silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Novaaslita
Nim : 859875045
Dalam vidio tersebut kita sebagai guru harus bisa memahami situasi dan kondisi anak, jika anak tidak mau belajar guru harus melakukan pendekatan kepada anak dengan tepat, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan asik, memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih pelajaran yang disukai anak dan memberikan motivasi kepada anak dan tetap komunikasikan kepada orang tua anak tentang perihal anak.
Nama:Wilda Purba
Nim:859878137
Prodi: Pg-PAUD
Menurut pendapat Saya jika seorang Guru menemui ada diantara murid nya yang mogok/tidak mau belajar itu dikarenakan pembelajaran yang diterimanya kurang menyenangkan. Anak usia dini pada dasarnya memiliki daya ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu hal.Timbulnya anak didik yang mogok belajar ini dikarenakan beberapa hal sebagai berikut:
-kurangnya interaksi anak dengan sesamanya
-anak merasa takut
-kurang menariknya materi pembelajaran
-guru terlalu memaksakan anak untuk melakukan setiap tugas yang diberikan
-anak merasa terbebani atas tugas yang diberikan
-adanya gangguan dari temannya
Jadi sebagai Seorang Guru/Pendidik maka ada baiknya guru harus mampu terlebih dahulu mengetahui sikap/kepribadian setiap anak didiknya sehingga jika terjadi hal yang berkaitan dengan anak maka guru akan dapat mengetahui langkah apa yang harus dilakukan,Selain itu dalam proses pembelajaran Guru juga harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik pada anak usia dini.Sehingga hal-hal yang berkaitan dengan masalah diatas dapat diatasi.
-Anak usia dini memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan yang lebih terhadap suatu hal apalagi terhadap sesuatu yang belum pernah dia lihat oleh sebab itu Guru sangat memiliki peran yang penting untuk hal tersebut sebisa mungkin jika anak-anak bertanya maka Guru harus menjawab setiap pertanyaan dari si anak sehingga tidak timbul perasaan kesal karena ibu guru tidak meresponnya.
-Guru juga harus mampu menciptakan aktivitas belajar yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak,dengan bantuan alat peraga /media pada setiap ateri pembelajaran tentu dapat membantu mengatasi anak yang tidak mau belajar
-Guru harus memastikan adanya keterlibatan anak dengan guru selama kegiatan pembelajaran sehingga anak merasa dia diperlukan
-Guru tidak dapat memaksakan kehendaknya melalui hasil tugas/kerjaan anak yang harus sesuai dengan yang diinginkan guru
-Guru harus mampu mengatur alokasi waktu yang benar sehingga anak-anak tidak merasa bosan ketika terlalu lama diarea belajar karena pada dasarnya anak usai dini senang akan hal yang berkaitan dengan area bermain
-Guru juga harus menunjukkan kasih sayang bagi anak sehingga anak merasa nyaman dan tidak takut untuk melakukan setiap aktivitasnya
-Guru juga harus menyayangi setiap anak didiknya tanpa membedakan anak yang satu dengan anak yang lainnya sehingga anak tidak tersisihkan
Nama Nur Sri Rezeki
Nim 859879906
Judul Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Setelah saya melihat video tersebut…
Solusi yang dapat dilakukan guru adalah dengan cara mendekati anak,
untuk mencari tau penyebabnya mengapa ia tidak mau belajar dan bermain bersama teman.
kemudian memberikan suasana belajar yg menyenangkan, apabila ia tidak mau belajar didalam kelas, bisa mengajaknya untuk belajar diluar kelas.
memberikan pembelajaran yg ia senangi atau yg menurut anak mampu, agar ia tidak terbebani,
setelah itu memberikannya pujian, agar anak merasa hasilnya berharga.
Nama Nur Sri Rezeki
Nim 859879906
Judul Anak mogok tidak mau belajar
Dalam video yg saya lihat, guru harus melakukan pendekatan kepada anak,
bertanya apa penyebab anak tidak mau belajar dan bermain bersama teman,
mungkin anak bosan dengan lingkungan belajar didalam kelas,
sebaiknya guru bisa mengajak anak untuk belajar diluar kelas,
kemudian memberikan lingkungan yg nyaman,
pembelajarannya yg anak minati, sehingga ia senang melakukannya,
kemudian memberikan pujian untuk hasil kerjanya, sehingga anak merasa pekerjaannya dihargai.
Nama ita permatasari
Judul :anak mogok tidak mau belajar dengan teman
Dalam video yang saya lihat dimana anak mogok tidak mau belajar dan mungkin guru perlu mencari tau kenapa siswa menolak saat di ajak temanya untuk bermain dan juga sebagai guru harus mengutamakan pendekatan nya kepada siswa nya agar anak bisa tidak mogok belajar dan sebagai guru harus menciptakan suasana yang indah dan nyaman untuk anak belajar agar anak tidak mogok belajar dan guru juga perlu memberikan kesempatan untuk mengajak anak ke luar lingkungan untuk belajar agar anak merasa nyaman dan tidak mogok dalam belajar
Nama: Leti Herawati
Nim:856819894
Pokjar: Seluma
Izin menanggapi π
Setelah menonton video diatas kita dapat menemukan pokok permasalahan tentang anak yg tidak mau belajar dan bermain bersama teman – temannya.sebagai seorang guru kita harus bisa melakukan pendekatan kepada anak dg cara menanyakan langsung kepada anak didik mengapa dia tidak mau belajar dan bermain bersama teman-temannya karena mungkin ada sesuatu hal yg membuat dia tidak nyaman untuk belajar diruangan bersama teman-temannya, pendekatan dapat kita lakukan kan pada saat jam istirahat dg mengajak anak tersebut bermain PD suatu tempat yang tidak terlalu ramai dengan anak-anak yg lain agar anak tersebut merasa nyaman baik di ruangan bermain atau dihalaman sekolah karena dengan merasa nyaman anak akan bisa diajak beratraksi dengan baik, setelah mendapat kan informasi dari anak guru bisa melakukan pendekatan dengan memberikan pembelajaran yang dibutuhkan kan oleh anak.disini guru juga bisa melakukan kontak dengan orang tua murid agar orang tua murid juga mengetahui kebutuhan anak tsb sehingga antara guru dengan orang tua murid DP berkerja sama yg baik untuk membuat anak merasakan kenyamanan dlm belajar,karena seperti yg kita ketahui kenyamanan dari lingkungan sekolah dan rumah serta dukungan dari guru atau orang tua murid akan membuat semangat belajar dan tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.
Sekian.
Wassalam ππ
Tindakan guru dalam video tersebut mencerminkan pemahaman yang mendalam tentang perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Beberapa poin positif dari tindakan guru tersebut adalah:
Pendekatan yang Empati: Guru tidak langsung menghukum anak, melainkan berusaha memahami perasaan anak terlebih dahulu.
Komunikasi yang Efektif: Guru menggunakan bahasa yang sederhana dan nada suara yang lembut untuk menenangkan anak.
Pemberian Ruang untuk Ekspresi: Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan perasaannya.
Penyelesaian Konflik secara Damai: Guru berusaha mendamaikan anak dengan temannya dan mengajarkan cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah.
Pencegahan Bullying: Guru mengajarkan anak untuk melaporkan jika ada teman yang mengganggu.
Video ini memberikan wawasan yang berharga tentang tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengatasi siswa yang mogok belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, sebagai pendidik guru perlu mengekaplorasi berbagai metode pengajaran dan melibatkan siswa dalan proses belajar untuk meningkatkan motivasi belajar anak
Nama : Eva Elmita Sari
Nim : 858424947
Pokjar : Salut Universitas Terbuka Barong Tongkok Kutai Barat
Video ini memberikan wawasan yang berharga tentang tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menangani siswa yang mogok belajar. Disarankan agar guru mengeksplorasi berbagai metode pengajaran dan melibatkan siswa dalam proses belajar untuk meningkatkan motivasi mereka.
Nama: Nostalgia Agustini daeli
NIM: 859884463
Dalam vidio di atas membahas tentang anak mogok tidak mau belajar dengan temannya. Disana juga di jelaskan bahwa guru memiliki tugas dan peran dalam mengembangkan rasa ingin tau, kecerdasan intelektual, kemampuan mengelola emosi, kemampuan berhubungan sosial, dan etika.
Dalam mengembangkan aspek perkembangan tersebut di butuhkan perkembangan bahasa juga. Sesuai dengan judul vidio, anak mogok dan tidak mau belajar bersama temannya. Kemungkinan ada yang terjadi seperti anak takut, anak di paksa melakukan kegiatan pengembangan yang tidak di ketahuinya, ataupun anak bertengkar dengan temannya. Selain itu menurut saya, itu bisa terjadi juga karena kurangnya profesionalitas guru dalam merangkul anak didiknya…
Kemudian dalam video cara penanganan yang dibuat ada beberapa, yaitu menggali informasi pada orang tua anak, anak diberi pilihan belajar Apakah belajar di ruangan lain, membawa keluar ruangan dan melakukan pengayaan.
Namun dalam penanganan tersebut menurut saya dalam bagian penanganan, membawa anak belajar di ruangan lain, itu sama saja semakin membuat jarak antara anak didik yang satu dengan anak yang lain. Jadi sebagai tambahan,, rekan guru mendekat kan diri ke anak yang di sesuai kan dengan kunjungan guru dan orang tua anak, dan juga melibatkan anak didik lain dalam pendekatan tersebut.