silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.
Toto Fathoni
Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum atau tidak menggunakan Flip Chart.
3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.
4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.
5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.
6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.
Drs. Sumarno, M.Pd.
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.
Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.
Herawati, M.Pd.
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
a. Pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan dan capaian pembelajaran
b. Pada saat memulai pembelajaran guru terlihat kebingungan
c. Guru meminta anak untuk mengeluarkan buku IPA tetapi sampai akhir buku IPA tidak dipergunakan
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
a. Guru menjelaskan sebab dan akibat peristiwa alam
b. Siswa-siswi terlihat mendengarkan dengan sangat baik
c. Siswa aktif dalam pembelajaran
Nama : Zilfi Salsabila Anggara
NIM : 857363198
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Bogor
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
a. Pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan dan capaian pembelajaran
b. Pada saat memulai pembelajaran guru terlihat kebingungan
c. Guru meminta anak untuk mengeluarkan buku IPA tetapi sampai akhir buku IPA tidak dipergunakan
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
a. Guru menjelaskan sebab dan akibat peristiwa alam
b. Siswa-siswi terlihat mendengarkan dengan sangat baik
c. Siswa aktif dalam pembelajaran
Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
Hal unik yang saya temukan di dalam video tersebut guru menjelaskan gambar peristiwa alam menggunakan flip chart
Rencana Pembelajaran yang Akan Dilakukan
Setelah melihat video tersebut, dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada saat membuka serta menutup pembelajaran, serta penggunaan media yang lebih bervariasi tidak hanya menggunakan satu media saja
Nama : Diah Anggraeni
NIM : 877838537
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandung
Menurut pendapat saya penggunaan flip chart untuk mendukung proses pembelajaran adalah hal yang baik dan positif. Selain membantu guru untuk memudahkan guru saat menjelaskan materi, flip chart juga sangat membantu siswa untuk memahami sebuah konsep menjadi lebih rill. Di masa sekarang ini, guru-guru dapat mengeksplorasi lebih banyak lagi media yang bisa membantu proses pembelajaran agar pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa lebih mudah dalam menyerap pembelajaran yang disajikan.
Terima kasih.
Nama : Agus Yusuf Ali
NIM : 825474017
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya Ibu guru ini sangat tepat dalam memilih media ajar Flip Chart untuk mendukung proses belajar mengajar d kelas.
Memper mudah guru menyampaikan materi & siswa lebih mudah memahami materi yg d sampaikan
Nama : RATI
Nim : 856576501
Izin Menyampaikan menurut pendapat saya media pembelajaran menggunakan Flip chart ini suatu media yang menarik untuk anak agar mereka tertarik dengan apa yang di sampaikan oleh guru nya. Guru juga secara aktif memberi umpan balek agar anak ikut berpartisipasi selama proses pembelajaran.
Namun adapun kelemahan dari pembelajaran ini guru tidak menyampaikan terlebih dahulu apa tujuan dan manfaat dari pembelajaran ini, dan guru juga menyuruh anak membuka buku IPA nya masing-masing namun buku tidak digunakan sampai pembelajaran selesai.
1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Pada video yang sudah ditonton di GPO, kelemahan pada video tersebut adalah pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran guru tersebut sebaiknya guru memberikan apersepsi kepada siswa seperti mengecek kehadiran siswa, menanyakan kabar, dan berdoa. Kemudian guru juga tidak memberikan motivasi kepada anak-anak dan tidak mengaitkan
materi sebelumnya dengan dengan materi yang akan dipelajari serta tidak memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Guru tidak melakukan evaluasi, seperti memberikan latihan soal, atauu
melakukan experimen perkelompok/individu, agar mengetahui sejauh mana siswa tersebut memahami materi yang di sampaikan. Pada kegiatan akhir, guru tidak memberikan kesimpulan dan refleksi tentang materi yang diajarkan dan
tidak memberikan motivasi kepada siswa, serta berdoa dan salam.
2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Kelebihannya yaitu materi yang disampaikan dan
metode yang digunakan oleh guru tersebut seperti tanya jawab dan
mendemostrasikan media yang nyata dengan benda-benda yang ada
dikelas.
3.. Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video Hal unik yang penulis temui yaitu adalah guru memberikan respon yang baik ketika siswa menjawab pertanyaan pada saat melakukan tanya
jawab serta suara yang nyaring dan jelas sehingga dapat memberikan memudahan siswa dalam memahami materi.