Anak Belum Mandiri

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.

Dwi Astuti

Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar selebihnya hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

3,750 Comments

  1. ijin memberikan tanggapan pada video berjudul ” anak belum mandiri ”
    video diatas memberikan inspirasi bagi saya sebagai seorang pendidik dalam memberikan penanganan yang tepat pada kondisi anak. semoga video mengenai pembelajaran seperti ini dapat terus berinovasi dan memberikan manfaat bagi semua orang.

  2. NAMA : PUTRI RENIKA
    NIM : 859801525

    Setelah menonton video tersebut tentang pencapaian siswa baru pada awal tahun ajaran, seorang guru perlu merencanakan kelas dengan baik agar dapat menerima anak-anak yang mengalami kesulitan beradaptasi. Guru juga harus memahami bahwa latar belakang setiap siswa berbeda-beda. Kemandirian anak tidak terbentuk secara instan, melainkan melalui proses yang panjang. Oleh karena itu, guru harus siap menciptakan suasana yang nyaman bagi siswa baru, terutama saat mereka harus berpisah dengan orang tua atau pengasuhnya.

  3. Assalamualaikum
    Nama : Melda Yani
    Nim : 859815483
    Pokjar : Rate-Rate

    Dalam video diatas yang berjudul “anak belum mandiri” yang sudah saya amati , memang betul setiap tahun ajaran baru selalu ada beberapa murid yang belum mandiri ingin ditunggui ibunya . Tetapi hal itu wajar terutama di usia dini, jika ia belum mandiri dan masih perlu perdampingan dari ibunya karena setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, pendampingan ibu dapat memberikan rasa aman bagi anak yang menjadi dasar penting sebelum ia berani mandiri. Maka dari itu kita sebagai pendidik perlu bersabar membangun kepercayaan anak dan juga memahami perasaan anak serta secara perlahan melatih kemandiriannya lewat kegiatan kecil sambil tetap melibatkan orang tua secara positif, sebagai pendidik juga kita harus selalu memberi pujian atas usaha kecil yang menunjukkan kemajuan kemandirian, misalnya anak mau bermain sebentar tanpa ditemani atau hal yang lain.

  4. Emmanuella Christianingsih (NIM 857986886)

    Saya sangat terkesan dengan cara pendidik tersebut membangun rasa aman dan kepercayaan pada anak-anak, sekaligus melibatkan orang tua dalam proses ini.
    Secara keseluruhan, pendekatan yang diperlihatkan dalam program video ini sangat berpusat pada anak dan memahami kebutuhan emosional mereka. Pendidik tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga pada psikologis anak, terutama di masa transisi yang mungkin menantang bagi sebagian besar siswa baru.
    Saya percaya bahwa praktik seperti ini sangat penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang positif sejak awal dan membangun fondasi yang kuat bagi perkembangan sosial dan emosional anak di sekolah. Pendidik ini patut diacungi jempol atas kesabaran, kelembutan, dan strateginya yang efektif dalam membantu anak-anak beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

  5. Nama: Risyma Wadda Nawavila
    NIM: 878198014
    Video pembelajaran dari portal Guru Pintar Online sangat bermanfaat bagi guru PAUD karena menyediakan berbagai metode pengembangan bahasa yang praktis dan aplikatif, seperti teknik bercerita yang melatih pendengaran dan memperkaya kosakata anak melalui media dan permainan peran. Video ini juga mudah diakses kapan saja dan di mana saja, memberikan fleksibilitas belajar yang sangat membantu guru dalam menyesuaikan waktu dan kebutuhan pembelajaran, Masukan dan saran untuk pengembangan video pembelajaran tersebut adalah, Menambahkan variasi metode pengembangan bahasa yang lebih beragam agar guru memiliki banyak pilihan sesuai karakteristik anak PAUD, Menyertakan contoh praktik langsung yang lebih interaktif dan mudah diikuti oleh guru pemula, Mengintegrasikan fitur tanya jawab atau forum diskusi untuk memperkuat interaksi dan pemahaman guru terhadap materi,
    Memperbaiki kualitas audio dan visual agar anak dan guru lebih nyaman saat menonton dan mengikuti pembelajaran.
    Secara keseluruhan, video dari Guru Pintar Online membantu meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam mengembangkan bahasa anak secara efektif dan efisien melalui media digital yang mudah diakses dan dipahami.

  6. Nama : Risyma Wadda Nawavila
    NIM : 878198014
    Video pembelajaran dari portal Guru Pintar Online sangat bermanfaat bagi guru PAUD karena menyediakan berbagai metode pengembangan bahasa yang praktis dan aplikatif, seperti teknik bercerita yang melatih pendengaran dan memperkaya kosakata anak melalui media dan permainan peran. Video ini juga mudah diakses kapan saja dan di mana saja, memberikan fleksibilitas belajar yang sangat membantu guru dalam menyesuaikan waktu dan kebutuhan pembelajaran.

    Masukan dan saran untuk pengembangan video pembelajaran tersebut adalah:

    Menambahkan variasi metode pengembangan bahasa yang lebih beragam agar guru memiliki banyak pilihan sesuai karakteristik anak PAUD.

    Menyertakan contoh praktik langsung yang lebih interaktif dan mudah diikuti oleh guru pemula.

    Mengintegrasikan fitur tanya jawab atau forum diskusi untuk memperkuat interaksi dan pemahaman guru terhadap materi.

    Memperbaiki kualitas audio dan visual agar anak dan guru lebih nyaman saat menonton dan mengikuti pembelajaran.

    Secara keseluruhan, video dari Guru Pintar Online membantu meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam mengembangkan bahasa anak secara efektif dan efisien melalui media digital yang mudah diakses dan dipahami.

  7. Nama : Ni Ketut Srisukaapti
    NIM : 859046019
    UPBJJ : Denpasar

    Secara umum, video ini sangat baik karena menunjukkan bahwa pendekatan emosional dan kerjasama dengan orangtua adalah kunci dalam pengembangan rasa percaya diri dan kemandirian anak. Guru berperan aktif sebagai figur pengganti orangtua yang memberikan rasa aman di lingkungan baru.
    Sebagai masukan, video ini dapat ditambah dengan contoh bagaimana guru juga membangun komunikasi verbal sederhana kepada anak, misalnya dengan kalimat-kalimat pendek yang memperkuat keterampilan berbahasa sambil menenangkan. Ini akan menguatkan aspek pengembangan kognitif anak, tidak hanya aspek sosial emosional.

  8. dalam vidio ini “anak belum mandiri” yang sudah saya amati,di awal masuk sekolah atau ajaran memang situasi yang sangat berat bagi pedidik di usia dini,di mana anak anak masih belum siap jauh atau pisah deng orang tuanya,kesiapan mental dan kesabaran pendidik sangat di butuhkan,cara pendidik untuk dapat mengambil hati anak anak yang baru adalah dengan membangun hubungan emosional dengan sentuhan lembut,pelukan,sapaan yang lembut,dengan cara ini anak akan merasa aman dan nyaman sehingga dapat mengalihkan perhatian dari orang tuanya,pendidik juga perlu didkusi dengan orang tuanya bagaimana karakteristik anak,karena setiap anak akn bereda cara menanganinya,vidio di atas sudah sangat baik dan dapat di terapkan.

  9. Izin berkomentar melalui video ini kesannya bagus skli yg seperti sy alami di sekolah pada saat penerimaan siswa baru peserta didik masih bersama orangtua disaat sdang KBM.
    Menurut sy video tersebut sangat membantu da dapat membawa wawasan untuk saya disaat mulai mengajar peserta didik.
    Sekian dan trima kasih

  10. Hallo perkenalkan saya Ruslianthi
    Nim: 858199234

    Dari vidio di sesi 2 ini itu sangat -sangat berguna dan besar pembelajarannya untuk diri saya sendiri sehingga melalui vidio tersebut saya bisa belajar cara menangani anak didik saya tersebut.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777