silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun siswa kesulitan memasangkan kartu / nama kota atau nama sungai yang sudah disiapka dengan simbol yang sesuai yang terdapat dalam peta buta, dan kesulitan menyebutkan daerah apa yang ada dalam peta buta. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Guru menyediakan beberapa set peta yang cukup besar dan model alat trasportasi,
  2. Siswa diminta melakukan simulasi perjalanan dengan menggunakan alat transportasi tertentu, berangkat dari satu kota yang satu ke kota yang lain dengan melewati beberapa kota yang diskenariokan guru dalam kartu ”rute perjalanan” dan siswa diminta menceritakan nama kota yang pernah dilalui dalam perjalanan yang dilakukannya. Sesungguhnya, keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah bagaimana membaca peta, bukan menebak peta. 

Eded Tarmedi

  1. Seharusnya ketika membuka pembelajaran guru dapat merangsang anak dengan materi-materi lingkungan sekitar.
  2. Pembelajaran peta buta dapat dilakukan dengan strategi berkelompok/media yang digunakan harusnya lebih memudahkan anak dalam mengerjakan.
  3. Ya, untuk materi disesuaikan dengan lingkungan sekitar.
  4. Sesuai Kesesuaian dengan kurikulum

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

49 Comments

  1. Nama:Sri sumarni
    Nim:855739866
    Prodi:PGSD S1
    UPBJJ: Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo
    Matkul :PKM-Semseter 6A

    Izin menanggapi vidio diatas.
    Dari vidio tersebut terlihat anak anak tidak memahami tentang apa yang disanpaikan oleh guru tersebut. Dimana guru tidak menjelaskan secara jelas, dan tidak memberikan contoh terlebih dahulu, terlebih siswa tersebut sangat asing dengan peta yang diberikan guru.

    Kelemahan yang dilakukan oleh guru tersebut, guru belum melakukan kegiatan awal saat belajar, guru tersebut tidak melakukan penjelasan dengan baik, malah langsung memberi tugas untuk menulisnya langsung.

    Namun di vidio selanjutnya guru melakukan sebuah gambaran kepada siswa yang membuat siswa menjadi lebih aktif dalam ruang kelas.

    Usaha yang perlu dilakukan guru tersebut adalah menjelaskan dengan jelas dan lengkap materi yang diberikan, memberikan contoh yang mudah dimengerti oleh siswa.

  2. Nama : Marisa Riantina
    NIM: 857004919
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ : Marisa Riantina

    Menurut saya reaksi siswa dalam video pembelajaran tersebut sedikit kurang antusias dan semangat. kelebihan guru tersebut adanya timbal balik seperti tanya jawab, pembukaan inti dan penutup. kelemahan guru tersebut yaitu tidak berdoa sebelum belajar serta motivasi untuk siswa suapaya semangat belajar. Upaya yang perlu dilakukan terhadap video pembelajaran tersebut yaitu ditambahkan dengan adanya doa sebelum belajar serta memberikan motivasi untuk siswa supaya siswa semangat belajar.

  3. Nama:Pani Wijaya
    Nim:859407302
    Prodi:PGSD S1
    UPBJJ: UT Makassar
    Pokjar : Luwu Timur
    Matkul :PKM-Semseter 6

    Bismillah

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa pada pada saat pelajaran tersebut sangat bersemangat dan senang, karena peta yang mereka gunakan dalam memahami sebuah peta.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu, kurangnya alat perga yang disiapkan selain peta, untuk menunjang kegiatan belajar mereka.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut adalah, guru sangat aktif ketika pembelajaran tidak diam saja ketika para siswa melakukan kegiatan perjalanan peta, dan memberikan apresiasi kepada siswa.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Hal yang unik dalam pembelajaran tersebut adalah, guru menggunakan peta dan mobil mainan yang membuat ketertarikan siswa bertambah untuk memahami peta suatu daerah.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Upaya yang dapa dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar dari video tersebut adalah, guru dapat menambah alat perga, seperti Vidio tentang peta satu daerah dan mengenalkan kondisi daerah didalam peta tersebut.

  4. Nama : Hendi Alfrius Waruwu
    Nim : 855855519
    Pokjar : Idanogawo
    Setelah saya menonton video ini ada beberapa kelemahan yaitu. (1) Guru tidak melakukan pendahuluan seperti menyapa,berdoa,dan bernyayi sehingga kelas terasa kaku sehingga siswa tidak fokus dan Semangat. (2).Guru langsung meberikan tugas kepada muridnya tanpa memberikan materi terlebih dahulu. (3) Cara menegur guru terhadap siswanya yang menggunakan bahasa yang salah sehingga siswa merasa minder.

  5. Assalamualaikum.wr.wb
    Nama : ANTON NUR HIDAYAT
    NIM: 857565232
    Pokjar : KEDUNGREJA
    UPBJJ : PURWOKERTO
    SEMESTER : 8
    izin menanggapi dari vidio yang sudah di tayangkan diatas, setelah saya melihat vidio tersebut, pembelajaran tidak diawali dengan kegiatan seperti salam, berdoa dan absen yang sebaiknya dilakukan sebelum pembelajaran dimulai,kemudian guru tidak merangsang siswa untuk berfikir terlebih dahulu mengenai materi apa yang akan dibahas, serta media yang digunakan kurang interaktif dan kurang besar melihat jumlah siswa yang cukup banyak, namun di kegiatan selanjutnya sudah cukup baik dengan memberikan kegiatan berkelompok, dan diskusi dengan pemberian tugas,kepada setiap kelompok.

  6. Nama : Khairunnisa
    NIM : 856818126
    Pokjar : Argamakmur
    Menurut saya reaksi siswa dalam video pembelajaran tersebut sedikit kurang antusias dan semangat. kelebihan guru tersebut adanya timbal balik seperti tanya jawab, pembukaan inti dan penutup. kelemahan guru tersebut yaitu tidak berdoa sebelum belajar serta motivasi untuk siswa suapaya semangat belajar. Upaya yang perlu dilakukan terhadap video pembelajaran tersebut yaitu ditambahkan dengan adanya doa sebelum belajar serta memberikan motivasi untuk siswa supaya siswa semangat belajar.

  7. Assalamualaikum.wr.wb🙏
    Nama : Pipin Anistria
    NIM : 856982592
    Pokjar : Bumi Ratu Nuban
    Semester : 8
    Matkul : PKP
    UPBJJ-UT : Bandar Lampung
    Sebelumnya saya izin menanggapi video tersebut, melihat tayangan video tersebut, bahwa bapak guru tersebut langsung memulai pembelajaran tanpa mengkondisikan siswa dahulu,kemudian seharusnya diawali dengan berdoa terlebih dahulu, kemudian memberi salam dan memberi simulasi pada anak-anak di kelas, setelah itu memberikan materi pembelajaran yang akan berlangsung, akan tetapi beliau langsung memberikan materi pembelajaran yang berlangsung. Padahal di dalam pembelajaran di kelas, seorang guru perlu mengkondisikan siswa dikelas kemudian saat memulai pembelajaran terlebih dahulu berdoa kemudian mengucapkan salam dan memberikan simulasi kepada anak dengan cara bernyanyi dan lainnya sebelum memulai pembelajaran. Agar siswa tetap semangat dan gembira dalam belajar. Baru kemudian masuk ke kegiatan inti. Di dalam video tersebut di dalam menyampaikan materi mungkin perlu diberikan contoh atau penjelasan agar siswa dapat memahami apa yang diberikan kepada guru tersebut. Seorang guru perlu memberikan penjelasan materi yang akan diajarkannya. Di dalam pembelajaran seorang guru memberikan bahan ajar sangat bagus juga untuk respon para siswa. Dengan adanya media bahan ajar akan mampu merespon pikiran siswa. Kemudian untuk kegiatan pembelajaran terakhir pada video tersebut, beliau mengadakan pembagian kelompok dan masing-masing kelompok mendapatkan sebuah peta buta yang akan dipraktekkan siswa dan guru tersebut memberikan instruksi atau penjelasan pada peta tersebut. Nah kemudian di akhir pembelajaran tersebut dengan adanya media bahan ajar yang diberikan oleh guru tersebut membuat siswa berantusias menginisiatifkan materi yang akan dipelajarinya, dan pada akhirnya siswa pun mampu mengerjakan tugas yang diberikan bapak guru tersebut dengan baik, kemudian siswa sangat berbangga hati bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas yang diberikan bapak guru tersebut. Untuk yang terakhir seorang guru seharusnya memberikan evaluasi kembali apa yang sudah pelajari pada materi tersebut untuk mengevaluasi tanggapan belajar kepada siswa. Setelah evaluasi diberikan maka saatnya untuk berdoa.
    Demikian pendapat saya terima kasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh🙏🙏

  8. Nama : Rizka Maulida Tanjung
    Nim. : 856054831
    Upbjj. : UT Medan
    Pokjar. : Labuhan batu Utara
    Prodi. : PGSD semester 6

    Setelah menonton video tentang ” belajar peta buta” tanggapan saya terhadap video tersebut yaitu saya melihat reaksi anak-anak terlihat bingung dan tidak terlalu mengerti tentang pembelajaran yang disampaikan oleh bapak gurunya.karena bapak guru tidak menjelaskan secara jelas dan rinci sesuai dengan pemahaman yang mereka mengerti.bapak guru juga tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti berdo’a dan menanyakan kabar muridnya.
    Namun setelah itu guru bisa menjadikan pembelajaran kembali aktif karena guru mengelompokkan siswa dan mengajak siswa berdiskusi dengan teman sekelompok nya. Adapun upaya yang harus dilakukan guru kedepannya yaitu lebih baik memulai pembelajaran dengan berdo’a dan sebaiknya guru dapat menjelaskan dengan jelas dan rinci terhadap apa yang di ajarkan serta guru dapat menambahkan alat peraga dalam pembelajaran seperti video,dan alat peraga lainnya.

  9. berdasarkan video di atas, menurut saya yang menjadi kekurangan guru adalah guru tidak menerapkan kegiatan awal. Dalam memulai pembelajaran diperlukan adanya kegiatan pembuka dalam pembelajaran dapat membangun suasana yang nyaman dan kolaboratif di kelas. Kegiatan pembukaan dilakukan guru dengan menyambut siswa, bertanya kabar, kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran diharapkan siswa dapat mengetahui atau mampu siswa mampu melakukan pembelajaran, dan memberikan gambaran tentang apa yang akan dipelajari. Selain itu, guru perlu melakukan apersepsi. Menggunakan pertanyaan atau diskusi untuk mengaktifkan pengetahuan awal siswa tentang topik yang akan dipelajari, membantu guru mengetahui sejauh mana pemahaman awal siswa tentang materi tersebut, menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman, inklusif, dan produktif. Mereview materi sebelumnya bertujuan mengevaluasi pengetahuan sebelumnya siswa tentang topik yang akan dipelajari, memperjelas konsep yang telah dipelajari sebelumnya, dan membantu siswa membuat koneksi antara materi baru dan yang sudah dikenal. Kegiatan-kegiatan ini membantu mempersiapkan siswa untuk belajar dengan efektif dan menciptakan suasana yang kondusif untuk pembelajaran yang mendalam.
    Adapun kelebihan yang dimiliki guru adalah memiliki keterampilan komunikasi yang efektif dimana kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif kepada siswa, guru berusaha untuk memahami kebutuhan individu siswa dan menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar dan minat mereka. dengan menggunakan alat peraga berupa mobil dan peta mampu menaikkan minat belajar siswa dalam menciptakan kondisi belajar yang efektif.

Leave a Reply