silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak jelas penyampaiannya. Guru memberikan petunjuk-petunjuk agar siswa dapat bertelepon dan menerima telpon dengan benar. Pada hakikat nya bertelepon adalah berkomunikasi dengan orang lain yang berjarak jauh . Kecermatan menerima pesan sangat di perlukan.

Apakah anda pernah melakukan pembelajaran dengan tema “bertelepon” ? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda! 

Dra. Zulfahnur Z.F., M.Pd.

Similar Posts

42 Comments

  1. Nama : Umidayani
    Nim. : 855865369

    Guru harus memberikan contoh yang baik dan mudah dipahami siswa agar siswa tidak melakukan kesalahan lagi

    Guru memberikan saran kepada murid agar mencacat pesan apabila ada penelpon, supaya pesan yang disampaikan tersampaikan

    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dan melakukan pembelajaran
    Guru dapat memberikan kepada murid waktu mengemukakan pendapat

  2. Nama : Slamet Riyadi
    NIM : 857007108
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Kotaagung
    Prodi : PGSD Semester 6

    Setelah saya menonton vidio pembelajaran tentang “Bagaimana cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelpon” dari laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya terhadap vidio tersebut adalah:
    – Proses pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik, guru menerangkan dan memberikan contoh yang jelas tentang bagaimana cara menyampaikan pesan yang baik. Terlihat para siswa juga memahami apa yang disampaikan oleh guru dengan baik dan langsung bisa memberikan contoh penerapannya didepan kelas. Guru juga terlihat memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa sehingga memancing antusias dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih hidup.
    – Namun, terkait dari proses pembelajaran inti tersebut guru belum melakukan pendahuluan, seperti melakukan salam pembuka, berdoa, mengabsen, ice breaking, pemberian apersepsi dan sebagaimana. selain itu guru juga tidak melakukan penutup dalam pembelajaran seperti berdoa dan melakukan evaluasi.

Leave a Reply