silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Setelah melihat video yang tersebut yang berjudul “Anak mogok tidak mau belajar” dengan temannya terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi yaitu anak takut, anak di paksa untuk mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu mengerjakannya sementara anak-anak yang lainnya sudah mampu mengerjakan, bertengkar dengan teman sekelasnya, mungkin saja anak sakit hati dengan capan/perkataan guru terhadap dirinya.
Jika guru sudah mengetahui permsalahn tersebut maka Solusi yang harus dilakukan yaitu guru melakukan home visit dengan menggali informasi dari anak maupun orang tua untuk mengetahui penyebab kenapa anak mogok tidak masuk belajar.
Nama : DIA FITRIA TSANY
NIM : 858755812
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Setelah melihat video tersebut yang berjudul “Anak mogok tidak mau belajar” dengan temannya terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi yaitu anak takut, anak di paksa untuk mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu mengerjakannya sementara anak-anak yang lainnya sudah mampu mengerjakan, bertengkar dengan teman sekelasnya, mungkin saja anak sakit hati dengan capan/perkataan guru terhadap dirinya.
Jika guru sudah mengetahui permasalahan tersebut maka solusi yang harus dilakukan yaitu guru melakukan home visit dengan menggali informasi dari anak maupun orang tua untuk mengetahui penyebab kenapa anak mogok tidak mau belajar.
NAMA : MUHAYATI NUFUS
NIM. : 857247395
ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
dalam video di atas sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru tk yang kadang tiba tiba ada salah satu anak yang tidak mau masuk kelas, Banyak faktor yang bisa di temukan. mungkin saja karena berinteraksi dengan teman atau juga karna takut. dalam video tersebut mampu memberikan motivasi kepada anak agar mau melakukan kegiatan pembelajaran.
Nur Farha 859695963
Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru atau pendidik dalam mengatasi permasalahan didalam kelas seperti anak mogok tidak mau belajar, sehingga kegiatan belajar mengajar lebih efektif.
Videonya sangat bermanfaat dan mudah dipahami. Memberikan solusi bagaimana menangani saat ada kasus “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” ketika pembelajaran berlangsung dikelas.
Terima kasih🙏
NAMA : NIRAKHOIRIYAH
NIM : 857991627
Video yang bermanfaat serta bisa di implementasikan dalam lembaga saat terjadi kasus serupa. kesimpulan dalam kasus ini menurut saya yang paling penting adalah mencari penyebab dari anak tersebut mogok belajar ( mengapa ) baru kemudian di lakukan analisis lebih lanjut tentang jawaban anak menurut alasan mengapa ia mogok belajar dan di cari solusi nya sehingga anak mau belajar kembali di sekolah bersama dengan teman teman nya.
Nama: Nurul Azizah
NIM/Semester: 859678863/2
1. Memberikan contoh konkret tentang bagaimana seorang guru Taman Kanak-kanak menangani konflik antar anak secara empatik dan bijaksana.
2. Mengajarkan kepada penonton tentang pentingnya mengajarkan anak-anak cara mengelola emosi mereka secara positif, seperti berhenti, memahami perasaan mereka, dan mencari solusi damai.
3. Mendorong anak-anak untuk mengungkapkan perasaan dan kebutuhan mereka dengan kata-kata, bukan dengan tindakan agresif.
4. Menekankan pentingnya komunikasi terbuka antara anak-anak dan guru, dengan mengajarkan anak-anak untuk melaporkan masalah atau ketidaknyamanan mereka kepada orang dewasa yang dapat membantu.
NAMA : NELA NISA’IR RIFQI
NIM : 877319998
salah satu tugas seorang guru ialah mengembangkan rasa ingin tahu anak,jika anak mengalami mogok belajar tentu menjadi masalah serius bagi guru. Dalam video tersebut berisi tentang cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar. Seringkali disebabkan karena anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas yang anak tidak mampu, bosan, atau tidak percaya diri. Pertama-tama yang harus dilakukan guru yaitu mencari penyebab mengapa anak mogok belajar, kemudian bisa diatasi dengan cara mendatangi anak kerumah menanyakan langsung didepan orang tua, mengapa tidak mau sekolah, kemudian mencari solusi yang dapat menyebabkan anak semangat belajar lagi. Saran untuk portal GPO dalam video anak mogok tidak mau belajar mungkin percakapan atau obrolan anak dengan guru lebih ditampakkan agar kita lebih mudah untuk memahami.
Video yang berjudul anak mogok tidak mau belajar menyajikan tips bagi guru untuk menangani anak yang mogok tidak mau belajar dengan temannya. Jika anak mogok tidak mau belajar atau bergabung dengan temannya terdapat beberaa kemungkinan yang bisa terjadi pertama anak takut, yang kedua anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia sendiri tidak mampu untuk mengerjakannya sementara anak lainnya sudah bisa melakukan, yang ketiga mungkin anak bertengkar dengan teman sekelasnya, dan yang terakhir mungkin anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru terhadap dirinya. Jika guru sudah mengetahui alasan mengapa anak mogok sekolah maka solusi yang dapat diberikan kepada anak antara lain guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orangtua dengan homevisit untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar dengan mengajukan beberapa pertanyaan kenapa tidak mau masuk sekolah padahal ibu guru dan teman-temannya sudah sangat kangen, jika anak masih belum berani masuk sekolah maka dapat diberi pilihan apakah mau belajar dengan teman dikelas atau diruang lainnya misalnya dikantor kepala sekolah atau perpustakaan kadangkala terjadi bahwa anak mogok karena merasa bosan di kelas, pada kasus seperti ini maka guru boleh memberikan kesempatan pada anak untuk bermain dengan waktu yang telah ditentukan atau disepakai bersama, jika permasalahan tersebut disebabkan karena anak merasa bosan maka guru dapat melakukan kegiatan pengaman atau pengayaan selama anak tertarik walaupun materi dan cara belajar yang dilakukan oleh anak berbeda dengan anak lainnya. Sebagai guru memiliki tugas untuk mengembangkan rasa ingin tahu anak, kecerdasan intelektual, dan kemampuan mengelola emosi serta kemampuan sosial dan etika. Sehingga video ini sangat bermanfaat karena berisi tentang pengembangan sosial emosional anak dengan kasus anak mogok tidak mau belajar.
Nama : FERIKA NURFADILAH
Nim : 857631808 Semester 2 matkul profesional guru paud Diskusi.5
menurut saya apa yang sudah di lakukan oleh guru itu sudah sangat baik, saat anak mogok bicara yang dilakukan oleh guru adalah mendekatkannya, dan juga bertanya kepada orang tuannya, nah saat inilah guru harus memahami tingkah laku dari anak muridnya, guru harus membuat suasana mengobrol yang santai dan menyenangkan bagi anak, anak yang mogok bicara bisa jadi merupakan salah satu sebab jarang di ajak untuk berkomunikasi dengan baik oleh orang tuannya, disini jug guru harus memilikiketerampilan mengajar dan bertanya agar anak mengemukakan pendapatnya dalam belajar.