silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
NAMA : Emy Suwarningsih
NIM : 857988073
Assalamualaikum wr wb, Alhamdulilah, dalam video tersebut sangat bermanfaat sekali menambah ilmu pengetahuan kami sebagai guru. Untuk di lembaga kami, kami sudah menerapkan cara tersebut, menanya kepada anak berkoordinasi ke orang tua bahkan mendatangi rumah anak tersebut dengan teman teman karena rumah anak tersebut dapat dijangkau dengan jalan kaki. dan hasilnya anak tersebut mau masuk sekolah lagi
Terima kasih video nya sangat bermanfaat
Nama : Nurul Fauziyah
Nim : 856840045
MK : PKP
Tutor : bunda Novita
Dari pembahasan mengenai “anak mogok tidak mau belajar” terdapat beberapa faktor tadi..
Dimana anak khusus paud masih sayang ingin tahu dengan hal banyak.. namun mgkin saja saat bermain dengan teman ada rasa sakit hati atau pun dari guru ada tindakan atau bicara guru yang membuat anak tidak mau belajar karena sakit hati…
Jadi hal solusi tadi di utarakan adalah berkonsultasi dengan orang tua dan memberikan ruang bagi anak untuk bisa lagi bermain dan belajar bersama dengan teman lainnya
Nama : Nurul Fauziyah Nim : 856840045
MK : PKP
Tutor : bunda Novita
Dari pembahasan mengenai “anak mogok tidak mau belajar” terdapat beberapa faktor tadi.. Dimana anak khusus paud masih sayang ingin tahu dengan hal banyak.. namun mgkin saja saat bermain dengan teman ada rasa sakit hati atau kata-kata dari guru ada tindakan atau bicara guru yang membuat anak tidak mau belajar karena sakit hati… Jadi hal solusi tadi di utarakan adalah berkonsultasi dengan orang tua dan memberikan ruang bagi anak untuk bisa lagi bermain dan belajar bersama dengan teman lainnya
Nama : Wasilatul Ummah
NIM : 858288884
Video ini sangat bermanfaat untuk saya ketika menghadapi permasalahan anak mogok tidak mau belajar, terkadang anak-anak banyak sekali alasan ketika disuruh belajar. Dilihat dari pribadi saya sendiri kemungkinan kurang menarik hal yang saya berikan sehingga anak menjadi mogok belajar. Alhamdulillah video ini sangat membantu saya. Terimakasih yang sudah memberikan ilmu melalui video ini.
Pentingnya bagi guru untuk memperhatikan anak yang mogok belajar, apa penyebab sampai anak ini tidak mau belajar, mungkin dari materi pembelajaran yang membuat mereka bosan, jadi guru harus bisa memberikan pembelajaran yang menyenangkan.
NAMA: NOR HALIZA
NIM: 858937729
• judul: Anak Mogok Tidak Mau Belajar
• didalam video tersebut berisi:
guru memiliki tugas untuk menghidupkan obor belajar bagi anak, membentuk motivasi dalam diri anak, membangkitkan rasa ingin tahu anak, mengembangkan rasa ingin tahu anak, kecerdasan intelektual, kemampuan mengelola emosi, serta kemampuan berhubungan sosial dan etika.
namun ada kala seorang anak di dalam kelas tidak mau ikut bermain bersama temannya jika anakmu kok belajar dan tidak mau bermain dengan temannya ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi:
1. anak takut
2. anak dipaksa mengerjakan tugas yang dirinya tidak bisa sementara yang lain bisa
3. bertengkar dengan temannya
4. sakit hati terhadap ucapan guru
5. anak bosan berada di dalam kelas
solusi dari video tersebut yaitu:
1.melalui home visit untuk mengetahui mengapa tidak mau ke sekolah dan mogok belajar (menanyakan kpd orangtua dan anak yang bersangkutan)
2. memberi pilihan kepada anak apa mau belajar dengan teman sekelas atau di ruangan lain misalnya di kantor kepsek.
3. guru juga bisa memberikan kesempatan bermain di luar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama. dari kesepakatan yang dibuat bersama ini juga merupakan proses belajar bagi anak.
Menurut saya guru di video menerapkan prinsip asesment dan evaluasi. Karena guru secara langsung memberikan asesmen dengan cara menilai kemampuan anak langsung dalam KBM. Jika anak bosan belajar, guru juga dengan sabar memberikan kesempatan bermain di luar kelas dengan waktu yang telah ditentukan bersama. Hal ini juga termasuk asesment karena kesepakatan yang dibuat bersama itu juga merupakan proses belajar untuk anak tersebut. proses pembelajaran yang ada di video sudah bagus, tapi bisa ditambahkan solusi yaitu berupa memberikan reward kepada anak yang sudah mau belajar, lalu guru juga bisa menanyakan kabar kepada anak ketika pembukaan, agar anak merasa lebih lebih senang dan bersemangat.
Nama : Fina Auliya Siva
NIM : 859528057
Ilmu dalam video ini sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru yang sedang mendaoati anak murid yang sedang mogok belajar. Saya dapat menerapkan solusi yang diberikan dalam video ini.
Penyebab : anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas, dan lain sebagainya.
Solus : guru mencari tau penyebab kenapa anak mogok belajar, memberi pilihanfimana anak ingin belajar, mengajak anak bermain jika bosan belajar, melakukan pengayaan.
Pesan yang saya dapati, guru harus menerapkan pembelajaran sepenuhnya dengan menyenangkan. Guru harus selalu memotivasi kepada anak.
NAMA : AZZAFADIA SALSABILA
NIM : 858948097
JUDUL VIDEO : ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
Video yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” ini berisakan bahwa perlu dipahami jika tugas utama seorang pendidik adalah menghidupkan obor belajar bagi anak, membentuk motivasi dalam diri anak, membangkitkan rasa ingin tahu anak, meningkatkan kecerdasan intelektual, kemampuan mengelola emosi, dan juga kemapuan berhubungan sosial dan etika. Disisi lain guru harus ingat bahwa dunia anak adalah dunia bermain, sehingga jika seorang anak ingin bermain maka sebenarnya adalah anak ingin belajar mengenal sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya akan suatu hal. Akan tetapi, ada kalanya terdapat anak yang tidak mau ikut bermain bersama temannya bahkan menolak saat diajak guru. Maka jika terdapat anak yang demikian, yaitu Anak Mogok Belajar terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi :
1. Anak takut
2. Anak dipaksa mengerjakan tugas yang anak sendiri belum mampu untuk mengerjakannya, sementara anak lain sudah bisa melakukannya
3. Anak bertengkar dengan teman
4. Anak sakit hati terhadap ucapan atau perbuatan guru
Untuk menghadapi hal demikian, terdapat solusi yang dapat dilakukan guru :
1. Guru mencari keterangan mendalam dengan orang tua melalui home visit
2. Ketika anak tetap mogok belajar, guru dapat memberikan pilihan kepada anak seperti, apakah mau belajar dengan teman di kelas atau di ruang lainnya
3. Saat anak bosan, guru memberikan kesempatan anak bermain di luar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama, karena sebuah kesepakatan adalah salah satu proses belajar anak.
Pada intinya penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah individu yang unik dengan kebutuhan dan motivasinya sendiri. Sebaiknya jangan paksa anak untuk belajar jika mereka sedang tidak ingin. Dan dengan kesabaran, pengertian, serta dukungan yang tepat, anak-anak yang mogok belajar dapat kembali bersemangat untuk belajar.
Anak mogok tidak mau belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kesulitan memahami materi, kurangnya motivasi, dan lingkungan belajar yang tidak mendukung. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar:
Membuat Waktu Belajar Menyenangkan: Orang tua dapat membuat waktu belajar lebih menyenangkan dengan memberikan waktu istirahat yang cukup, memungkinkan anak untuk bermain di sela-sela waktu belajar, dan membuat suasana belajar yang tidak terlalu formal.
Mengizinkan Anak untuk Bermain: Membantu anak untuk menemukan kegiatan yang disukainya dan memungkinkannya untuk bermain di sela-sela waktu belajar dapat membuat anak lebih menyukai belajar.
Menawarkan Empati: Menawarkan dukungan dan empati saat anak mengalami kesulitan dapat membantu meningkatkan motivasi anak untuk belajar.
Mengizinkan Anak untuk Berpartisipasi dalam Pemilihan Materi: Membantu anak untuk memilih topik yang diminati dan mengeksplorasi materi yang sesuai dengan minatnya dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar.
Mengajarkan Nilai-Nilai Edukasi: Mengajarkan nilai-nilai edukasi sejak dini, seperti pentingnya pendidikan dan manfaatnya, dapat membantu anak untuk memahami pentingnya belajar dan meningkatkan motivasinya.
Membantu Anak untuk Mengatasi Kesulitan: Membantu anak untuk mengatasi kesulitan memahami materi dengan memberikan bantuan dan dukungan dapat membantu meningkatkan keberhasilan anak dalam belajar.
Mengidentifikasi Penyebab: Mengidentifikasi penyebab anak mogok tidak mau belajar, seperti kesulitan memahami materi atau kurangnya motivasi, dapat membantu orang tua untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mengatasi masalah tersebut.
Dengan mengikuti beberapa langkah ini, orang tua dapat membantu anak untuk lebih menyukai belajar dan meningkatkan motivasinya untuk belajar.
Menurut saya mengenai video di atas adalah tentang di mana seorang anak menunjukkan persetujuan atau ketidakmauan untuk terlibat dalam kegiatan belajar atau sekolah. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal.
Beberapa alasan umum anak tertarik belajar meliputi :
1. Masalah emosional atau Psikologis : a. Stres atau kecemasan
b. Penindasanc
. Kurangnya dukungan emosional
2. Kondisi Kesehatan :
a. Masalah kesehatan fisik
b. Masalah kesehatan mental
3. Lingkungan Belajar :
a. Merote pengajaran yang tidak menarik
b. Kurangnya fasilitas atau sumber belajar
4. Faktor sosial dan keluarga
Jadi banyak pembelajaran yang bisa saya pelajari dari video di atas
Demikian jawaban dari saya tentang video di atas