Similar Posts
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Nama : Musyarofah
Nim : 858989995
Dari pengamatan saya terhadap video https://gurupintar.ut.ac.id/membaca-untuk-mendapatkan-informasi, yaitu :
Siswa sangat antusias dalam belajar tetapi masih ada beberapa siswa yang kurang fokus dalam belajar.
Dalam pembelajaran tersebut ada kelemahan dan kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu:
a) Beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran tersebut adalah:
b) Guru belum mengucapkan salam pembuka.
c) Guru belum memeriksa kehadiran siswa, sehingga tidak terlihat berapa siswa yang hadir dan tidak hadir.
d) Guru belum memberikan motivasi semangat belajar siswa
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
a) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b) Guru menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran
c) Guru melakukan inovasi pembelajaran dengan bermain sambil belajar sehingga siswa tidak bosan saat belajar.
Yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran setelah melihat tayangan vidio tersebut adalah
a) Guru harus melakukan apersepsi pada kegiatan awal pembelajaran yaitu, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional dan memeriksa absen siswa.
b) Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.
c) Guru bertanya apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan
d) Guru harus melakukan evaluasi pembelajaran
e) Guru menutup pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa
f) Guru membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif
Nurjannah
857002391
UPBJJ Bandar Lampung
Dalam video pembelajaran ‘Membaca Untuk Mendapatkan Informasi’ menunjukkan beberapa masalah yaitu guru tidak memberikan insentif, tugas rumah atau evaluasi kepada siswa, dan siswa lebih fokus pada alat peraga dari pada materi bacaan.
ini disebabkan oleh kurangnya perhatian guru pada evaluasi dan motivasi. selain itu guru tidak merencanakan tugas dan evaluasi sejak awal.
ketiadaan evaluasi hasil belajar adalah masalah yang dipilih, karena evaluasi sangat penting untuk mengukur bagaimana siswa memahami materi dan memperbaiki proses pembelajaran.
solusinya adalah memasukkan evaluasi di akhir kelas, memberikan tugas rumah dan menekankan betapa pentingnya memahami isi bacaan.
fokus masalah adalah bagaimana evaluasi sistematis dapat meningkatkan hasil pembelajaran membaca?
tujuan perbaikan adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa, meningkatkan metrik pencapaian belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran membaca.
kelebihan dari video :
1. guru menggunakan alat peraga (bakiak) untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.
2. memberikan suasana baru yang menyegarkan bagi siswa, sehingga mengurangi kejenuhan belajar di dalam kelas.
3. siswa aktif bertanya, membaca, mengikuti perintah guru.
4. menghidupkan kembali permainan tradisional sebagai begian dari media pembelajaran.
kelemahan video:
1. guru tidak melakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran.
2. tidak ada tugas lenjutan membuat siswa kehilangan kesempatan memperdalam materi di rumah.
3. siswa lebih tertarik dengan alat peraga dari pada memahami isi bacaan yang sebenarnya menjadi tujuan utama.