru sangat baik dalam menanamkan peraturan mengenai kedisiplinan dan ketaatan terhadap peserta didiknya.dan menurut saya dari apa yang telah diterapkan oleh pendidik sudah tepat dan patut dicontoh untuk kita para guru utamanya pendidik PAUD.

    Selanjutnya Guru menggunakan strategi perlombaan.dalam vidio tersebut Terlebih dahulu guru mendemontrasikan cara bermain yang benar serta menanamkan pengetahuan mengapa kita tidak boleh melakukan hal seperti itu.hal ini sangat baik untuk menstimulasi para peserta didik kita.
    video tersebut dapat memberikan gambaran serta patut diambil contoh untuk diterapkan pada lembaga tempat kita mengajar.
    Terimakasih 🙏

  4. Bismillahirohmanirohim..
    Nama : Nur Inayah Arlika Sari
    Nim : 859404339
    Pojkar : Gowa
    Matkul : Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nai Agama

    Dalam video diatas, terlihat guru memberikan kegiatan pada anak didiknya berupa kegiatan berlomba atau bermain dibak pasir. Terlihat sebelum melakukan kegiatan guru terlebih dahulu memberikan peraturan pada anak didik dan menjelaskan akibat jika tidak menaati aturan yang diberikan. Terlihat pula sebelum melakukan kegiatan guru menjelaskan cara bermainnya. Dalam konteks ini, guru juga dapat memberikan rewards kepada anak yang menaati aturan yng diberikan dan memberikan konsekuensi untuk anak ya g melanggar aturan. Strategi yang digunakan guru tersebut sudah dapat memberikan pemahaman pada anak untuk menaati aturan yang berlaku dalam setiap kegiatan.

    Sekian pe dapat dari saya terimakasih

  5. Nama : WIDIANINGSIH
    NIM : 857249897

    Menurut pendapat saya apa yang telah dilaksanakan oleh guru PAUD dalam video tersebut sudah tepat dalam menerapkan peraturan permainan pada anak usia dini untuk menumbuhkan kedisiplinan dan mentaati peraturan.
    Sebagai seorang guru TK, saya sering memberikan aturan permainan kepada anak usia dini untuk membantu mereka belajar tentang disiplin dan mengembangkan keterampilan sosial. Salah satu pengalaman saya adalah ketika saya mengajarkan anak-anak untuk bermain permainan kolaboratif dimana mereka harus bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
    Sebelum memulai permainan saya selalu menjelaskan aturan permainan dengan cara yang sederhana dan jelas agar anak-anak dapat memahaminya dengan baik. Saya juga memberikan contoh-contoh tentang bagaimana aturan tersebut diterapkan dalam permainan.
    Selama permainan berlangsung, saya aktif memantau tingkah laku anak-anak dan memberikan pujian atau umpan balik positif ketika mereka mengikuti aturan dengan baik. Saya juga menggunakan momen-momen ini untuk mengajarkan nilai-nilai seperti kerjasama, kesabaran, dan menghargai pendapat orang lain.
    Dengan memberikan aturan permainan secara konsisten dan memberikan penguatan positif, saya melihat bahwa anak-anak menjadi lebih disiplin dan terampil dalam berinteraksi dengan teman-teman mereka. Pengalaman ini mengajarkan saya pentingnya aturan dalam membentuk perilaku anak-anak dan bagaimana memberikan aturan tersebut dengan cara yang mendukung perkembangan mereka secara positif.

  6. nama: Eko Yuli Ayu Wahni
    nim: 858754899
    Judul : Perlombaan “Competition”

    assalamu’alaikum izinkan saya menanggapi video tersebut, Menurut pendapat saya strategi guru untuk menanamkan ketaatan pada peraturan untuk paud pada video tersebut sudah sangat baik. Pada permainan tebak pantomim guru dengan baik menjelaskan peraturan bermain pada anak, membuat kesepakatan dengan anak, mencontohkan cara bermain pada anak, serta guru juga menjelaskan apa reward yang didapat anak ketika dapat memenangkan permainan, serta konsekuensi yang didapat anak ketika melanggar aturan permainan.

  7. Nama Sumarsih
    Nim 858532101
    Prodi PG PAUD
    Sebagai seorang pendidik saya sering mengalami/menemukan anak yg kurang disiplin dalam mentaati peraturan yang telah di tetapkan, terutama di saat diadakan perlombaan/kompetisi…. Dan untuk mengatasi hal tersebut saya menjelaskan peraturan yang harus anak” taati, anak harus belajar antri menunggu giliran untuk bermain, berikan sangsi bagi anak yg melanggar peraturan untuk memberikan contoh disiplin pada anak yang lain, berikan contoh nyata untuk memudahkan anak menerapkan semua peraturan yang telah kita buat, terimakasih

  8. Nama : Asi Purwati
    Nim :859404679
    Setelah melihat video “Perlombaan (kompetisi)”. Menurut saya, strategi strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan menggunakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan terbiasa mematuhi aturan di kelas sangat bagus. Penerapan ketaatan aturan kepada anak melalui perlombaan tentunya akan membuat anak senang dan semangat serta antusias dalam mengikuti kegiatan karena masa ketika merupakan masa bermain anak. Perlombaan atau kompetisi dapat menjadi cara yang efektif untuk menanamkan ketaatan terhadap peraturan di PAUD asalkan dilakukan dengan bijaksana dan memperhatikan prinsip-prinsip pengajaran yang positif.
    Terima kasih

Leave a Reply