silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

771 Comments

  1. NAMA: MERI FORTI MUNTE
    NIM:856053854
    UPNJJ: MEDAN
    Media pembelajaran pada dasarnya esensial dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini beralasan bahwa media pembelajaran dapat mendukung materi pembelajaran yang diajarkan. Terlebih bagi mata pelajaran IPA media sangat dibutuhkan, pada dasarnya media pembelajaran sangat banyak ragamnya dan hal ini guru dapat menyesuaikan media pembelajaran yang digunakan dengan materi yang diajarkan. Dalam video tersebut dapat dilihat bagaimana perbedaan reaksi peserta didik disaat guru menggunakan media dengan tidak menggunakan media. Terlihat antusias siswa lebih besar ketika guru menggunakan media. Hal ini karena siswa lebih mnyukai bentuk visual dari sekedar penjelasan. Dengan memanfaatkan alam sekitar sebagai sumber media dapat menghemat biaya. Namun ada sebagian guru yang tidak menyadari bahwa alam sekitarpun dapat dijadikan sebagai sumber media pembelajaran. Pemaparan dalam video tersebut memberikan pemahaman kepada saya sebagai seorang guru bagaimana pentingnya media dalam pembelajaran agar tidak ada miskonsep serta bagaimana memanfaatkan alam sekitar sebagai sumber media belajar.

Leave a Reply