silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….

Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi  dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode  bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

172 Comments

  1. Nama: Ijah Fitriana
    NIM: 859763797
    UPBJJ: Kendari
    Video: Menciptakan Suasana Kelas Kondusif

    Setelah menyimak video ini, saya menemukan beberapa kelamahan. Beberapa di antaranya adalah:
    1. Video lebih fokus menunjukkan proses pembelajaran sejarah proklamasi tetapi tidak jelas menunjukan bagaimana menciptakan suasana kelas yang kondusif.
    2. Siswa tampak tidak menyadari kondusifitas karena mereka terbawa dalam suasana pembelajaran yang seperti biasanya. Mungkin karena guru tidak menunjukkan kesan upaya strategi menciptakan kondusifitas kelas yang sedang berlangsung.
    3. Jika dilihat dari suasana pembelajaran yang ditampilkan dalam video, siswa sama sekali tampak tidak memahami apa yang dmaksud dengan suasana kelas yang kondusif. Guru semestinya memberikan tanda atau ruang di mana guru dan siswa sama-sama menyadari bahwa mereka sedang menciptkan suasana kelas yang kondusif.

Leave a Reply