silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
assalamu’alaikumwr.wb
SITI CHOERIAH
857528811
Sebagai seorang guru kita harus bisa memahami apa yang sedang dialami anak sehingga ia mogok tidak mau belajar. kita harus bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar anak lebih bersemangat karena sejatinya anak usia dini merupakan fase yang sangat sensitif lebih menekankan belajar sambil bermain. selain itu juga pendidikan tidak hanya berfokus pada peningkatan kecerdasan saja akan tetapi juga pada berbagai aspek seperti etika, keterampilan sosial.
Nama : Nur afifah
NIM : 857757655
Menurut saya vidio di atas sangat bermanfaat bagi saya yang masih belajar untuk menyikapi anak yang “MOGOK TIDAK MAU BELAJAR”
di sini kita harus lebih bisa memahami situasi hati anak supaya anak bisa semangat belajar dan kita harus lebih kreatif saat membujuk anak supaya mereka mau belajar kembali
Video ini mengangkat judul yang menarik dan sesuai dengan yang dihadapi oleh para pendidik dan orang tua. Video ini sangat bermanfaat karena memberikan informasi mengapa anak tidak mau belajar, salah satu masalahnya adalah mereka merasa takut dan merasa dipaksa untuk mengerjakan sesuatu yang belum mampu untuk ia kerjakan. Selain itu, dalam video juga memberikan Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti melakukan wawancara yang dapat menggali keterangan mendalam dari anak dan orang tua melalui kunjungan kerumah anak.
Nama : Lenni Pandiangan
Nim : 856487129
Tema : Anak Mogok Sekolah
Disini dijelaskan mengenai anak yang tidak mau belajar dikarenakan anak merasa takut, anak merasa tidak bisa melakukan tugas, anak bertengkar dengan temannya, dan langkah-langkah yang dilakukan oleh guru adalah: menggali keterangan mengenai anak yang tidak mau sekolah dengan mewawancarai orang tuanya, kemudian anak diberikan pilihan untuk belajar yang dia inginkan seperti jika dia bosan berada di ruangan kelas , guru memberikan pilihan kepada anak untuk belajar di ruangan lainnya seperti ruangan perpustakaan atau kantor.
Saran saya setelah menganalisa video tersebut adalah supaya anak tidak mogok belajar, guru harus menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak melalui kegiatan bermain yang beraneka ragam supaya anak tidak bosan. Memberikan aktivitas yang bermamfaat bagi anak dengan kegiatan-kegiatan mewarnai,menggambar maupun menempel kertas origmani menjadi satu bentuk
Haloo nama saya nadia oktaviani
saya akan memberikan pendapat saya mengenai anak yang tidak mau belajar/mogok belajar
Sebagai guru, ketika ada anak yang tidak mau belajar bagaimanakah cara kita mengatasinya?
Cara kita mengatasi anak yang mogok belajar yakni dengan kita ialah mengevaluasi sebab anak tidak mau belajar, jika anak tidak mau belajar sebab bosan, maka guru harus merubah strategi pembelajaran yang lebih menyenangkan agar anak tertarik lagi untuk mengikuti pembelajaran
Nama : ZERLINA WULANDARI
NIM : 858936308
Anak mogok tidak mau belajar
Dari video tersebut guru perlu mengetahui bagaimana perasaan anak ketika pembelajaran untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dialami anak sehingga meminimalkan anak mogok tidak mau belajar yaitu bisa dengan mengajak anak berpetualang, memberikan pembelajaran yang disukai anak sehingga anak tidak akan merasa bosan dan pembelajaran menjadi menyenangkan. jadi, guru perlu banyak melakukan pendekatan kepada anak baik secara langsung maupun tidak langsung untuk memberikan motivasi anak agar semangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Terima kasih.
Nama : Fimanila Nina Amelia
Nim : 859685006
Video tersebut sangat bermnafaat bagi saya karena menjelaskan tentang strategi bagaimana mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar, guru juga harus mengetahui alasan mengapa anak mogok tidak mau belajar.
Yang mungkin disebabka karena kurangnya minat terhadap pembelajaran, pembelajaran yang kurang menyenangkan atau anak kesulitan dalam memahami pembelajaran,
Maka dari itu penting bagi guru untuk guru juga harus mengetahui alasan mengapa anak mogok tidak mau belajar. Dan juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta memberikan kegiatan yang sesuai perkembangan anak,
Nama: Yuninda Ashari
NIM:859687966
UPBJJ: UT Bandar Lampung
Pada pembelajaran yang dilakukan untuk anak usia dini harus dilakukan dengan cara menyenangkan titik salah satu tugas guru adalah memotivasi anak penyebab anak mogok tidak mau belajar yaitu
1. Kurangnya motivasi: anak mungkin tidak terlihat tujuan dari pelajaran, sehingga tidak termotivasi untuk belajar
2. Tekanan akademis: tuntutan yang tinggi dari sekolah atau orang tua dapat membuat anak merasa terbebani dan kehilangan minat.
3. Masalah emosional: anak yang mengalami stres, kecemasan atau masalah pribadi lainnya mungkin sulit fokus pada belajar
4. Metode pembelajaran yang kurang menarik: materi yang disajikan dengan cara yang membosankan atau tidak sesuai dengan gaya belajar yang anak dapat membuat mereka kehilangan minat.
Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya: ciptakan lingkungan belajar yang nyaman, buat jadwal belajar yang fleksibel dan berikan motivasi dan penghargaan.
NAMA : ANDRIANI
NIM : 857860064
Dari video tersebut sangat bermanfaat sekali. Banyak hal-hal yang spesifik yang dijelaskan untuk menangani anak yang mogok tidak mau belajar. Karena setiap anak memilki karakter yang berbeda-beda, maka penanganannya pun juga melalui tanggapan yang berbeda-beda. Yang terpenting, semua sesuai dengan kapasitas yang anak miliki sehingga anak mampu menerimanya dengan menyesuaikan kemampuannya. sebagai pendidik, dengan adanya video tersebut sangat membantu pendidik untuk lebih mengimprovisasi penanganan anak yang masih mogok belajar.
Nama : Nurlela
NIM : 856636313
Pada video yang berjudul ” anak mogok tidak mau belajar”, saya sependapat dengan apa yang dilakukan oleh guru yaitu memberikan kesempatan kepada anak tersebut untuk tetap melakukan pembelajaran sesuai keinginananya namun tetap dalam pengawasan guru sehingga anak merasa dihargai keputusannya,karena ketika anak mogok tidak mau belajar bisa disebabkan beberapa faktor seperti merasa bosan sehingga guru memberikan solusi kepada anak untuk tetap belajar dengan cara yang dia kehendaki.