silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama :Salwati
Nim :858315254
UPBJJ : Banjarmasin
Vidio yang di tampilkan bagi saya sangat baik dan bermamfaat sekali karna dapat menambah pengalaman saya bagaimana cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar, selama ini saya sering sekali mendapati tingkah laku anak seperti itu yang tidk mau belajar akibat ada pertengkaran bersama teman-temannya sehingga anak menangis dan tidak mau belajar.
Video tersebut memberikan manfaat yang luar biasa untuk saya. Memberikan informasi pengetahuan untuk mengatasi anak yang mogok belajar dengan mencari tau penyebab nya melalui pendekatan yang berpusat pada anak seperti menanyakan untuk menggali informasi penyebab anak mogok belajar, memotivasi anak agar mengungkapkan perasaan nya mengapa mogok belajar dan guru boleh memberikan kesempatan dan kesepakatan belajar dengan anak.
Setelah menonton video ini,menurut saya guru sangat berperan penting dalam kondisi di dalam kelas itu dikarenakan pembelajaran di PAUD pasti akan banyak mendapatkan karakteristik anak yang berbeda-beda dan unik.Oleh karena itu sebagai guru kita harus memahami dulu karakteristik anak didik kita.Guru juga memiliki beberapa upaya untuk mengatasi anak yang mengalami mogok atau tidak mau belajar seperti :
a. Guru menggali keterangan dari orang tua maupun anak dengan mendatangi kerumah maupun mengundang orang tua dan anak datang kesekolah untuk mengetahui mengapa anak mogok belajar dan mengajukan beberapa pertayaan-pertanyaan.
b. Setelah mendapatkan jawaban dari orang tua maupun anak apa yang menyebabkan anak tersebut mogok belajar guru mencari solusi dengan memberikan pilihan kepada anak apakah mau belajar bersama teman-teman atau ditempat yang menyenagkan.
c. Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan bermain diluar misalnya seperti memperkenalkan anak pada lingkungan sekitar, benda benda sekitar serta permainan yang ada di lingkungan sekitar, baik permainan tradisional maupun modern.
Nama : Shinta Putri Nurazizah
NIM : 877320527
Prodi : S1 PGPAUD
Pendekatan guru tersebut sangatlah baik dalam mengelola konflik di ruang kelas. Mengajarkan anak-anak untuk mengungkapkan perasaan mereka dengan kata-kata daripada dengan tindakan fisik adalah pelajaran yang sangat berharga. Selain itu, memberi anak-anak kesempatan untuk berbicara dan merasa didengar dapat membantu mereka memahami perasaan mereka dan membangun keterampilan dalam menyelesaikan konflik secara damai. Langkah-langkah guru tersebut mempromosikan empati, komunikasi yang efektif, dan pemecahan masalah secara konstruktif di antara anak-anak.
Nama : Serni Yanti Aluhu
NIM : 859957447
Setelah menonton vidio ini menurut saya guru memiliki peran yang penting di dalam mengatasi anak yang mogok belajar.karena tugas utama guru adalah menghidupkan obor belajar bagi anak-anak.sehingga menjadi tugas guru untuk mengetahui alasan mengapa anak mogok belajar.vidio ini sangat memotivasi saya sebagai guru karena mengajarkan kepada saya apa yang harus di lakukan ketika mengatasi anak yang mogok belajar
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Misnandeni
NIM : 856242308
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : Kota Padang
Judul Video : ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Seorang guru memiliki tugas yaitu :
– Mengembangkan rasa ingin tahu anak
– Kemampuan mengelola emosi
– Kemampuan berhubungan sosial dan etika
Yang perlu diperhatikan oleh seorang guru anak usia dini yaitu penting bagi mereka menghidupkan obor belajar bagi anak, Jika anak mengalami bosan belajar maka guru dapat melakukan kegiatan pengaman dan pengayaan selama anak tertarik. Dalam video seorang guru sudah melakukan tugasnya dengan baik. jika seorang anak mogok belajar guru harus bisa masuk dalam dunia anak tersebut apa yang membuat anak tersebut mogok belajar, kalau anak itu menangis guru memeluk anak itu sambil bertanya apa yang terjadi.
salah satu tugas seorang guru yaitu :
1. Membentuk motivasi dalam diri anak
2. Membangkitkan rasa ingin tahu anak
3. Guru harus mengetahui bahwa dunia anak adalah bermain
4. memuaskan rasa ingin tahunya atas segala sesuatu hal.
Nama saya : Leny Marlina
NIM : 855868862
Jurusan : S1 PG PAUD
Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Menurut saya video ini adalah :
Dalam video tersebut guru menjadi pemegang kunci dalam pengelolaan kelas. Maka dari itu, guru harus dapat membangun semangat anak – anak, guru juga dapat menjadi motivator bagi anak-anak, dan guru yang juga merupakan fasilitator di kelas. Sehingga guru juga harus memberikan kepada anak kesempatan untuk memberikan pendapat. Setelah mendengar pendapat anak atau perasaan anak maka guru harus dapat memberikan pendapat atau merespon anak atas apa yang disampaikan anak kepada guru. Guru juga harus dapat berpikir secara cepat agar setiap permasalahan yang ada di kelas dapat terselesaikan dengan cepat.
Terima kasih.
Nama : Elizabet
NIM : 856050827
UPBJJ : MEDAN
Jurusan : S1 PGPAUD
“Guru menjadi pemegang kunci dalam pengelolaan kelas. Maka dari itu, guru harus bisa membangun semangat anak – anak dan guru yang juga merupakan fasilitator di kelas. Sehingga guru juga harus memberikan kepada anak kesempatan untuk memberikan pendapat. Setelah mendengar pendapat anak atau perasaan anak maka guru harus bisa memberikan pendapat atau merespon anak atas apa yang disampaikan anak kepada guru. “
Nama : Ebah Junita
Nim : 857248451
Untuk mengatasi rasa malas belajar anak, cara yang efektif adalah menjadikannya aktivitas seru dan menyenangkan. Contohnya, menunjukkan ekspresi “penasaran” atau “bertanya-tanya” dengan jelas dan antusias ketika berhadapan dengan si Kecil, serta memanfaatkan hal-hal di sekitar untuk materi pembelajaran
Nama : Rara Putri Talaperu
NIM : 858966031
UPBJJ : Jember
Pendekatan yang disajikan dalam video tersebut sangat penting dalam membantu anak-anak PAUD/TK memahami dan mengatasi konflik secara positif. Guru memberikan contoh langsung tentang cara mengelola emosi dan konflik dengan pendekatan yang lembut dan mendukung. Pembelajaran semacam ini tidak hanya bermanfaat bagi guru-guru PAUD/TK untuk mengembangkan keterampilan manajemen kelas, tetapi juga bagi anak-anak untuk memahami pentingnya komunikasi yang baik, empati, dan penyelesaian konflik tanpa kekerasan.