silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

2,285 Comments

  1. Dalam cuplikan video tersebut guru masuk kedalam kelas mengucapkan salam sementara murit yang di dalam kelas masih asik bermain.Dengan cara guru memberikan sesuatu

  2. Sebagai guru kita harus menjadi panutan dari segala bidang,baik di dalam penampilan kerapian,dan juga ucapan,apa yg perlu kita lakukan adalah apalagi di kelas rendah,kita harus mempunyai trik tersendiri untuk menarik perhatian siswa,bagaimana caranya agar kita bisa menjadi perhatian ssisswa sehingga pembelajaran menjadi menarik bagi anak didik kita

  3. Nama : Mayang Anjarsari
    NIM : 857002266
    Pokjar : Way Tuba
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Reaksi anak
    Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri, setelah guru melakukan ice breaking untuk menarik perhatian anak, si anak pun kembali fokus dan kembali memperhatikan.

    Kelebihan
    Kelebihan vidio tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali, selain itu guru tersebut juga memberikan sekilas materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode praktik, dengan alat peraga berupa buah jeruk, dengan begitu anak cepat mudah memahaminya dibanding dengan teori.

    Kelemahan
    Kelemahan pada vidio diatas yaitu terlihat diawal vidio kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi yang kurang memadai.

    Hal-hal unik yang ada didalam video
    Pada awal masuk guru tidak memakai seragam dengan rapi, memakai sandal dan baju dalam keadaan dikeluarkan.

    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, karena biasanya di pembelajaran terakhir anak merasa bosen, untuk itulah perlu diberikan ice breaking, dan kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi, mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.

  4. Menarik Perhatian Siswa
    Setelah saya menonton tayangan video di atas, dapat saya analisis bahwa sebagai guru sebelum masuk ke dalam sekolah terlebih dahulu harus mempersiapkan diri. Mempersiapkan diri yang saya maksud adalah mempersiapkan materi, metode media serta penampilan juga dengan tujuan untuk menarik perhatian siswa.
    Ada 2 hal yang bisa saya analisis dari video tersebut
    1. Kelemahan
    – Pada awal video terlihat bahwa ketika guru masuk ke dalam kelas menggunakan sandal. Terlihat dari situ bahwa guru kurang memperhatikan penampilan.
    – Pada saat masuk ke dalam kelas siswa tidak memberikan respon terhadap guru.
    Adapun
    2. Kelebihan
    – Pada tayangan video setelah guru melakukan ice breaking siswa menjadi semangat dan memberikan respon terhadap informasi/ pelajaran yang diberikan guru.
    – Guru melatih psikomotorik siswa terlebih dahulu sebelum masuk ke materi yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.

  5. Nama : Tsalisani Matun Nazila
    Nim : 857002789
    Upjj : Bandar lampung
    Salut : way tuba
    Reaksi anak
    Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri, setelah guru melakukan ice breaking untuk menarik perhatian anak, si anak pun kembali fokus dan kembali memperhatikan.

    Kelebihan
    Kelebihan vidio tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan ice breaking diawal pembelajaran, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali, selain itu guru tersebut juga memberikan sekilas materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode praktik, dengan alat peraga berupa buah jeruk, dengan begitu anak cepat mudah memahaminya dibanding dengan teori.

    Kelemahan
    Kelemahan pada vidio diatas yaitu terlihat diawal vidio kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi yang kurang memadai.

    Hal-hal unik yang ada didalam video
    Pada awal masuk guru tidak memakai seragam dengan rapi, memakai sandal dan baju dalam keadaan dikeluarkan.

    Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan ice breaking untuk mengembalikan fokus anak, karena biasanya di pembelajaran terakhir anak merasa bosen, untuk itulah perlu diberikan ice breaking, dan kemudian diakhir pembelajaran diakhiri dengan refleksi, mengulas kembali materi kemudian ditutup dengan doa.

Leave a Reply