Similar Posts
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh
Nama : Titania Merry Anjani
NIM : 858908459
UPBJJ : JEMBER
Pokjar : Genteng-A
Dari hasil pengamatan video pembelajaran diatas ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut :
Kekurangan :
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak mengucapkan salam dan tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama
– Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan absensi
– Tidak adanya penyampaian motivasi belajar diawal pembelajaran
Kelebihan :
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak
Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung
Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh
Nama : Titania Merry Anjani
NIM : 858908459
UPBJJ : JEMBER
Pokjar : Genteng-A
Dari hasil pengamatan video pembelajaran diatas ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut : Kekurangan :
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak mengucapkan salam dan tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama
– Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan absensi
– Tidak adanya penyampaian motivasi belajar diawal pembelajaran
Kelebihan :
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung
Nama : Manja Tambunan
Nim : 859801872
Pokjar : LABURA
UPBJJ : Medan
Izin menanggapi video simulasi pembelajaran pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan judul “Membaca untuk Mendapatkan Informasi”.
– Dalam memulai pembelajaran guru tidak memulai dengan mengucapkan kata-kata Ucapan assalamuaikum/selamat pagi, tanya kabar, bernyanyi dan berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa.
– Cara guru dalam mengajar terlalu kaku
– Guru tidak menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham atau belum akan materi yang telah disampaikan
– Guru tidak menyampaikan kesimpulan
Kelebihan :
– Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
– Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat dipraktekan langsung
– Guru memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai tempat pembelajaran sehingga siswa terlihat antusias dalam melakukan pembelajaran.
Upaya yang dilakukan :
Guru harus mengawali pembelajaran dengan sapaan tanya kabar, bernyanyi dan berdoa serta mengecek kehadiran siswa. Guru sesekali bertanya apakah siswa sudah paham atau belum pada materi yang telah disajikan, Guru menyimpulkan hasil pembelajarannya.
Nama: Nani Marlina
Nim:856753694
Pokjar : Gelumbang
UPBJJ: Palembang
Assalamualaikum
Izin menanggapi video tersebut.
Menurut saya walaupun keterbatasan waktu pembuatan Video seharusnya Guru dalam video tersebut harus tetap melaksanakan kegiatan belajar dengan diawali pembukaan, mengecek kehadiran siswa dan berdoa, kegiatan inti dilanjutkan penutup.
1. Adapun kekurangan dari video pembelajaran tersebut yakni; sesuai dengan judulnya “Membaca Untuk Mendapatkan Informasi” namun Guru pada video tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang wacana, karena dapat dilihat beberapa siswa kebingungan setelah Guru tersebut memberikan tugas untuk mencari informasi terkait wacana permainan Bakiak.
2. Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar diluar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk belajar wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wacana tersebut.
Assalamu’alaikum wr.wb.
Nama: NUR IKA RIZKI
Nim:856029189
Pokjar : Ajamu
UPBJJ: Medan
Izin menanggapi video tersebut.
Saya sependapat dengan ibu nani.
Menurut saya juga walaupun keterbatasan waktu pembuatan Video seharusnya Guru dalam video tersebut harus tetap melaksanakan kegiatan belajar dengan diawali pembukaan, mengecek kehadiran siswa dan berdoa, kegiatan inti dilanjutkan penutup.
1. Adapun kekurangan dari video pembelajaran tersebut yakni; sesuai dengan judulnya “Membaca Untuk Mendapatkan Informasi” namun Guru pada video tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang wacana, karena dapat dilihat beberapa siswa kebingungan setelah Guru tersebut memberikan tugas untuk mencari informasi terkait wacana permainan Bakiak.
2. Kelebihan pada Video tersebut adalah Guru membentuk kelompok dalam kegiatan pembelajaran dan membawa siswa belajar diluar kelas, sehingga siswa termotivasi untuk belajar wacana permainan tradisional tersebut. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan kegiatan praktek langsung memainkan permainan Bakiak membuat siswa meyakini informasi sesuai dengan wacana tersebut.
Assalamualaikum,
Nama : Tomi Purwo Susilo
NIM : 858876266
UPBJJ : Malang
Pokjar : kediri
Setelah mengamati video pembelajaran diatas ‘’Membaca Untuk Mendapatkan Informasi’’ saya menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, sebagai berikut :
Kekurangan:
– Sebelum pembelajaran dimulai guru tidak ada pembukaan mengucapkan salam, cek kehadiran dan tidak mengajak siswa untuk berdoa Bersama.
Kelebihan:
– Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
– Guru menggunakan metode Gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif
– Sebelum permainan dimulai Guru memberikan contoh cara bermain Bakjak sesuai dengan cara bermain yang ada pada buku siswa
– Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati kesalahan yang dilakukan siswa lain dalam melakukan praktik bermain Bakjak Dengan melakukan praktik langsung, siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran sekaligus siswa dapat mengimplementasikan pengetahuannya dengan bermain bakjak secara langsung. Media pembelajaran yang digunakanpun cukup membantu siswa untuk memahami seperti apa permainan tradisional Bakiak itu dan dengan melaksanakan
Nama: Juliya Agustina
Nim: 855857694
Upbjj: UT MEDAN
Pokjar: Labura
Judul: Membaca untuk mendapatkan informasi
pada awal pembelajaran guru tidak membukanya dengan kegiata seperti menyanyikan lagu nasional atau ice breaking lainnya. menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan dengan perencanaan yang matang cukup baik, artinya materi yang telah dibaca oleh peserta didik langsung dapat di praktekkan dikehidupan nyata seperti permainan bakkia tersebu, jadi diharapkan pembelajaran tersebut jadi lebih bermakna. sekian dari saya, terima kasih