silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Yessi Nirwana
NIM : 859810929
Guru memegang peranan krusial dalam pendidikan anak usia dini, tidak hanya dalam aspek akademis tetapi juga dalam pengembangan emosional dan sosial mereka. Pendidikan pada tahap ini haruslah interaktif dan menyenangkan, bukan sekadar fokus pada materi pelajaran. Penting bagi pendidik untuk menarik minat dan rasa ingin tahu anak-anak, dengan memahami bahwa bermain merupakan cara belajar yang mereka sukai. Jika seorang anak tampak enggan untuk berpartisipasi, guru harus proaktif mengeksplorasi penyebabnya, yang bisa jadi berkaitan dengan kecemasan, hambatan belajar, konflik dengan teman sebaya, atau ketidaknyamanan dengan lingkungan sekolah. Komunikasi yang efektif dengan anak dan orang tuanya adalah kunci untuk mengungkap masalah tersebut. Berbagai strategi dapat diimplementasikan untuk mengatasi kendala ini, termasuk menyediakan pilihan lingkungan belajar yang beragam dan mengatur jadwal bermain yang konsisten. Terlebih lagi, sangat penting bagi guru untuk mengenal setiap anak secara pribadi dan menciptakan suasana belajar yang mendukung agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
Nama : Lestari Ningsih
NIM : 857814565
Setelah melihat Video dengan judul ‘Anak Mogok Tidak Mau Belajar’
Saya sebagai guru harus lebih perhatian kepada semua anak didik saya, dan harus lebih hati-hati dalam berinteraksi kepada anak didik.
Karena penyebab anak mogok tidak mau belajar adalah : Takut (kepada Guru atau temannya), tidak mampu menyelesaikan kegiatan yang diberikan Guru, bertengkar, dan sakit hati karena ucapan atau tindakan Guru.
Alhamdulillah terimakasih dengan vidio ini saya jadi tahu cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar..
Dan dengan vidio ini saya busa belajar dan berusaha untuk bisa menanganinya dengan semaksimal mungkin
Salam kenal..
Selama saya menyimak vidio ini saya jadi bisa belajar tentang anak yang mogok tudak mau belajar,
Didalamnya juga menangani kasus anak yang mogok belajar, jadi setelah menyimak vidio ini sya bisa mempraktikannya kepada anak didik saya
nama : anisa laratita
nim : 856257268
pengembangan bahsa anak
udul video ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Setelah menonton video ini,menurut saya guru sangat berperan penting dalam kondisi di dalam kelas,karena pembelajaran di PAUD pasti akan banyak mendapatkan karakteristik anak yang berbeda-beda dan unik.Oleh karena itu sebagai guru kita harus memahami dulu karakteristik anak didik kita.
Apabila ada kendala dalam menghadapi anak yang belum mau belajar saat disekolah,kita sebagai guru harus membuat strategi baru agar anak tersebut mau ikut kegiatan dikelas.Dan bila hal tersebut tidak efektif kita akan memanggil orang tua siawa tersebut dan melakukan pertemuan untuk membahas sikap yang terjadi pada anak.Agar kita sebagai guru dapat mengetahui alasan lain mengapa anak mogok belajar bareng teman,setelah mengetahui alasannya kita dapat memberikan kegiatan yang disukai anak tersebut.
Dari video ini banyak sekali ilmu yang bermanfaat yang dapat kita terapkan dalam pembelajaran di sekolah.
solusinya denganm cara
guru mengali masalah ini kerpada anak atau orang tua untuk mengetahui pengembangan anak mogok belajar dengan mengajukan beberapa pertanyaan kenapa tidak mau sekolah .
nama : anisa laratita
nim : 856257268
pengembangan bahsa anak
judul video ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Setelah menonton video ini,menurut saya guru sangat berperan penting dalam kondisi di dalam kelas,karena pembelajaran di PAUD pasti akan banyak mendapatkan karakteristik anak yang berbeda-beda dan unik.Oleh karena itu sebagai guru kita harus memahami dulu karakteristik anak didik kita.
Apabila ada kendala dalam menghadapi anak yang belum mau belajar saat disekolah,kita sebagai guru harus membuat strategi baru agar anak tersebut mau ikut kegiatan dikelas.Dan bila hal tersebut tidak efektif kita akan memanggil orang tua siawa tersebut dan melakukan pertemuan untuk membahas sikap yang terjadi pada anak.Agar kita sebagai guru dapat mengetahui alasan lain mengapa anak mogok belajar bareng teman,setelah mengetahui alasannya kita dapat memberikan kegiatan yang disukai anak tersebut.
Dari video ini banyak sekali ilmu yang bermanfaat yang dapat kita terapkan dalam pembelajaran di sekolah.
solusinya denganm cara
guru mengali masalah ini kerpada anak atau orang tua untuk mengetahui pengembangan anak mogok belajar dengan mengajukan beberapa pertanyaan kenapa tidak mau sekolah .
Nama : SINDI DAFITA SARI
NIM :856253973
JUDUL VIDIO : ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
Setelah menonton video ini menurut saya guru sangat berperan penting dalam kondisi di dalam kelas karena pembelajaran di PAUD pasti pasti banyak karakteristik anak yang berbeda-beda dan unik Oleh sebab itu guru berperan penting dalam memahami karakteristik anak-anak Menurut saya anak mogok tidak mau belajar bisa anak merasa bosan dengan permainan atau pembelajaran yang biasa guru lakukan, guru harus Bisa menjadi guru yang menyenangkan, guru bisa memberikan yo Inovasi dan kreativitas sesuai manfaat anak guru Mencari Alasan penyebab kenapa seseorang anak tersebut tidak mau belajar dan dalam video di atas guru sudah baik menangani anak yang mogok tidak mau belajar dan guru melakukan tahapan agar anak merasa nyaman dan aman
Guru memiliki peran penting dalam pendidikan anak usia dini, membantu anak-anak belajar, mengendalikan emosi, bersosialisasi, dan mengembangkan nilai-nilai. Mereka harus fokus pada kesenangan dan membuat anak-anak tetap tertarik, dengan memahami bahwa anak-anak lebih suka bermain. Jika seorang anak ragu-ragu, guru harus mengatasi alasan-alasan seperti rasa takut, kesulitan, atau ketidakpuasan terhadap guru. Solusi yang dapat diberikan antara lain waktu bermain yang diatur dan lingkungan belajar yang personal.
Pentingnya peran seorang guru untuk menangani anak yang tidak mau belajar bersama dengan temannya. Guru perlu menggali lebih jauh penyebab anak tidak mau belajar. Selain itu penting juga membicarakan hal ini denga orang tua murid
Nama : Zaini
NIM : 858921884
Judul video : anak mogok tidak mau belajar.
Menurut pendapat saya, peran guru sangatlah penting dalam kondisi pembelajaran di kelas, karena di dalam kelas terdapat berbagai macam karakteristik anak yg berbeda beda dan unik. Mogok belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu anak merasa bosan dengan permainan dan pembelajaran yang guru lakukan di dalam kelas. Menurut pendapat saya, tindakan guru di dalam video tersebut sudah baik dalam menangani anak yanh mogok tidak mau belajar dan guru melakukan tahapan agar anak merasa nyaman dan aman.