silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. saya nurhasanah
    videonya sangat bermanfaat. di KB yang saya pimpin juga sudah menerapkan seperti ini. dan lumayan membantu. sukses selalu

  2. nama : sri witanti
    nim : 857858082
    anak mogok tidak mau belajar
    anak tidak mau belajar dikarenakan alat peraga dan pembelajaran yang kurang menarik minat anak, dengan adanya gadget membuat anak tidak menarik sama sekali, kurangnya pendampingan ornag tua.

  3. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izin menanggapi vidio tersebut
    Nama : Wahida Zurriyati
    Nim : 859144178
    Home / Seri Pembelajaran PAUD / Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    SERI PEMBELAJARAN PAUD
    Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar

    Pada program video ini kita dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau mem
    Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

  4. Assalamu’alaikum
    Nama : Wahida Zurriyati
    Nim : 859144178
    Izin menanggapi
    Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
    Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
    Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

  5. Nama : BONIFASIA BUAQ TANTING
    NIM : 858409571
    Video ini sangat bermanfaat untuk saya ketika menghadapi permasalahan anak mogok tidak mau belajar, terkadang anak-anak banyak sekali alasan ketika disuruh belajar. Dilihat dari pribadi saya sendiri kemungkinan kurang menarik hal yang saya berikan sehingga anak menjadi mogok belajar. Alhamdulillah video ini sangat membantu saya. Terimakasih yang sudah memberikan ilmu melalui video ini.

  6. Nama: Sarini
    Nim : 859694789
    Dari tayangan video ini sering juga terjadi disekolah kami, terkadang ada anak yang hari itu tidak mau belajar atau ikut bermain dengan temannya dia hanya memilih untuk duduk sendiri, kami sebagai guru mencari tau penyebab dan mencari solusi agar emosi anak kembali membaik

  7. Nama: Putu Suryana
    NIM: 859041027
    Judul video adalah “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
    Di video ini kita diberikan solusi tentang bagaimana tugas seorang guru PAUD dan bagaimana mengatasi anak yang tidak mau main:
    Seorang guru mempunyai tugas untuk memotivasi dalam diri anak dan membangkitkkan rasa ingin tau anak dengan cara menyenangkan(main). Melalui bermain anak belajar dan memuaskan rasa ingin taunya. Namun kadangkala ada anak yang tidak mau bermain dengan teman-temannya, kadang tidak mau main dengan gurunya. Ini kemungkinan disebabkan: 1. Anak takut, 2. Anak dipaksa mengerjakan tugas diluar kemampuannya, 3. Anak bertengkar dengan temannya, 4. Anak sakit hati mendengar kata2 gurunya. Solusi yg bisa dilakukan: 1. Home visit, 2. Anak diberi pilihan anak mau main di mana?, 3.Pembatasan waktu main yang disepakati bersama anak. Jika anak tidak mau main disebabkan karena bosan maka solusinya: melakukan kegiatan pengaman atau pengayaan selama anak tersebut tertarik walaupun kegiatan tersebut berbeda dengan teman-temannya.

  8. Nama : Opi Anita
    Nim : 858435459
    Judul video dalam GPO adalah
    ‘’Anak Mogok Tidak Mau Belajar’’
    Video diatas sangat bagus dan dapat membantu guru lain dalam menghadap masalah yang sering terjadi disekolah. Guru menunjukkan pentingnya mendekati anak-anak dengan tenang dan penuh empati. Dengan mendekati anak yang sedang marah atau menangis dengan lembut dan penuh perhatian, guru membantu anak merasa didengar dan dimengerti. Guru membantu anak belajar untuk mengendalikan emosinya. Meminta anak untuk berhenti memukul atau menangis adalah langkah awal dalam mengajarkan mereka bagaimana menenangkan diri dalam situasi yang penuh emosi. Guru mengajarkan anak-anak pentingnya komunikasi verbal. Dengan mendorong anak untuk mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata, anak-anak belajar bagaimana mengekspresikan diri mereka dengan cara yang konstruktif dan tidak agresif. Guru memfasilitasi proses penyelesaian konflik dengan mendamaikan anak yang bertikai. Ini mengajarkan anak-anak cara yang positif untuk menyelesaikan perselisihan dan memahami perspektif orang lain. Memberikan pelukan atau sentuhan fisik yang lembut dapat membantu menenangkan anak yang sedang marah atau sedih. Sentuhan fisik yang penuh kasih sayang bisa sangat efektif dalam menenangkan emosi anak-anak. Guru membangun kepercayaan dengan anak-anak dengan memberikan mereka solusi alternatif, seperti melaporkan masalah kepada guru jika ada teman yang mengganggu. Ini menunjukkan kepada anak-anak bahwa mereka tidak perlu menghadapi masalah sendirian dan dapat mencari bantuan dari orang dewasa. Guru tidak hanya mengatasi masalah saat itu, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai penting seperti empati, komunikasi, dan penyelesaian konflik yang damai. Ini membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting untuk kehidupan mereka.

  9. Nama : Isnani
    NIM : 858299633
    judul video : Anak mogok tidak mau belajar

    Dari pembahasan pada video tersebut,acap kali terjadi pada setiap Paud,tentunya video ini bermanfaat sekali untuk para pendidik pemula yang baru mengajar dipaud,sehingga bisa jadi bahan inspirasi untuk melakukan tidakkan apa yang harus dilakukan semisal menghadapi permasalahan seperti pada video pembelajaran tersebut.

  10. Magfira Aulia Dilla
    Nim 858288877
    ‘’Anak Mogok Tidak Mau Belajar’’
    Dari pembahasan pada video tersebut,acap kali terjadi pada setiap Paud,tentunya video ini bermanfaat sekali untuk para pendidik pemula yang baru mengajar dipaud,sehingga bisa jadi bahan inspirasi untuk melakukan tidakkan apa yang harus dilakukan semisal menghadapi permasalahan seperti pada video pembelajaran tersebut

Leave a Reply