Similar Posts
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Setelah menonton video pembelajaran, seringkali seorang guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Keterampilan/pengetahuan yang dapat diperoleh dari video ini antara lain guru membimbing siswa dalam proses pembelajaran tanpa melibatkan siswa dalam proses pembelajaran (pemeriksaan, penjelasan, dan lain-lain). Hal ini membuat siswa merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran.
Tujuan menonton video pembelajaran adalah untuk membantu siswa memahami isi video tersebut. Seharusnya guru membimbing siswa melalui proses pembelajaran tanpa melibatkan mereka dalam proses pembelajaran, seperti menjelaskan materi, membimbing perilaku siswa, dan memberikan materi yang akan dipelajari.
Sebagai seorang guru, guru harus dapat memahami kondisi siswa dan apakah mereka sedang mempelajari materi tersebut atau tidak. Jika siswa tidak dapat memahami materi, guru hendaknya memberikan bimbingan untuk membantu mereka memahami materi.
Dalam proses pembelajaran, guru mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, sehingga membuat mereka lebih fokus dan memahami isinya. Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang materi, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini membantu siswa memahami isi video pembelajaran.
Nama: Juliya Agustina
Nim: 855857694
UPBJJ: UT MEDAN
Judul: bagaimana cara menyimak efektif?
menurut pendapat saya, kelemahan yang dimiliki dalam vidio tersebut adalah dimana guru tidak membuka kelas terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran, maka anak anak tidak fokus pada pembelajaran tersebut. pada step selanjutnya guru tersebut cukup baik dengan memberikan tips dalam menyimak efektif, yaitu dengan memusatkan konsentrasi penuh dan meminta siswa untuk mencatat hal hal penting dari cerita tersebut, dan memberikan beberapa pertanyaan serta guru memberikan penguatan di akhir vidio, sekian yang dapat saya sampaikan. terima kasihh
Nama: Tri Lenda
Nim: 856825533
UPBJJ: Bengkulu
Pokjar : Kota Bengkulu
Menurut pendapat saya dari video tersebut sebelum memulai pembelajaran guru belum mengkondisikan kelas terlebih dahulu guru langsung menyampaikan materi pembelajaran tanpa memperhatikan kesiapan siswa kemudian guru juga membiarkan siswa tidak fokus dalam menyimak siswa tampak saling mengobrol dengan sesama siswa lainnya sehingga mereka tidak dapat menyerap informasi yang diberikan oleh guru. Sehingga siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru.
Nama : Nadya putri utami
Nim :855865534
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa cara guru untuk mengawali proses pembelajaran menyimak yang pertama adalah persiapan awal mempelajari kompetensi yang akan dicapai siswa, menyiapkan media dan baru melaksanakan proses pembelajaran. Guru harus membaca dengan intonasi yang jelas dan guru memberikan penekanan kepada siswa bahwa menyimak membutuhkan konsentrasi dan perhatian. Sebelum memberikan pertanyaan kepada siswa secara lisan guru menyampaikan bahwa mereka harus menyimak dengan seksama dan siswa diminta untuk mencatat informasi penting lalu menuliskannya sehingga ketika guru bertanya siswa dapat menjawab dan siswa dapat memahami apa yang telah disampaikan.
Nama: Julia hikmah Nim:855860194
Menurut saya sang guru harusnya memfokuskan anak-anak terlebih dahulu agar anak-anak bisa lebih fokus pada saat pembelajaran,sehingga anak-anak tidak sulit untuk menjawab pertanyaan dari guru tersebut,itulah sebabnya guru harus bisa memahami pembelajaran yang menarik siswa untuk bisa lebih fokus dalam hal pembelajaran yang sedang berlangsung.
Nama : Shally Putri Jola
NIM : 877529112
UPBJJ : UT Medan
Pokjar : Humbang Hasundutan
Video : Bagaimana Menyimak yang Efektif?
Setelah saya menyimak video dari laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya adalah sebagai berikut
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Pada video awal guru tidak menggunakan intonasi yang benar dalam membacakan berita, sehingga siswa tidak fokus dalam menyimak. Guru juga membiarkan siswa tidak fokus dalam menyimak sehingga mereka tidak dapat menyerap informasi yang diberikan oleh guru, sehingga siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang dierikan oleh guru.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Dalam menyimak guru harus memfokuskan siswa dan memberikan perhatian agar siswa tersebut mampu memahami apa yang mereka simak, dalam hal menyimak guru menyampaikannya dengan cara yang efektif dan menarik, dengan guru memberikan perhatian dan memfokuskan siswa dan juga penyampaian guru dengan cara yang menarik siswa akan lebih fokus dan mudah dipahami oleh siswa tersebut.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru sudah mempersiapkan media pembelajran yang dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat menyimak berita tersebut. Menyimak tidak hanya mendengarkan melainkan juga harus menulis apa yang sudah di dengar sehingga siswa dapat fokus menyimak. Apabila siswa menyimak dan menulis maka mereka akan dapat memahami apa yang mereka simak.Sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan benar. Mempersiapkan kelas yang kondusif sangat penting agar siswa dapat menyimak materi pelajaran dengan baik.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru tidak melakukan apersepsi, Guru juga tidak memberikan penguatan materi dan kesimpulan
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Adapun upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya guru harus menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi yang dapat menarik minat dan perhatian siswa agar siswa lebih focus ketika mendengarkan soal cerita. Selain itu guru juga dapat menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Demikian saya sampaikan, Terimakasih
NAMA : FEBRI KURNIAWAN
NIM : 856989072
UPBJJ-UT BANDAR LAMPUNG
Judul vidio “bagaimana menyimak yang efektif”
Dari vidio yang saya lihat, dapat dianalisis bahwa:
Kelebihannya adalah guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan baik, guru menerangkan materi dengan baik serta guru membimbing siswa bertanya dan menjawab pertanyaan, guru juga tidak lupa memberikan tugas sebagai umpan balik
Kelemahan nya adalah: siswa sibuk mengobrol dan guru tak mampu mengendalikan suasana kelas, beberapa murid banyak yang belum memahami materi yang diajarkan karena terlalu sibuk bermain, diakhir kegiatan guru tidak memberikan kesimpulan dari hasil belajarnya.