Similar Posts
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Nama: Debora Mendrofa
NIM: 857156217
Video pembelajaran “Bagaimana Menyimak yang Efektif” ini memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya dan cara meningkatkan keterampilan menyimak. Meskipun memiliki beberapa kekurangan dalam hal visualisasi dan contoh penerapan konkret, informasi yang disampaikan tetap berharga bagi siapa saja yang ingin menjadi pendengar yang lebih baik, terutama dalam konteks pendidikan. Visualisasi dalam video cenderung statis dan didominasi oleh narasumber berbicara. Penggunaan ilustrasi, contoh situasi, atau animasi yang lebih menarik dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan memperjelas konsep.
Nama : Etika Auliyasari
NIM : 857501627
Setelah mengamati vidio tersebut, menurut saya kesalahan yng terjadi pada vidio awal yaitu bapa guru tidak memberikan pengarahan terlebih dahulu kepada anak2 dan langsung memberikan teks berita, sedangkan kondisi di dalam kelas belum kondusif.
Namun setelah melakukan pengarahan terlebih dahulu anak2 akan lebih kondusif dalam pembelajaran dan lebih menyimak saat pembelajaran berlangsung. Semuatergantung kepada guru bagaimana seorang guru dapat mengarahkan anak didik nya supaya bisa lebih kondusif dan sistematis dalam belajar. Maka akan tercapailah gujuan pembelajaran tersebut.
Assalammualaikum
Selamat pagi, Perkenalkan nama saya Putri Soraya Nur Anissa. NIM 856085607. Izin menanggapi vídeo Guru Pintar Online mengenai Rencana Pembelajaran Menyimak Berita.
Dari vídeo tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sebagai guru kita harus menerapkan strategi yang baik untuk peserta didik agar peserta didik dapat menyerap materi yang kita sampaikan dengan baik.
Dari vídeo tersebut saya mendapatkan beberapa nilai penting diantara nya :
1. Membuat Rencana Pembelajaran yang Jelas
Guru harus membuat rencana pembelajaran yang jelas dan terstruktur untuk memastikan bahwa materi disampaikan secara efektif. Guru harus mengenal karakteristik siswa sehingga materi yang di bawakan tidak membosankan.
2. Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik
Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti video atau gambar, untuk meningkatkan fokus siswa dan membuat pembelajaran lebih menarik. Misalnya seperti vídeo di tampilkan untuk melatih fokus siswa, siswa diminta guru untuk menulis bagian berita yang di bacakan guru.
3. Melakukan Kegiatan Ice Breaking
Kegiatan ice breaking dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kesiapan siswa untuk belajar. Diawal vídeo, siswa sangat tidak berkonsentrasi dalam memperhatikan pembelajaran di kelas. Melakukan kegiatan Ice Breaking menjadi salah satu cara Membangkitkan semangat siswa.
4. Menggunakan Strategi Pembelajaran yang Inovatif
Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif, seperti menggunakan teknologi atau melakukan kegiatan proyek, untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. Misalnya, sebagai guru kita dapat meminta siswa membawa koran dan mencari berita. Lalu, di bacakan secara bergantian untuk berdiskusi bersama teman-teman kelas. Jadi melatih daya simak siswa.
5. Mengelola Waktu yang Baik
Guru harus mengelola waktu yang baik untuk memastikan bahwa materi disampaikan secara efektif dan efisien. Berita yang terlalu panjang dan memakan waktu yang lama Membuat siswa menjadi bosan. Namun, Ketika kita bisa mengelola waktu dengan baik maka siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.