silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
NAMA :
NIM
PRODI
POKJAR
NAMA : VINA NURRACHMAWATI
NIM : 877967612
PRODI : PGSD
POKJAR : JOYOBOYO KEDIRI KOTA
Assalamualaikum Wr Wb…
-Berdasarkan video yang telah saya amati bahwa penerapan media pembelajaran dengan gambar sudah benar tetapi dalam gambar tersebut kurang menarik sehingga siswa tidak tertarik dan tidak ada rasa antusias dalam proses pembelajaran.
-Kemudian tulisan pada media gambar tersebut tulisannya sangat kecil .
-Dalam video guru menjelaskan materinya kurang mendalam dan terlalu monoton sehingga siswa merasa bosan.
-Dan guru tidak memberikan apresiasi kepada siswanya.
NAMA : ANGGI NUR AFIYAH
PRODI : Magister Pendidikan Dasar
NIM : 501282916
Video “Kenampakan Alam” menunjukkan tantangan guru dalam mengajarkan konsep yang asing bagi siswa. Perkembangan anak yang terlihat dari video tersebut adalah:
1) Kognitif: Siswa kesulitan memahami kenampakan alam dari negara jauh. Ini menunjukkan perlunya pengajaran yang relevan dan konkret. Kemudian, guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, peserta didik lebih mudah dalam mengidentifikasi kenamapakan alam dan buatan yang ditemuinya.
2) Bahasa: Interaksi dan diskusi antar siswa untuk berbagi pengalaman akan meningkatkan kemampuan berbahasa mereka.
3) Sosial-Emosional: Perkembangan sosial dan emosional anak dapat terdukung melalui interaksi saat mendengarkan cerita. Kegiatan ini mendorong anak untuk berbagi pendapat dan merespons cerita, meningkatkan keterampilan komunikasi dan empati.
Berikut masukan/saran untuk video “Pembelajaran Model Kompetitif” agar lebih efektif:
1) Guru dapat menyertakan contoh kenampakan alam dari lingkungan sekitar siswa untuk membuat pembelajaran lebih relevan.
2) Guru dapat menggunakan media visual yang menarik untuk membantu pemahaman konsep.
3) Guru sebaiknya melakukan asesmen awal untuk mengetahui kebutuhan dan minat siswa.
4) Guru mengajak peserta didik untuk Field trip ke lingkungan sekitar untuk meningkatkan keterlibatan fisik dan memberikan pengalaman langsung.
Nama: VINA DESINTIYA SAFITRI
Prodi: PGSD
Nim: 856827204
Kekurangan: Guru tidak mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa.malah mengajarkan yang asing bagi siswa untuk diamati.
Kelebihan: guru menampilkan gambar tentang penampakan alam yang akan dibahas.
Nama : Vina desintiya safitri
Prodi : PGSD
Nim : 856827204
Kekurangan: tidak memberikan pengulangan pemblajaran diawal,tidak mengecek kehadiran,tidak memberi salam, Guru seharusnya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,namun dalam proses mengajar siswa didalam video tersebut guru menggunakan penampakan alam yang belum di mengerti siswa ,sebaiknya guru dapat memberikan penjelasan penampakan alam yang mudah di imajinasikan oleh siswa sehingga siswaBisa dapat mengikuti kegiatan tersebut.
Kelebihan :guru menggunakan media untuk belajat seperti poster.
Nama : Elsa Aprilia
Nim : 859869439
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : Medan
1. Secara keseluruhan Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Kelemahannya yaitu pembelajaran kesannya terlalu terburu-buru, mengapa demikian karena saya tidak melihat adanya kegiatan membuka pembelajaran, seperti mengucap salam, menanyakan kabar, berdo’a , absen, mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dan kegiatan pembuka lainnya, Kelemahan berikutnya yaitu mengenai media dalam pembelajaran, di dalam video tersebut bapak guru fokus menjelaskan tanpa menggunakan media pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan seharusnya bapak guru bisa menggunakan alat bantu infocus untuk menampilkan sebuah video kenampakan alam jadi peserta didik dapat melihat langsung tidak membayangkan suatu tempat seperti yang bapak guru minta. Seharusnya dalam memberikan contoh berikanlah contoh yang mudah dipahami yaitu lingkungan sekitar mereka tinggal, dan seharusnya dalam pembelajaran dibuat kelompok belajar agar siswa terampil diskusi bersama temannya dan melatih percaya dirinya.
2. Secara keseluruhan Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Dari video yang telah saya tonton dari Link tersebut, secara keseluruhan kelebihan bapak guru adalah, Dia memiliki semangat yang tinggi untuk berbagi ilmu kepada peserta didiknya, intonasi suara yang bagus, dan penguasaan kelas yang bagus.
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
1. Kelemahan dari video tersebut adalah guru tidak mengajarkan gejala kenampakan alam dari lingkungan yang terdekat dengan lingkungan siswa. Akibatnya siswa mengalami kesulitan mengajarkan konsep kenampakan alam.
2. Kelebihan dari video tersebut adalah siswa mampu menceritakan hal tentang daerah yang pernah mereka kunjungi dan bercerita tentang apa yang dilihatnya.
3. Hal unik dari video tersebut adalah siswa berlomba-lomba memberikan respon balik tentang pertanyaan guru terkait materi yang diajarkan.
4. Upaya yang dapat dilakukan adalah guru mengajak siswa untuk menceritakan pengalaman mereka yang pernah melakukan kunjungan daerah tertentu bisa secara individu atau kelompok. Dalam hal ini guru hendaknya menerapkan model pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian siswa memahami materi.