Sistem Pembayaran dalam Perbankan di Indonesia

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Sistem pembayaran ini berkaitan dengan kegiatan pemindahan sejumlah nilai uang dari satu pihak ke pihak lainnya. Apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran? Apakah peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran? Bagaimana penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia? Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini.

Untuk itu dalam video ini akan dijelaskan tentang apa yang dimaksud sistem pembayaran, bagaimana peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, bagaimana penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, dengan menggunakan Problem Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang penggunaan instrumen sistem pembayaran tunai atau nontunai. Lalu mereka akan berdiskusi dengan menggunakan alat pembayaran tunai atau nontunai, dan pada akhirnya mereka akan membuat analisis sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan membahas alat pembayaran.

Selamat menyaksikan

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak memahami sistem pembayaran tunai dan nontunai ?
  3. Apakah PBL yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk mengenalkan sistem pembayaran kepada siswa
  4. Tahapan apa dalam Problem Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
  1.  

Similar Posts

  • Menyunting Teks Cerita Sejarah

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Suasana di sebuah SMA yang asri, ada sudut baca yang menyajikan novel sejarah dan buku lainnya. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menyunting teks cerita sejarah akan berlangsung di kelas XII dengan menggunakan model  Problem Based Learning . Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin perempuan…

  • Teori Evolusi Charles Darwin

    Sinopsis Video ini bertujuan untuk menjelaskan secara singkat Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin. Materi ini diangkat berdasarkan kurikulum pengajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII. Kelebihan pembelajaran melalui video ini adalah adanya gambar visual yang menjelaskan Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin. Pada awal video siswa…

  • Matematika Ekonomi SMA

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta bisa diketahui melalui fungsi permintaan. Sebenarnya jika Anda melihat kembali hukum permintaan dalam ekonomi, fungsi ini akan menunjukkan bahwa harga barang dengan jumlah barang yang diminta menunjukkan hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik. Lalu bagaimana dengan penawaran?…

  • Error Correction in EFL Classroom

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Banyak siswa menemukan kesulitan dalam pembelajaran bahasa asing dan mereka banyak yang melakukan kesalahan di dalam proses pemerolehan bahasa asing tersebut. Kesalahan dalam belajar bahasa asing merupakan sesuatu yang normal bahkan perlu bagi pembuat bahasa itu sendiri. Bahkan kesalahan dalam berbicara tidak hanya terjadi pada…

  • Pembebeasan Irian Barat

    Sinopsis Video ini bertujuan untuk menjelaskan secara singkat sejarah pembebasan Irian Barat pada masa demokrasi terpimpin. Materi ini diangkat berdasarkan kurikulum pengajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII. Kelebihan pembelajaran melalui video ini adalah adanya penjelasan singkat tentang sejarah pembebasan Irian Barat yang mudah dimengerti oleh siswa. Pada awal video siswa akan diberikan pertanyaan yang…

  • Orde Baru

    Sinopsis Video ini bertujuan untuk menjelaskan secara singkat sejarah awal mula era orde baru. Materi ini diangkat berdasarkan kurikulum pengajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII. Kelebihan pembelajaran melalui video ini adalah adanya penjelasan singkat tentang dimulainya era orde baru yang mudah dimengerti oleh siswa. Pada awal video siswa akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan…

2 Comments

  1. 1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran sangat aktif karena guru mengajak siswa menyampaikan pemikiran mereka terhadap materi.
    2. Kelemahan mungkin lebih baik jika di tambah kan slide vidio mengenai cara pembayaran menggunakan uang di gital atau non tunai.
    3. Kelebihan pembelajaran ini menggunakan metode diskusi kelompok sehingga siswa lebih aktif dan membangun kerja sama antar siswa.
    4. Hal unik nya ketika guru mengajak siswa untuk bermain game tepuk tangan supaya siswa semangat dalam pembelajaran.
    5. Solusi saya mungkin kedepannya bisa mencoba metode pembelajaran yang lain yang lebih meningkatkan pemikiran kritis siswa. Terimakasih

  2. 1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran sangat aktif karena guru menstimulasi siswa berpendapat dari pemikiran mereka terhadap materi.
    2. cara lain yang harus dilakukan oleh guru lebih baik jika di tambah kan slide vidio mengenai cara pembayaran menggunakan uang kartal maupun giral
    3. YA, PBL yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif karena menggunakan metode diskusi kelompok sehingga siswa lebih aktif dan merangsang berpikir kritis antar siswa.
    4. belum maksimal, pada tahapan presentasi per kelompok tidak ada kritikan atau sanggahan maupun tanya jawab kepada kelompok yang sedang mempresentasikan materi sehingga lebih meningkatkan pemikiran kritis siswa.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777