silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.

Dwi Astuti

Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar selebihnya hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

4,619 Comments

  1. Nama:lailatul kharisma
    Nim:858834427
    Pada awal ajaran baru guru harus merencanakan matang-matang kelas baru dan suasana baru.Pada masa orientasi(MPLS) adalah masa yang penting untuk anak dalam mengenal lingkungan kelas dan sekolah.Dalam vidio di atas guru memberikan toleransi kepada orang tua untuk berada di dalam kelas selama masa orientasi.Selama masa orientasi guru bekerja sama dengan orang tua agar anak mau lepas dari orang tua.Guru bisa memberikan dorongan dan motivasi agar anak mandiri dan tidak menangis lagi ketika ditinggal orang tua Guru juga melakukan pendekatan kepada anak dengan kelembutan,dan memberikan reward kepada anak yang sudah mandiri.

  2. Evin Dwi Hananing
    877967185

    Kegiatan MPLS adalah kegiatan yang rutin dilakukan pada saat Tahun Ajaran baru. Anak anak dikenalkan dengan lingkunga sekolah baik itu tentang fasilitas sekolah, nilai nilai yang moral serta teman baru. Peran Guru pada MPLS saat besar sekali selain menyiapkan ligkungan yang ramah pada anak, materi serta kontesn selama MPLS juga penting serta sikap guru selama MPLS useperti memberikan rasa nyman, aman dan menyenangkan.
    Guru bisa bekerja sama dengan orang tua pada MPLS karena kebiasaan baru akan dikenal oleh anak anak dan orang tua sebagai suport system agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik

  3. NAMA : ALIF DEWI RATNASARI
    NIM : 858955046
    JURUSAN S1 PGPAUD

    Menanggapi dari video yang berjudul “Anak Belum Mandiri”, Refleksi dari pengamatan ini yaitu bahwa proses transisi anak ke lingkungan baru memerlukan perhatian dan pendekatan yang lembut. Keberadaan guru dan keterlibatan orang tua dalam memberikan rasa aman di lingkungan kelas akan membantu anak beradaptasi lebih cepat, meningkatkan rasa percaya diri, dan membuat mereka merasa nyaman menjalani kegiatan belajar di kelas.

  4. Setelah saya melihat vidio diatas kerjasama guru dan orang tua sangat berperan penting dalam membentuk kemandirian seorang anak, terutama anak usia dini. Guru harus mampu memberikan cinta dan rasa aman kpd anak agar mau melepas orang tua atau pengasuh yg mengantarkan. Orang tua jg harus memberikan bujukan dan masukan kpd anak bahwa Bu guru baik dan bisa dijadikan ibu ketika disekolah. Guru jg harus sering memberikan reward kpd anak agar anak merasa bangga sehingga muncul keberanian dalam diri anak.

  5. Setalah saya melihat vidio diatas, kerjasama guru dan orang tua sangat berperan penting dalam membentuk kemandirian seorang anak, terutama anak usia dini. Seorang guru harus mampu memberikan cinta dan kasih sayangnya kepada anak didik sehingga anak merasa nyaman seperti ketika mereka bersama orang tua. Orang tua jg harus memberikan dorongan dan pengertian kpd anak bahwa Bu guru bisa menjadi pengganti orang tua di sekolah. Seorang guru jg harus memahami bgm seorang anak bisa merasa nyaman ketika bersamanya. Reward dan pujian harus selalu diberikan agar anak merasa bangga atas dirinya, sehingga kemandirian akan muncul Krn merasa sdh mampu.

  6. Nama : Izzi Restu
    NIM : 857605257
    Setelah saya melihat video diatas kerjasama antara guru dan orang tua sangat berperan penting dalam membentuk kemandirian seorang anak.Guru harus memberikan rasa cinta kepada anak agar anak merasa aman dan nyaman saat berada dilingkungan yang baru ia kenal.
    selain itu orang tua sebagai pengasuh anak juga harus memberikan perhatian serta nasihat kepada anak bahwa guru itu baik dan bisa dijadikan sebagai ibu mereka ketika berada sekolah.
    Selain itu guru juga harus sering memberikan reward kepada anak agar anak merasa bangga dan lebih percaya diri sehingga menimbulkan keberanian dalam diri anak.

  7. Nama : Izzi Restu
    NIM. : 857605257
    Jurusan : PGPAUD
    Setelah melihat video diatas kerja sama antara guru dan orang tua sangat penting dalam membentuk kemandirian anak usia dini.
    Guru harus mampu memberikan rasa cinta dan kasih sayang kepada anak agar anak merasa aman dan nyaman saat berada di sekolah (lingkungan baru).
    Selain itu orang tua juga harus memberikan perhatian dan nasihat kepada anak sebelum melepas anak kesekolah bahwa lingkungan sekolah adalah lingkungan yang sangat menyenangkan karena bisa belajar dengan guru yang baik serta bisa menambah teman baru.
    Guru juga harus sering memberikan reward kepada anak,agar anak merasa bangga dan percaya diri sehingga muncul keberanian dalam diri anak.

  8. NAMA : FINA HIDAYATI
    NIM :877683341
    PRODI : S1 PGPAUD

    Setelah melihat ilustrasi video ” Anak Belum Mandiri” perlunya memanfaatkan waktu saat Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan baik. Peran Guru dan orangtua sangat dibutuhkan kerjasama yang baik untuk menumbuhkan sikap dan rasa kemandirian si anak. Awal pertama masuk sekolah anak masih terasa asing dengan guru dan juga teman-teman sekolahnya, sehingga menyebabkan anak selalu ingin didekat orangtuanya. Pendekatan yang dilakukan oleh guru terhadap anak sangat bagus dengan cara merayu, membujuk dan bahkan memberikan reward guna mendapatkan kepercayaan si anak. Anak akan muncul rasa kemandiriannya mana kala orang-orang disekitar sekolahnya aman dan nyaman bagi si anak, sehingga anak akan merasakan kalau sekolah adalah tempat kedua untuk belajar setelah rumah atau keluarga.

  9. Nama : DEWI MUSARROFAH
    NIM : 877683327
    PRODI : S1 PGPAUD

    Dari video ” anak belum mandiri” yang saya amati, pada masa MPLS adalah masa yang penting untuk anak dalam mengenal lingkungan kelas dan lingkungan sekolah. peran guru dalam MPLS sangat besar, selain menyiapkan lingkungan yang ramah pada anak, guru juga menyiapkan materi, memberikan rasa nyaman, aman, dan menyenangkan kepada anak. dalam hal ini peran guru dan orang tua sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan kemandirian anak beradaptasi di tempat yang baru.

  10. Nama : widestiya avika glang misandi
    Nim : 857610266

    Setelah saya melihat tayangan video tersebut, kerjasama guru dan orang tua sangat berperan penting dalam membentuk kemandirian seorang anak, terutama anak usia dini . Seorang guru harus memberi rasa aman dan kasih sayangnya kepada anak didik sehingga anak merasa nyaman seperti ketika mereka bersama orang tua di rumah. Orang tua juga harus memberikan pengertian kepada amak bahwa guru bisa menjadi pengganti orang tua di sekolah. Seorang guru juga harus memahami seorang anak bisa merasa nyaman ketika bersamanya. guru juga harus sering memberika reward kepada anak agar anak merasa senang dan percaya diri .

Leave a Reply