silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.

Dwi Astuti

Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar selebihnya hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

4,619 Comments

  1. Video : Anak Belum Mandiri
    Dalam tayangan video tersebut merupakan kejadian pada setiap awal tahun ajaran baru. Anak-anak pada umumnya merasa kaget melihat suasana yang baru dan lingkungan yang berbeda. Anak yang masih bergantung dengan orang tuanya atau belum mandiri merupakan hal yang wajar dan umum, namun demikian sebagai seorang guru hal tersebut merupakan tantangan dan menjadi PR untuk bisa mengatasinya supaya tidak berkelanjutan. Pemaparan dalam video di atas, saya sangat setuju dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk ditemani dengan orang yang menurut dia merasa aman dan nyaman, sambil belajar beradaptasi dan sebagai seorang guru kita melakukan pendekatan agar anak merasa aman dan nyaman. Secara emosional, anak sedang dalam proses memahami dan mengelola perasaan mereka. Mereka cenderung mudah merasa cemas atau takut ketika dihadapkan pada suasana baru atau situasi yang tidak familiar. Ketergantungan pada orang dewasa sebagai sumber rasa aman dan kenyamanan sangat tinggi pada usia ini. Yakinkan kepada mereka bahwa mereka aman bersama kita.

  2. Bagi saya pribadi, kemandirian anak merupakan kunci dalam kenyamanan anak melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Ketika anak sudah menemukan titik nyamannya, maka akan menjadi hal yang mudah untuk megajak anak menjadi lebih mandiri.
    Benar seperti yang disampaikan pada video, memberi kesempatan anak untuk menerima guru sebagai ibu di sekolah adalah salah satu cara yang paling ampuh dan harus dilakukan dengan hati. Dengan memberi kondisi aman dan nyaman di dalam kelas, sering memberikan apresiasi, dan selalu memastikan dekat dengan anak agar anak tidak ketakutan atau khawatir.
    Meski kemandirian masih menjadi PR saya saat ini, namun hal seperti yang dijelaskan di video sangat membantu saya evaluasi dan membuka diri.

  3. Assalamualaikum.wr.wb.
    Nama: Pahrini
    Nim :858322006
    Ijin menanggapi vedio tentang Ansk Belum Mandiri
    Menurut saya siksp seorang guru pada vedio ini patut kita contoh di mana berbagai upaya yang di lakulan guru agar ansk bisa msndiri.di antarsnya selama orientasi guru memberiksn toleransi kepada orang tua berada di dalam kelas.kemudian guru memberikan pengertian kepada orang tua untuk mrlepas anak secara bertahap dan berkerjasama memotivasi anak agar bisa mandiri dan tidak menangis.cara yang dilakukan guru menendekati anak dengan kelembutan.sentuhan juga pelukan agar anak menjadi nyaman.
    Guru juga memberikan penghargaan kepada ansk yang sudah bisa mandiri dan memberikan motivasi kepada ansk lain agar bisa mandiri. Terima kasih

  4. Assalamualaikum,
    Nama : SALWA
    NIM : 859683912

    “ANAK BELUM MANDIRI”
    Tayangan vidio yang saya lihat dan amati bagaimana respon guru yang baik terhadap anak yang belum mandiri karena masih belum mau ditinggal kepada orang tua dikarenakan permulaan masuk kesekolah baru yang bagi mereka sangat asing. Disini guru tersebut memberikan kebijakan kepada orang tua agar tidak meninggalkan anaknya secara langsung sampai anak merasa nyaman, aman, dan bisa mandiri. Maka dari itu guru yg sangat mengerti perasaan anak selalu memberikan motivasi serta dorongan agar anak-anak merasa senang dan bersemangat setiap kali ingin berangkat kesekolah. Terima kasih

  5. nama : Putri fatmasari
    nim : 877967794

    menurut saya solusi untuk anak yang belum mandiri saat di sekolah
    1.Biarkan Mereka Berusaha: Dorong anak untuk mencoba melakukan hal-hal sendiri. Meskipun hasilnya mungkin tidak sempurna, proses ini membantu mereka mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan pemecahan masalah.
    2.memberi contoh : Menjadi Teladan: Anak-anak belajar dari pengamatan. Tunjukkan kepada mereka bagaimana menyelesaikan tugas rumah tangga atau menghadapi tantangan sehari-hari dengan sikap positif
    3.beri pujian dan dorongan :Dukungan Emosional: Berikan pujian ketika anak berhasil melakukan sesuatu secara mandiri. Ini akan meningkatkan motivasi mereka untuk terus berusaha dan menjadi lebih mandiri
    Dalam tayangan video tersebut merupakan kejadian pada setiap awal tahun ajaran baru. Anak-anak pada umumnya merasa kaget melihat suasana yang baru dan lingkungan yang berbeda. Anak yang masih bergantung dengan orang tuanya atau belum mandiri merupakan hal yang wajar dan umum, namun demikian sebagai seorang guru hal tersebut merupakan tantangan dan menjadi PR untuk bisa mengatasinya supaya tidak berkelanjutan. Pemaparan dalam video di atas, saya sangat setuju dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk ditemani dengan orang yang menurut dia merasa aman dan nyaman, sambil belajar beradaptasi dan sebagai seorang guru kita melakukan pendekatan agar anak merasa aman dan nyaman. Secara emosional, anak sedang dalam proses memahami dan mengelola perasaan mereka. Mereka cenderung mudah merasa cemas atau takut ketika dihadapkan pada suasana baru atau situasi yang tidak familiar. Ketergantungan pada orang dewasa sebagai sumber rasa aman dan kenyamanan sangat tinggi pada usia ini. Yakinkan kepada mereka bahwa mereka aman bersama kita.

    terimakasih

  6. assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    nama : asriani
    nim : 838274036

    pada awal masuk sekolah anak kadang masih diantar bahkan tidak mau ditinggal oleh orang tuanya. anak masih ingin selalu di jaga oleh orang tuanya disaat disekolah. bahkan apa yang akan dilakukan anak tersebut harus selalu meminta bantuan oleh siapa pun. maka itu guru harus selalu memberikan motivasi kepada anak tersebut agar merasa nyaman jika berada disekolah walaupun tanpa orang tua.

  7. Assalamualaikum wr.wb
    NAMA : RIZKI ARIANSAPUTRI
    NIM : 877970635

    Disini saya anak meng analisi yang berjudul “belum mandiri”
    Dimana anak yang baru masuk ke TK anak tersebut masih mau di tunggu atau belum mau di tinggal.
    Di video yang saya lihat yaitu kebijakan seorang guru yang memberikan arahan kepada orang tua meninggalkan anak secara bertahap, sampai anak tersebut merasa nyaman. Melalui metode tersebut anak akan mandiri dengan sendirinya atau terbiasa.

  8. NAMA : TITIS FAMILIA
    NIM : 877301312
    UPBJJ : UT SURABAYA
    JUDUL VIDEO : ANAK BELUM MANDIRI

    Video ini sangat bermanfaat bagi guru untuk mengatasi masalah anak belum mandiri pada tahun ajaran baru. Pada setiap tahun ajaran baru guru menerima siswa dengan latar belakang dan kepribadian yang berbeda satu sama lain hal ini meyebabkan kemampuan anak dalam beradaptasi dan kemandirian berbeda-beda pula. Dari video tersebut terlihat Hal yang bisa dilakuakan guru untuk mengatasi anak yang belum mandiri pada awal tahun ajaran baru adalah guru mengajak anak untuk berkenalan dan harus sabar menunggu respon anak memberi kesempatan pada anak untuk menerima kehadiran guru dan mempercayainya selayaknya pengganti ibu, guru harus bersikap sabar, tenang, wajar agar merasa tenang dan nyaman berada di dekat guru, guru menyuruh orang tua untuk melepas anak disekolah secara bertahap, guru mengenalkan anak dengan teman yang pandai bersosialisasi untuk bermain bersama, serta guru harus tetap berapa dalam jangkauan anak agar ketika anak butuh bantuan guru selalu siap memberi pelayanan dan hal itu membuat anak merasa aman dan nyaman.Dan jangan lupa untuk memberi reward pada anak yang sudah bisa belajar mandiri.
    Terimakasih

  9. NAMA : TITIS FAMILIA
    NIM : 877301312
    UPBJJ : UT SURABAYA
    JUDUL VIDEO : ANAK BELUM MANDIRI
    Video ini sangat bermanfaat bagi guru untuk mengatasi masalah anak belum mandiri pada tahun ajaran baru. Pada setiap tahun ajaran baru guru menerima siswa dengan latar belakang dan kepribadian yang berbeda satu sama lain hal ini meyebabkan kemampuan anak dalam beradaptasi dan kemandirian berbeda-beda pula. Dari video tersebut terlihat Hal yang bisa dilakuakan guru untuk mengatasi anak yang belum mandiri pada awal tahun ajaran baru adalah guru mengajak anak untuk berkenalan dan harus sabar menunggu respon anak memberi kesempatan pada anak untuk menerima kehadiran guru dan mempercayainya selayaknya pengganti ibu, guru harus bersikap sabar, tenang, wajar agar merasa tenang dan nyaman berada di dekat guru, guru menyuruh orang tua untuk melepas anak disekolah secara bertahap, guru mengenalkan anak dengan teman yang pandai bersosialisasi untuk bermain bersama, serta guru harus tetap berapa dalam jangkauan anak agar ketika anak butuh bantuan guru selalu siap memberi pelayanan dan hal itu membuat anak merasa aman dan nyaman.Dan jangan lupa untuk memberi reward pada anak yang sudah bisa belajar mandiri.
    Terimakasih

  10. Nama : Surni
    Nim : 856285909

    Dari vidio tersebut Anak belum mandiri
    biasa kita jumpai saat ajaran baru dimana anak belum bisa mandiri karna anak belum dapat beradaptasi mengenali satu sama lainya baik dengan guru dan teman teman lainnya sebagai seorang guru dapat mengarahkan dengan perkenalan dengan guru dan teman teman serta lingkungan sekolah. sikap seorang guru dalam vidio tersebut sudah baik dalam menghadapi anak yaitu dengan membimbing anak bersosialisasi dengan teman teman lain agar anak bisa mandiri.

Leave a Reply