Sinopsis

Dalam program ini digambarkan video pembelajaran tentang sikap berontak siswa. Ada beberapa diantara mereka yang berpandangan bahwa tidak ada kaitan antara kecerdasan dengan prilaku tertentu, seperti masalah rambut solusi, diperlakukan pendekatan yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini secara arif dan bijaksana.

Asnah Limbong

Penayangan Video ini bertujuan agar Guru dengan bantuan Guru BK, dapat menerapkan aturan sekolah. Dimulai dengan mengajak siswa untuk mematuhi aturan sekolah hingga mendapatkan surat peringatan.

Materi-Video GPO disampaikan tanpa guru mengajar. Penyajian disampaikan melalui penayangan video pendek dan presenter.

Pendekatan menggunakan penayangan video sangat baik bagi para guru yang melihat program ini karena semua lebih nyata.

Program ini sangat sesuai dengan perkembangan peserta didik dengan memberi contoh mengenai rambut.

Program ini juga telah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sebaik materi ini diletakan untuk umum jangan diletakan pada seri Pembelajaran Matematika SMP. Di akhir penayangan sebaiknya dilihatkan siswa ybs telah menyadari kesalahannya.

Drs. Edy Sjarif, M.Pd.

Similar Posts

60 Comments

  1. NAMA : MELDA YANTI SIMBOLON
    NIM. : 859891476

    Ijin memberikan tanggapan
    Berkaitan dengan penanganan perilaku siswa yang kurang baik dalam konteks pembelajaran.Dalam situasi dimana salah satu siswa menjawab pertanyaan dengan jawaban yang salah dan mendapat tertawakan dari siswa lain,penting bagi guru untuk menangani situasi tersebut dengan bijaksana .Sikap mengejek dapat merusak rasa percaya diri serta motivasi siswa .Guru perlu memberikan pemahaman kepada siswa bahwa setiap orang berbeda dan kesalahan adalah sebagian dari proses belajar.Dengan demikian ,siswa yang salah menjawab tidak perlu merasa malu atau di tertawakan.Selain itu,guru juga perlu memfasilitasi dialog antar siswa untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan positif .Dengan pendekatan yang tepat,guru dapat membantu siswa memahami pentingnya saling menghormati dan bekerja sama dalam suasana belajar.

  2. Nama niati
    Nim 858159928
    Dari video D atas kita belajar tentang anak yang suka memberontak cara kita mengatasi sipat anak memberontak tidak harus dengan cara kasar kita bisa membujuk anak tersebut biasanya anak yang suka memberontak itu terbiasa di kasari oleh orang tua nya kita bisa
    Kita bisa mendekati anak tersebut secara perlahan lalu berbicara secara pelan” Agar anak dapat menceritakan apa penyebab dia selalu memberontak

  3. Nama : Della Dwi Oktaviani
    Nim : 858080864
    Tidak jarang sekali kita temui ditempat kita mengajar pasti ada anak yang memberontak atau tidak mematuhi aturan. Memang betul selain memberikan pelajaran kita juga harus memberikan aturan untuk dipatuhi siswa agar terbentuknya siswa yang disiplin. Serta sopan santun siswa kepada guru. Jika siswa disiplin maka kegiatan belajar mengajar menjadi lancar. Berbeda jika ada salah satu anak yang tidak disiplin maka kegiatan belajar menjadi terganggu.

  4. Didalam suatu pembelajaran tentunya kita harus bisa menarik minat dan perhatian siswa. Apalagi terhadap siswa siswi kelas 1 yang masih baru memasuki jenjang SD. Tentunya, kompetensi, kreativitas, kemampuan komunikasi, kemampuan teknologi dan gairah semangat saat mengajar yang harus ditunjukkan kepada siswa, karena energi positif guru bisa menularkan semangat kepada siswa. Didalam video tersebut terlihat guru melakukan interaksi secara bergantian kepada siswa-siswi sehingga yang tadinya kelas gaduh menjadi kondusif kembali. Namun, di dalam video pembelajaran tersebut guru tidak mengunakan media pembelajaran yang akan menunjang pembelajaran menjadi lebih menarik seperti menampilkan gambar dan video2 melalui layar proyektor. Tentunya dizaman seperti ini mereka akan lebih tertarik.

  5. Nama : Dinda Aulia Putri Nasution
    NIM : 859878302
    UPBJJ : Medan
    Dari video diatas dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang mempunyai karakter tidak baik tetapi banyak juga siswa yang berprilaku baik sebagai contoh dari video diatas yang memperlihatkan seseorang anak laki-laki yang tidak mau memotong rambutnya yang beranggapan bahwa rambut tidak ada hubungannya dengan kepintaran seseorang, hal tersebut terlihat secara logika benar tetapi etika dalam bersekolah juga termasuk syarat untuk menjadi siswa yang disiplin selain pintar dalam mata pelajaran . Siswa laki-laki tersebut haruslah di lakukan pendekatan-pendekatan yang bertahap untuk menyampaikan bahwa tidaklah elok seorang siswa berpenampilan seperti layaknya bukan siswa yang seharusnya berpenampilan yang lebih rapi .selain itu, siswa tersebut diberikan pengertian bahwasanya disiplin disekolah itu sangatlah penting .

  6. Nama : Netta Utami Febriane Mulya
    NIM : 857136548
    Kelas : B
    Semester : 8

    Dari video diatas dapat saya simpulkan bahwa guru berperan penting dalam memberitahukan kepada peserta didik apa penting dan pengaruhnya peraturan yang ada di sekolah dengan lingkungan rumah dan begitu pula dengan keterkaitannya dengan kecerdasan peserta didik.
    Jika guru tidak memberitahukan mengapa peraturan tersebut dibuat dan pengaruhnya pada diri sendiri maka sikap yang lakukan oleh Tono bisa saja dilakukan oleh peserta didik yang lainnya. maka guru harus membuat kesepakatan di awal pertemuan atau awal semester agar peserta didik tahu akan konsekuensi yang peserta didik tersebut dapatkan ketika melanggar peraturan sekolah maupun peraturan yang ada di dalam kelas peserta didik tersebut.

  7. Nama : Putri Dina Fauziah /857153727

    Setelah melihat video ini, anaknya memang pintar dan punya poin soal rambut nggak ngaruh ke nilai. Tapi sekolah bikin aturan bukan cuma buat soal penampilan, tapi buat latih disiplin dan sikap juga. Jadi, meskipun nilai bagus, tetap perlu diarahkan. Masukin ke ruang konseling itu langkah yang tepat, biar dia bisa diajak ngobrol dan dikasih pengertian, bukan langsung dihukum. Intinya, kecerdasan perlu sejalan sama sikap dan tanggung jawab.

  8. Dari video ini terlihat bahwa sebagai seorang guru haruslah mampu untuk melakukan pendekatan secara individu kepada siswa agar terciptanya komunikasi yang baik dengan siswa. Dengan demikian siswa tersebut akan merasa bahwa ia memang diperhatikan.

  9. Assalamualaikum wr.wb
    salam kenal, saya Risgita Puspitasari (825828122).
    Ijin memberikan tanggapan dari materi diatas..
    Mengatasi anak yang suka memberontak memang membutuhkan kesabaran dari guru, terutama orang tua..
    Guru perlu berkomunikasi dengan orang tua mengenai kebiasaan anak dirumah, hal hal apa yang seringkali membuat anak bersikap memberontak, dan apa yang ayah atau ibunya lakukan ketika anak memberontak dirumah.
    Kemudian guru kelas harus mencoba berbicara secara pribadi dengan anak, coba lakukan pendekatan dengan anak, tanyakan hal hal yang disukainya, kemudian apa yang tidak disukainya sehingga membuatnya suka memberontak.
    setelah dilakukan pendekatan, kenali anak dengan aturan aturan yang harus dia patuhi.

    Diharapkan setelah guru dan anak terjalin kedekatan, dan guru memahami sifat dan karakteristik anak, anak membuka hatinya dan mau mengikuti aturan yang guru terapkan disekolah. Hal ini juga perlu dikomunikasikan kembali dengan orang tua nya dirumah.

    demikian pendapat saya untuk mengatasi anak yang suka berontak. Terima kasih

  10. NAMA : MERNIATI KIA
    NIM : 859423654

    BERANDA
    TENTANG GPO
    KONTAK
    PROFILE
    LOG OUT
    X
    Home / Seri Pembelajaran SMP / Sikap Berontak
    SERI PEMBELAJARAN SMP
    Sikap Berontak

    Sinopsis
    Dalam program ini digambarkan video pembelajaran tentang sikap berontak siswa. Ada beberapa diantara mereka yang berpandangan bahwa tidak ada kaitan antara kecerdasan dengan prilaku tertentu, seperti masalah rambut solusi, diperlakukan pendekatan yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini secara arif dan bijaksana.

    Asnah Limbong
    Pakar Dosen
    Pakar Guru
    Post navigation
    PREVIOUS
    Menarik Perhatian Siswa
    NEXT
    Sering Mengejek
    Similar Posts

    59 Comments
    Comments navigation
    Older comments
    Melda Yanti says:
    April 17, 2025 at 3:19 pm
    NAMA : MELDA YANTI SIMBOLON
    NIM. : 859891476

    Ijin memberikan tanggapan
    Berkaitan dengan penanganan perilaku siswa yang kurang baik dalam konteks pembelajaran.Dalam situasi dimana salah satu siswa menjawab pertanyaan dengan jawaban yang salah dan mendapat tertawakan dari siswa lain,penting bagi guru untuk menangani situasi tersebut dengan bijaksana .Sikap mengejek dapat merusak rasa percaya diri serta motivasi siswa .Guru perlu memberikan pemahaman kepada siswa bahwa setiap orang berbeda dan kesalahan adalah sebagian dari proses belajar.Dengan demikian ,siswa yang salah menjawab tidak perlu merasa malu atau di tertawakan.Selain itu,guru juga perlu memfasilitasi dialog antar siswa untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan positif .Dengan pendekatan yang tepat,guru dapat membantu siswa memahami pentingnya saling menghormati dan bekerja sama dalam suasana belajar.

    Niati Reja says:
    April 17, 2025 at 7:34 pm
    Nama niati
    Nim 858159928
    Dari video D atas kita belajar tentang anak yang suka memberontak cara kita mengatasi sifat anak memberontak tidak harus dengan cara kasar, kita bisa membujuk anak tersebut dengan memberikan pemahaman yang positip.karna biasanya anak yang suka memberontak itu terbiasa di kasari oleh orang tua nya.
    Kita bisa mendekati anak tersebut secara perlahan lalu berbicara secara pelan” Agar anak dapat menceritakan apa penyebab dia selalu memberontak.

Leave a Reply