silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Dari vidio guru dapat pengetahuan baru tentang cara mengatasi anak yang mogok belajar.
Nama : Halimatu Syadiah
NIM : 857498228
Pokjar : Cimahi
Judul video : Anak mogok tidak mau belajar
Setelah menyimak video pembelajaran dengan judul anak mogok tidak mau belajar, menurut pendapat saya videonya sangat menarik dan dapat menjadi inspirasi bagi guru paud untuk mengatasi anka-anak yang mogok tidak mau belajar, dalam video ditunjukkan ketika anak mogok belajar guru menggali informasi dari orang tua penyebab anak tidak mau belajar disekolah. Guru memberikan kegiatan yang disukai anak dan memberikan waktu bermain yang sudah disepakati bersama anak. Menurut saya, masukan yang mungkin bisa dilakukan oleh guru misalnya saat berkegiatan tanya anak-anak ingin melakukan kegiatan apa? tetapi kegiatan yang hendak dilakukan anak terarah. Guru menyediakan media pembelajaran yang beragam yang dapat dipilih anak sesuai dengan minatnya.
Nama : Lia Nurmulia
NIM : 857312801
Dari video anak mogok tidak mau belajar, Alhamdulillah sudah saya terapkan disekolah tentang cara-cara mengatasinya, video tersebut juga memberi manfaat untuk guru-guru baru yang butuh bimbingan tentang cara mengajar yang baik.
Deiby Kambey 857366606 Judul : Anak Mogok tidak mau Belajar
Video ini sangat informatif dan memberikan wawasan yang jelas tentang penyebab anak mogok sekolah serta menawarkan solusi praktis yang dapat diterapkan oleh orang tua dan guru. Penyajian visual yang menarik dan penggunaan contoh kasus nyata membantu mempermudah pemahaman. Namun, menambahkan lebih banyak tips spesifik dan wawasan dari ahli akan memperkaya konten ini. Secara keseluruhan, video ini adalah sumber yang sangat berguna untuk menangani masalah anak mogok sekolah dengan pendekatan yang empatik dan praktis.
Video diatas menunjukkan pendekatan yang sangat bijaksana dan empatik dari seorang guru Taman Kanak-kanak dalam menghadapi situasi di mana seorang anak memukul atau menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya.
Berikut adalah beberapa komentar saya mengenai tindakan guru tersebut:
1. Pendekatan Tenang dan Penuh Perhatian: Guru yang menghampiri anak dengan tenang dan penuh perhatian menunjukkan pemahaman tentang pentingnya mengelola emosi anak dengan bijaksana. Meminta anak untuk berhenti memukul atau menangis dengan lembut adalah langkah awal yang baik untuk membantu anak merasa lebih tenang.
2. Menggunakan Pelukan: Pelukan adalah cara yang efektif untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi anak-anak. Guru yang memeluk anak tersebut menunjukkan dukungan emosional dan kehadiran yang positif.
3. Bertanya dengan Lembut: Bertanya kepada anak mengapa dia memukul atau menangis adalah langkah yang bijaksana. Ini membuka kesempatan bagi anak untuk mengungkapkan perasaannya dan memungkinkan guru memahami lebih baik apa yang sedang terjadi.
4. Mendamaikan Anak dengan Temannya: Guru yang berusaha mendamaikan anak dengan temannya menunjukkan bahwa konflik dapat diselesaikan dengan cara yang damai. Mengajarkan anak untuk berbicara dengan kata-kata daripada menggunakan tindakan fisik adalah pelajaran berharga.
5. Mendorong Laporan dan Komunikasi: Meminta anak untuk melapor jika ada teman yang mengganggu adalah langkah yang baik. Ini mengajarkan anak tentang pentingnya berbicara terbuka dan mencari bantuan ketika mereka menghadapi masalah.
Semua tindakan ini membantu menciptakan lingkungan yang positif di kelas dan mengajarkan anak-anak tentang empati, komunikasi, dan penyelesaian konflik. Guru tersebut telah menunjukkan kepekaan dan keterampilan dalam mengelola situasi yang kompleks.
nama : reza yulia sari
nim :858963731
video ini sangat inspiratif sekali mudah untuk di pahami karena langung di berikan contoh nyata.video ini memberikan wawasan kepada kita untuk bagaimana cara mengatasi anak yang mogok belajar.di sekolah saya ada kejadian seperti ini dan saya pun telah melakukan beberapa metode yang disajikan.alhamdulillahnya berhasil
Nama: Rusdianti
Nim : 857506389
dalam video berjudul ” anak mogok tidak mau belajar” ini menurut saya peran guru dalam proses pembelajaran sangat penting terutama dalam mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar , peran guru dalam pengelolaan kelas sangat berpengaruh terhadap perasaan anak , guru harus dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu anak,sehingga anak tidak merasa bosan dan merasa jenuh dengan pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap emosi atau perasaan anak yang akhirnya berpengaruh terhadap minat anak untuk belajar.
Nama : Zuhda Rauhati
NIM : 857631743
Judul : Anak mogok tidak mau belajar
Setelah saya menyaksikannvidii tersebut, vidio ini sangat bagus untuk saya sebagai seorang pendidik sebagai bahan pembelajaran bila saya menghadapi hal yang seperti pada vidio tersebut. Tugas Guru adalah mengembangkan rasa ingin tahu anak, kecerdasan intelektual, kemampuan sosial dan etika, seringkali terjadi kesalahan, guru hanya menekan kan pada aspek kecerdasan dan melupakan pembelajaran anak usia dini seharusnya dengan cara yang menyenangkan. Dunia anak adalah dunia bermain , ketika seorang anak ingin bermain maka sebenarnya ia sedang belajar mengetahui semua hal.
Solusi anak ketika mogok ialah menggali keterangan tentang anak kepada orang tua melalui homevisit, diberikan pilihan apakah ingin belajar dengan teman dikelas yang sama atau diruangan lain. Dan ketika ia bosan di kelas sebaiknya guru memberikan kesempatan bermain dengan waktu yang baik.
Nama : Risqi Melinda
NIM : 857069296
UPBJJ Jakarta
dalam video berjudul ” anak dramatis tidak mau belajar” ini menurut saya peran guru dalam proses pembelajaran sangat penting terutama dalam mengatasi anak yang merekam tidak mau belajar , peran guru dalam pengelolaan kelas sangat berpengaruh terhadap perasaan anak , guru harus dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu anak,sehingga anak tidak merasa bosan dan merasa jenuh dengan pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap emosi atau perasaan anak yang akhirnya berpengaruh terhadap minat anak untuk belajar.
Nama : Risqi Melinda
NIM : 857069296
dalam video berjudul ” anak dramatis tidak mau belajar” ini menurut saya peran guru dalam proses pembelajaran sangat penting terutama dalam mengatasi anak yang merekam tidak mau belajar , peran guru dalam pengelolaan kelas sangat berpengaruh terhadap perasaan anak , guru harus dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu anak,sehingga anak tidak merasa bosan dan merasa jenuh dengan pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap emosi atau perasaan anak yang akhirnya berpengaruh terhadap minat anak untuk belajar.