silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Sartika
    NIM : 858304839
    Prodi : S1 PG PAUD
    Benar saja ada banyak penyebab anak mogok tidak mau belajar dan yang sering di temui karena takut dengan teman jadi kita sebagai seorang guru harus lebih memperhatikan tindakan anak-anak jangan sampai mengganggu anak lain yang sedang belajar karena ada beberapa anak yang tidak langsung melaporan kejadian yang dialaminya sehingga membuatnya takut untuk datang ke sekolah

  2. Assalamu’Alaikum
    Selamat Malam

    Nama : Idawati H
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ: UT Samrinda (Bontang)

    Ijin menjawab:
    Video: Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Apabila anak mogok tidak mau belajar, guru dapat memberikan pilihan ruang tempat bermain yang diinginkan anak dengan membuat kesepakatan dengan anak dengan membatasi waktu yang disepakati dengan anak. Pembeatasan waktu bermain perlu disepakati dengan anak, hal ini juga merupakan pembelajaran yang dilakukan guru dengan anak.
    Terima kasih.

  3. Nama : Dyah Ayu Krisnasari
    NIM : 857859077
    Anak Mogok Tidak Mau Belajar, itu tantang saya ketika saya mengajar. sering kali ada beberapa anak yang mengalami hal tersebut, terkadang anak yang mogok belajar ketika ada disekolah dikarenakan anak tersebut sudah marah pada waktu di rumah sehingga anak tersebut tidak mempunyai semangat untuk belajar. Setelah saya melihat video tersebut membuat saya paham bagaimana membujuk anak ketika anak mengalami hal tersebut.

  4. Nama : Fitriana
    NIM : 859539906
    Prodi : S1 PGPAUD
    Untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar, guru harus melakukan pendekatan dengan lemah lembut dan mencari akar permasalahan mengapa anak mogok tidak mau belajar. Salah satu penyeban anak mogok tidak mau belajar adalah karena gangguan dari temannya, untuk itu kita sebagai dewan guru harus lebih memperhatikan anak-anak agar tidak saling mengganggu.

  5. Nama : Meri Andriyani
    NIM : 837287427

    Dalam program video ini, diperlihatkan tindakan yang dilakukan oleh seorang guru Taman Kanak-kanak saat menghadapi situasi di mana seorang anak memukul atau menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tersebut, terlihat bahwa guru menghampiri anak yang memukul atau menangis, kemudian meminta anak tersebut untuk berhenti memukul atau menangis dan menjadi tenang. Jika anak masih belum tenang (masih marah atau menangis), guru tersebut memeluk anak tersebut, lalu bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengenai alasan anak tersebut memukul atau menangis.
    Selanjutnya, guru berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul atau menangis. Guru juga memberitahu anak tersebut agar mengungkapkan apa yang ingin disampaikannya dengan kata-kata, bukan dengan memukul atau menangis, agar temannya dapat mengerti. Selain itu, guru meminta anak untuk melaporkan atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
    Memfasilitasi Komunikasi Terbuka: Meminta anak untuk melaporkan atau menceritakan kepada guru jika ada masalah atau gangguan dari teman-temannya adalah cara yang efektif untuk mempromosikan komunikasi terbuka dan membangun kepercayaan antara anak dan guru.

  6. NAMA : YANTI HANDINI
    NIM : 858451034
    VIDIO : ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR

    Menurut saya, apa yang di lakukan guru sudah baik,ketika di sekolah menghadapi anak yang mogok belajar, yang kita lakuakan adalah melakukan pendekatan persuasif, seperti yang sudah dilakukan oleh guru tersebut,ketika tidak ditemukan penyebab mogoknya di sekolah, maka sudah tepat yang di lakukan guru tersebut adalah, menemui orang tua murid untuk menanyakan penyebabnya.
    sebagai pendidik, guru harus memahami langkah langkah ketika mengalami kendala dalam memberikan pembelajaran, biasanya anak mogok belajar di sebab kan oleh, anak merasa tidak nyaman di lingkungan sekolah, anak tidak memiliki teman, anak kesulitan memahami pelajar,dan orang tua kurang memberikan perhatian. apa bila guru sudah paham tentang hal ini, maka ketika anak mogok belajar, guru akan segera menemukan solusinya.

  7. Guru sangat berperan penting dalam kondisi di dalam kelas karena dalam pembelajaran PAUD pasti karakteristik anak berbeda-beda dan unik. Oleh sebab itu guru berperan penting dalam memahami karakteristik anak-anak . Menurut saya anak mogok tidak mau belajar bisa anak merasa bosan dengan permainan atau pembelajaran yang biasa guru lakukan, guru harus Bisa menjadi guru yang menyenangkan, guru bisa memberikan yo Inovasi dan kreativitas sesuai manfaat anak guru Mencari Alasan penyebab kenapa seseorang anak tersebut tidak mau belajar dan dalam video di atas guru sudah baik menangani anak yang mogok tidak mau belajar dan guru melakukan tahapan agar anak merasa nyaman dan aman.

  8. Nama : Laily nur azizah
    NIM : 857994661

    Dalam video digambarkan cara guru mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar dalam video ini sangat bagus karena dengan memahami penyebabnya, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membangun komunikasi yang efektif, menyesuaikan metode belajar, memberikan dukungan dan motivasi, melibatkan orang tua, guru dapat membantu anak untuk kembali bersemangat belajar dan mencapai potensi mereka. Video ini sangat bermanfaat bagi guru PAUD. Terima kasih.

  9. NAMA : SALWA QABILAH
    NIM : 859520955
    JUDUL : ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR

    Ada banyak alasan mengapa anak mogok tidak mau belajar yaitu anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas yang dia tidak mampu menyelesaikannya sedangkan anak lain bisa, bertengkar dengan teman, atau ia merasa sakit hati atas perkataan dan perbuatan sang guru. Menurut saya bila ada anak yang mogok tidak mau belajar di kelas berilah waktu anak belajar sambil bermain sebentar. Jika mood anak sudah membaik barulah ajak kembali belajar dengan menerangkan kembali supaya semua anak paham.

  10. Assalamu’alaikum saya Larasati Nugroho dengan NIM 857246085 PRODI S1 PG PAUD, Izin menanggapi diskusi.

    • Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Setiap guru perlu memahami bahwa tugas utama mereka adalah menghidupkan obor belajar bagi anak-anak dan tidak hanya menekankan pada kecerdasan anak saja.
    1. Setiap guru berperan untuk membentuk motivasi anak dan membangkitkan rasa ingin tahu pada anak
    2. Dunia anak usia dini adalah bermain sehingga jika AUD ingin bermain berarti mereka ingin belajar mengetahui sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya.

    Jika anak mogok dalam belajar bisa terjadi karena hal berikut :
    1. Anak takut
    2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia belum mampu mengerjakan.
    3. Anak bertengkar dengan teman sekelasnya
    4. Anak merasa tersinggung terhadap ucapan atau sikap guru terhadap dirinya.

    Disini saya menyimpulkan bahwa pendidikan level usia dini memang harus di lakukan dengan cara yang menyenangkan. Jadi guru perlu memberi ruang bagi anak untuk memenuhi fitrahnya yaitu bermain sambil belajar.
    Sebagi guru kita perlu mengetahui penyebab anak tidak mau sekolah. Kita bisa membujuk dan melakukan evaluasi bersama orang tua. juga tak lupa memberi ruang bagi anak untuk mengutarakan keinginannya.

Leave a Reply