silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.

Dwi Astuti

Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar selebihnya hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

4,619 Comments

  1. Assalamualaikum wr wb
    Nama:Nour ifansyah
    Nim : 858312678
    Judul Video : “Anak belum bisa mandiri”
    Dari video yang sudah saya tonton dan saya amati, Di Tahun ajaran baru pasti selalu terjadi ada beberapa anak yang menangis karena seorang anak belum mandiri dan rasa takut untuk pertama kali masuk sekolah, ada beberapa faktor lain seperti perasaan takut bertemu orang baru, guru, teman baru,ditinggalkan orang tua dan lingkungan baru.
    menurut saya sangat penting untuk memahami anak bahwa setiap anak perkembangan dan kemandirian yang berbeda-beda. Ada anak yang sangat cepat bersatu dengan lingkungan dan cepat mendapat teman baru,itu dikarenakan sang anak sangat ingin sekali sekolah dan sangat siap, dan ada beberapa anak mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk merasa nyaman melakukan aktivitas bersama orang baru dan lingkungan baru. Orang tua harus sangat bersabar dalam menghadapi anak dan memberikan motivasi yang diperlukan tanpa memaksa atau memberikan tekanan yang berlebihan kepada anak,agar anak dapat bisa menyatu dengan teman baru dan lingkungan baru,walau sedikit demi sedikit memberikan nasehat.Supaya anak paham. Dan guru harus memberikan rasa aman dan nyaman untuk membangun kepercayaan dengan anak sehingga anak dapat beraktivitas dengan mandiri tanpa rasa takut dan menangis ketika ditinggalkan orang tua pulang.

  2. Nama: HERNI
    Nim : 856490553
    Berdasarkan pada video yang saya lihat ” Anak belum mandiri” Adalah sangat wajar pada awal masuk sekolah. Karena anak belum mandiri apalagi anak ditinggal orang tuanya, terkadang anak yang belum mandiri memiliki perasaan takut bertemu dengan Teman baru, guru dan lingkungan sekolah. Penting bagi guru untuk memperkenal diri, lingkungan sekolah kepada anak agar anak lebih percaya kepada kita. Dengan memberikan rasa nyaman dan aman apabila ditinggal orang tua.

  3. Nama : Katharina Kemba
    Nim: 859266186
    Judul Video : Anak Belum Mandiri
    Dari Video yang saya amati Guru kesulitan dalam membujuk anak untuk bergabung bersama teman-teman yang lainnya. cara mengatasinya yaitu guru harus memahami bahwa setiap anak perkembangan dan kemandiriannya berbeda. Ada beberapa anak yang mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk merasa nyaman melakukan aktivitas bersama teman yang lain. Sedangkan orang tua bisa membujuk anaknya untuk bergabung bersama guru dan teman-temannya. jadi bisa dikatakan bahwa orang tua dan guru saling bekerjasama.

  4. nama : angelaora ferlia johan
    nim: 859038272
    judul video : anak belum mandiri
    dari video yang telah saya nonton saya dapat pembelajaran cara menangani anak yang belum mandiri dan terimakasih atas video ini.

  5. Nama: Khalimatus Sa’diah
    NIM: 858312234

    Dari video yang saya amati anak belum mandiri untuk bergabung bersama teman-teman barunya. Dalam tindakan ibu guru jua kesulitan untuk membujuk anak dan mungkin dengan tidak mandiri anak merasa takut dengan orang baru. Sebaiknya orang tua membimbing anak untuk membujuk anak berteman dengan teman barunya agar anak merasa tetlindungi

  6. Nama : Laras Nur Aulia
    Nim. : 859508958

    Dari video yang saya amati dimana anak belum mandiri dikarenakan perubahan suasana dari rumah ke sekolah membuat anak kurang merasa nyaman dan takut. Untuk tindakan guru harus memberikan rasa nyaman dan aman untuk anak sehingga anak merasa nyaman saat di sekolah dan untuk orang tua harus bisa membujuk dan memberikan nasihat kepada anak supaya anak merasa nyaman dan aman saat di sekolah

  7. Nama masriani
    Nim 859171548
    Izin menanggapi video lele menanggapi video anak yang belum mandiri memang pada tahap awal masuk sekolah kebanyakan anak yang terlihat belum mandiri sulit terlepas dari orang tuanya oleh karena itu guru tidak boleh berputus asa dan harus siap menghadapi kondisi tersebut agar anak dapat beradaptasi dengan teman dan guru serta bisa lepas dari orang tua dan bisa lebih mandiri

  8. Tugas Refleksi
    Nama : Supriyanti
    NIM : 856839531

    Dari Vidio diatas , diawal mula anak masuk kesekolah anak-anak banyak yang belum mandiri. Dimana kemampuan nak-anak beradptasi disekolah berbeda-beda setiap indivdunya. Menurut saya vidio diatas sangat membantu setiap pendidik dalam mengatasi anak yang belum mandiri, dimana beberapa teknik yang berikan kepada anak -anak yaitu dengan cara memberikan rasa aman, nyaman , tenang . serta guru memberikan toleransi kepada orang tua untuk berada dikelas selama masa orientasi selama 3-5 hari.
    Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.

  9. Izin menanggapi
    Memang suasana di awal pembelajaran banyak sekali yg harus dihadapi karena prilaku dan sifat-sifat anak berbeda satu sama lain.oleh karena itu kita sebagai pendidik dan pembimbing harus menyiapkan segala sesuatu yang harus disiapkan untuk mengajak anak untuk beradaptasi dilingkungan sekolah. Baik kita sendiri dan lingkungan sekolah yang harus dipersiapkan sehingga anak dapat merasakan kenyamanan saat berada disekolahnya.
    Sehingga orang tuanya dapat berkerja sama dg orang tua sehingga anak dapat dengan mudah ditinggalkan disekolah sendiri dan beradaptasi dengan guru dan teman-temannya.
    Terima kasih🙏

Leave a Reply