silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama: Fitri Suyanti
Nim: 859877697
Pokjar: Tebing Tinggi
Menarik Perhatian Siswa
Vidio ini berisi tentang bagaimana seorang guru yg berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yg diberikan, Guru tersebut memanfaatkan alat eraga berupa gambar untuk media pembelajaran dan melibatkan siswa sehingga fokus siswa dan siswi fokus dalam pembelajaran tersebut.
Asalamualaikum..
Nama : Rendy Gustiyandi Hermawan
Nim : 857030731
Pokjar : Sidomulyo
Setelah menyimak video pembelajaran ini,
menurut saya menarik perhatian siswa sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran karena anak-anak masih belum fokus saat guru tersebut masuk ke dalam kelas.
Menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran ini menimbulkan kesan yang sangat baik pada anak sehingga materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan optimal.
Selain itu pada awal pembelajaran guru dapat melakukan apresiasi dan motivasi pada anak sehingga anak merasa semangat, fokus dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Dalam video pembelajaran ini guru tersebut sangat bagus sekali dalam mengikuti pembelajaran dan membuat anak langsung antusias.
Nama : Susi Nurapriyanti
Nim : 857411195
Semester : 6B
Kelemahan Pembelajaran dalam Video adalah:
Berikut merupakan kelemahan-kelemahan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran 1 diantaranya.
1) Pada awal pembelajaran guru tidak mengkondisikan siswa agar siswa memperhatikan ketika guru sedang berbicara, sehingga dalam video tersebut siswa tetap gaduh walaupun guru sedang berbicara.
2) Guru seharusnya berpenampilan yang baik ketika sedang mengajar, tidak memakai sandal dan pakaian pun harus rapi.
Kelebihan Pembelajaran dalam Video adalah:
Berikut merupakan kelebihan-kelebihan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran 1 diantaranya:
Saat pembelajaran guru menggunakan alat peraga untuk menjelaskan materi yang sedang dipelajari kepada siswa, sehingga mempermudah siswa dalam memahami pelajaran dan membuat siswa lebih tertarik saat mengikuti pelajaran.
Hal Unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video yaitu:
1) Guru memiliki kreativitas untuk menarik minat dan perhatian siswa dengan menggunakan alat peraga.
2) Guru memberikan pendekatan dengan pertanyaan-pertanyaan menarik yang memacu minat siswa.
3) Guru memberikan penguatan dan respon yang baik ketika siswa bertanya.
Menurut pendapat saya, Rencana pembelajaran yang akan dilakukan :
1) Sebelum memulai pembelajaran hendaknya guru menyapa dan memberi salam kepada siswa, serta melakukan ice breaking agar focus siswa lebih terarah.
2) Meningkatkan interaksi dengan siswa seperti memberikan pertanyaan pemantik dan membuat apersepsi.
3) Memperhatikan dan memberikan pelajaran sesuai kebutuhan siswa, dengan menampilkan mimik ceria dan bersahabat serta mendengarkan pertanyaan-pertanyaan siswa.
Nama : Susi Nurapriyanti
Nim : 857411195
Semester : 6B
Salut : Edukasi Mandiri Bogor
Kelemahan Pembelajaran dalam Video:
a) Pada awal pembelajaran guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa dan tidak mengecek kehadiran siswa.
b) Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa. Pengetahuan tentang kemampuan awal siswa diperlukan oleh guru untuk menetapkan strategi mengajar.
c) Dan pada akhir pembelajaran guru tidak menutup pembelajaran dengan membaca doa.
Berikut merupakan kelebihan-kelebihan guru yang ditemukan dalam video diantaranya :
a) Guru sudah menguasai materi yang akan ia berikan.
b) Saat pembelajaran guru melibatkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.
c) Media pembelajaran yang digunakan menarik dan membantu siswa memahami cara membaca huruf.
d) Guru memberikan bimbingan kepada semua siswa.
Hal Unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video adalah:
a) Guru melakukan pendekatan yang terstruktur, melibatkan berbagai indera, dan memberikan dukungan emosional yang tepat akan membantu anak mengatasi kesulitan membaca dan meningkatkan keterampilan literasi mereka.
b) Guru menyiapkan media seperti gambar yang berisikan suku kata.
c) Guru menghampiri satu per satu siswa untuk mengecek pemahaman terkait bacaan.
Rencana pembelajaran yang akan dilakukan :
a) Guru harus memulai pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan seperti: memberi salam, menyapa peserta didik, mengajak peserta didik berdo’a terlebih dahulu, mengecek kehadiran peserta didik agar membangkitkan motivasi dan perhatian peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran dengan doa.
b) Guru memberikan ice breaking agar peserta didik antusias dalam pembelajaran.
c) Guru dapat menggunakan media seperti video pembelajaran agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa lebih aktif.
Nama : Dea Maysa Nasution
NIM : 859876728
POKJAR : TEBING TINGGI
Video ini berisi tentang bagaimana usaha seorang guru untuk menarik perhatian siswanya terhadap materi ajar yg sedang diajarkan. Pembawaan videonya sangat menarik dan menambah wawasan serta pengalaman guru yg melihat.
Nama Dea Maysa Nasution dengan ni 859876728 POKJAR tebing tinggi
saya akan memberikan tanggapan mengenai video tentang guru yang berusaha menarik perhatian siswa dalam pelajaran, berdasarkan sudut pandang Guru Pintar Online (GPO):
Video tersebut secara efektif menggambarkan tantangan nyata yang sering dihadapi oleh para guru dalam upaya untuk menjaga fokus dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Guru inisiatif dalam mencari cara-cara kreatif untuk menarik perhatian siswa adalah langkah-langkah yang sangat positif dan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif.
Beberapa poin penting yang dapat kita ambil dari video tersebut:
* Kreativitas dalam Mengajar: Video ini menyoroti pentingnya bagi seorang guru untuk berpikir “di luar kotak” dan menggunakan metode yang tidak konvensional untuk membangkitkan minat siswa. Hal ini sejalan dengan semangat GPO untuk mendorong guru agar terus berinovasi dalam praktik pengajaran mereka.
* Memahami Karakteristik Siswa: Upaya guru untuk menarik perhatian menunjukkan pemahaman bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar dan minat yang berbeda. Guru yang efektif akan berusaha untuk mengakomodasi perbedaan ini dalam metode pengajarannya. GPO juga pentingnya personalisasi dalam pembelajaran.
*Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan: Ketika siswa tertarik dan terlibat, proses belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi semua pihak. Guru dalam video tersebut berusaha menciptakan suasana yang lebih hidup dan interaktif, yang merupakan aspek penting dalam filosofi pembelajaran GPO.
* Refleksi dan Adaptasi: Video ini dapat menjadi inspirasi bagi guru lain untuk merefleksikan praktik mengajar mereka sendiri dan mencari cara-cara baru untuk meningkatkan keterlibatan siswa. GPO mendorong guru untuk terus belajar dan beradaptasi dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.
Sebagai platform yang mendukung pengembangan guru profesional, Guru Pintar Online sangat mengapresiasi upaya-upaya guru seperti yang ditunjukkan dalam video. Kami percaya bahwa guru yang proaktif dan kreatif dalam mencari solusi tantangan di kelas adalah aset berharga dalam dunia pendidikan. Video ini dapat menjadi sumber inspirasi dan diskusi yang bermanfaat bagi komunitas guru di platform GPO.
Nama : Erwin Savikry
NIM : 825418359
Pokjar : Batam
Menarik perhatian siswa
Guru melibatkan lingkungan sekitar untuk menarik perhatian siswa.siswa yang awal ribut menjadi tertarik untuk belajar dan bersemangat
Nama : Indah Permata Sari
NIM. : 856294417
Pokjar : Padang
Video ini berisi tentang bagaimana cara guru menarik perhatian siswa pada materi pelajaran yang akan disampaikan, Guru tersebut memanfaatkan buah jeruk yang dibawanya sebagai contoh untuk melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan bercerita kepada anak-anak dan mereka meresponnya dan pusat perhatian anak-anak sudah teralihkan.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Pefita Nariya Herdiana
NIM : 858737015
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Salut Doktor Sukarni Oscar Bojonegoro
Berdasarkan video yang ditampilkan saya menarik kesimpulan bahwa video tersebut menunjukkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Pada awalnya, pembelajaran berlangsung kurang optimal karena guru tidak berhasil menarik perhatian siswa. Hal ini tampak dari kurangnya kegiatan pembuka atau apersepsi, serta penampilan guru yang kurang profesional, yaitu mengenakan sandal meskipun berpakaian rapi saat masuk kelas.
Dalam pertemuan selanjutnya, guru mulai menunjukkan perbaikan dengan memulai pelajaran menggunakan apersepsi. Namun, beberapa komponen penting pembelajaran masih belum terlaksana di awal kegiatan, antara lain:
1. Guru belum mengawali pelajaran dengan salam kepada siswa.
2. Guru belum membimbing siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai.
3. Guru tidak melakukan absensi atau pengecekan kehadiran siswa.
4. Guru belum mengajak siswa menyanyikan lagu kebangsaan sebagai bentuk pendidikan karakter cinta tanah air.
5. Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas.
Demikian hasil pengamatan dan analisis yang dapat saya disampaikan terkait kekurangan dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada video tersebut.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Miduk Mikael Lumban Siantar
Dari video ini saya dapat mengetahui cara cara untuk menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran berlangsung
jadi saya dapat mengevaluasi pembelajaran di sekolah.