Similar Posts
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Putri Rahmayani
NIM : 859775326
Pokjar : Rarowatu Utara
Pada awal pembelajaran di video 1, guru tidak melakukan kegiatan rutin seperti berdoa dan mengabsen siswa. Padahal, kegiatan ini penting untuk meningkatkan konsentrasi siswa sebelum masuk ke materi inti.
Dalam penyampaian materi di video 1, guru kurang menekankan poin-poin penting dan intonasinya datar. Selain itu, guru tetap melanjutkan membacakan materi meskipun kondisi kelas sedang tidak kondusif (ramai), sehingga mengganggu siswa yang mencoba fokus.
Di video 2, guru menunjukkan persiapan yang lebih baik dalam menyampaikan kompetensi. Beliau memberikan penekanan pada bagian penting dan menggunakan intonasi yang lebih variatif.
Guru juga mengatasi siswa yang ribut dengan cara berhenti sejenak dan menunggu hingga kelas kembali tenang. Dengan begitu, siswa dapat menyimak materi dalam kondisi yang lebih siap.
izin menanggapi video di atas
saya Winda Lusi Ramah Yeni
NIM 856305828
Pokjar UT Padang
Membaca untuk Mendapatkan Informasi (menyimak yang efektif)
Kelebihan video Materi Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
Materi yang disampaikan di dalam video sangat relevan untuk mengembangkan keterampilan literasi fungsional siswa, terutama dalam mengidentifikasi, memahami, dan mengevaluasi informasi yang terdapat dalam teks. Keunggulan utama terletak pada pendekatannya yang aplikatif, yaitu dengan menyajikan teks nonfiksi seperti artikel, iklan, atau pengumuman, yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membantu siswa untuk memahami bahwa membaca tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam konteks sosial dan akademik. Materi ini juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dalam membedakan fakta dan opini, serta mengasah kemampuan mengambil kesimpulan dari data yang tersedia.
Kekurangan dari video Materi Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
terdapat beberapa kelemahan dalam penyajian materi ini. Materi masih terlalu umum dan belum cukup membahas teknik membaca yang spesifik, seperti skimming, scanning, atau membaca intensif, yang seharusnya dapat mendukung tujuan memperoleh informasi secara efektif. Selain itu, kurangnya variasi teks bacaan juga menjadi kendala dalam memperluas pengalaman siswa dalam menghadapi berbagai jenis teks. Tidak terdapat panduan sistematis bagi guru dalam mengevaluasi pemahaman siswa terhadap isi bacaan, sehingga proses asesmen menjadi kurang optimal.
Solusi untuk video Meningkatkan Materi Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
Agar materi yang ada di video ini lebih efektif, perlu adanya penambahan strategi membaca yang disertai contoh-contoh latihan terstruktur. Misalnya, siswa dapat dilatih menggunakan teknik skimming untuk menemukan ide pokok atau scanning untuk mencari data spesifik dalam waktu singkat. Pengayaan materi dengan berbagai jenis teks seperti infografik, jadwal perjalanan, dan petunjuk penggunaan juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan membaca yang fungsional. Tak kalah penting, guru perlu diberikan rubrik penilaian yang jelas agar dapat mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam mengambil informasi dari teks secara akurat dan efisien.
demikianlah tanggapan saya terima kasih
Nama : Yayuti Iwa Sistri wanti
NIM : 858448985
UPBJJ : Samarinda
Setelah menonton video pembelajaran di atas, Pada awal video, Guru mengawali proses pembelajaran menyimak, tetapi guru tidak mengkondisikan peserta didik terdahulu sehingga pembelajaran dimulai dengan kondisi ruang kelas ribut, lalu tidak berdoa memulai pembelajaran dan tidak ada penyampaian tujuan pembelajaran karena langsung ke inti pembelajaran menyimak.
video kedua, guru sudah bagus mengkondisikan siswa untuk konsentrasi dan memperhatikan, tetapi kegiatan pembelajaran tidak diawali dengan doa dan tidak penyampaian tujuan pembelajaran.