silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Nurul Rahmawati
NIM : 857535261
Berdasarkan video tersebut, saya dapat mempelajari bahwa apabila anak sedang tidak ingin bermain dengan temannya, maka cara untuk mengatasinya sebagai seorang guru adalah dengan merayu anak yang sedang tidak bergairah bermain supaya anak dapat terbuka dan memberi tahu guru alasan anak tersebut menangis dan memukul temannya . Jika hal ini terjadi di kelas saya, maka saya sudah dapat mengambil langkah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Nama : Juliana
Nim: 858098189
Judul : anak mogok tidak mau belajar
Ada beberapa hal yang bisa kita petik dari video diatas yaitu, ketika anak tidak mau belajar disekolah atau sudah 1 mingguan tidak mau, kita perlu melakukan visitasi, visitasi ini berguna untuk emncari tau lebih dalam tentang kenapa anak tidak mau sekolah, apakah anak merasa terbebani, atau ada faktor lain yang mempengaruhinya. Guru selaku perwakilan dari sekolah perlu menjalin kerjasama dengan orangtua untuk sama-sam mencari cara suapaya anak kembali merasa senang dan aman berada disekolah. Saya juga sependapat dengan video diatas untuk minggu-minggu awal setelah kejadian anak perlu diperhatikan dengans seksama misalnya gaya berbicara bersama temannya, ketika mau belajar jika anak mau dan bersedia bisa belajar dilingkungan atau grou yang kecil terlebih dahulu untuk dipupuk rasa keberanian dan rasa aman dikelas.
nama : melati
Nim : 859888754
Video ini membahas topik yang penting dan sering dihadapi oleh para guru dan orang tua, yaitu anak yang mogok belajar. Hal ini bisa menjadi masalah yang membuat frustrasi bagi semua pihak yang terlibat.Video ini memberikan beberapa tips yang bermanfaat untuk mengatasi anak yang mogok belajar. Tips-tips ini termasuk menciptakan lingkungan belajar yang positif, membangun hubungan yang baik dengan anak, dan menggunakan metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar anak.Saya senang bahwa video ini menekankan pentingnya kesabaran dan pengertian dalam menghadapi anak yang mogok belajar. Mengatasi anak yang mogok belajar membutuhkan waktu dan usaha, dan penting untuk tidak menyerah.
Secara keseluruhan, saya pikir video ini adalah sumber daya yang berharga bagi para guru dan orang tua yang ingin membantu anak-anak mereka belajar dengan lebih efektif.
Nama : Erlinda Purnama Sari
NIM 856280741
Setelah menyaksikan video ini, kita diingatkan Kembali pada fitrah seorang anak usia 3-4 tahun yang mana pada tahap usia ini anak ingin dipahami oleh orang tua dan pendidiknya. Kita semakin yakin untuk menjadi seorang guru TK harus benar-benar dapat memahami karakteristik anak disetiap tahapan usianya agar kita dapat mengidentifikasi setiap permasalahan yang dihadapi anak tanpa kita menunggu anak menjelaskannya. Seperti contoh dalam video ini, anak mogok belajar bersama teman-temannya. Seorang guru yang bijak bisa langsung mengetahui permasalahan anak. Apakah karena anak tersebut berkelahi dengan teman, atau tersinggung dengan perlakuan guru atau mungkin juga kerena anak kesulitan dalam melakukan tugasnya. Jika guru sudah bisa mengidentifikasi permasalahan yang ditemui anak maka guru bisa mencari solusi untuk anak agar mau Kembali belajar walaupun bukan kegiatan pembelajaran yang sedang dilakukan oleh teman-teman yang lain, tapi anak bisa melakukan kegiatan pengaman yang ditemani oleh ibu gurunya.
Nama : Cindy Nur Ramndhani
NIM : 858876155
Assalamu’alaikum Wr Wb
Mohon izin menanggapi video penanganan anak mogok belajar.
Melakukan pendekatan kepada siswa, dengan memberikan penanganan ketika Guru telah mengetahui penyebab anak mogok belajar. Sebaiknya dipecahkan dulu disekolah apabila masih tetap saja tidak mau belajar barulah melibatkan orang tua siswa.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
Nama : Nurul Arifin
NIM : 857996056
Dari video di atas dapat diketahui beberapa alasan mengapa anak mogok tidak mau belajar,upaya guru dengan melakukan pendekatan kepada anak menanyakan sebab permasalahan tersebut sangat diperlukan,.. selain itu guru juga perlu mengenali gaya belajar anak, membimbing anak untuk menyusun sistem belajarnya Sendiri, dan menghargai setiap proses belajar anak jangan terlalu fokus pada prestasi,
Terimakasih video yang sangat brmanfaat….
salam kenal dari Magelang
Video ini menjelaskan bagaimana cara menangani anak yang mogok belajar diantaranya kita hrus tau terlebih dahulu penyebab anak mogok belajar jika sudah tau guru dapat menggali informasi dengan membiri pertanyaan langsung pada siswa atau kepada orang tua siswa. sehingga pendidik dapat menyesuaikan bagaimana pembelajaran yang sesuai dan mnarik untuk siswa.
Nama Nashiroh
858753113
Semester 2 PG paud
Setelah melihat vidio ini saya jadi tau bagaimana cara mengatasi anak yang mogok gak mau belajar.
Nama : Ernitaf Aritonang
NIM : 856576178
Video : Anak mogok tidak mau belajar
Solusi yang disarankan sudah cukup bagus untuk mengatasi anak yang mogok belajar. Lebih baik lagi jika guru dapat lebih memberikan perhatian kepada anak yang mengalami kesulitan belajar, dengan menggunakan metode khusus untuk anak tersebut. Melalui pendalaman karakter anak, guru akan mengetahui kebutuhan apa yang diinginkan anak serta bagaimana pendekatan yang terbaik sesuai dengan kondisi anak tersebut
NAMA : DEWI NOVITA
NIM : 858911091
Izin ya bunda, menurut pendapat saya dari video tersebut sudah sering saya alami pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, solusi yang terdapat dalam video tersebut sangat bermanfaat bagi pendidik terutama bagi pendidik pemula, karena dengan solusi tersebut kita dapat mengatasi anak yang mogok belajar didalam kelas yaitu dengan cara merayu anak yang sedang tidak bergairah untuk bermain dan belajar dan menanyakan apa alasan anak tersebut malas untuk melakukan pembelajaran.