silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Izin menanggapi..
Setelah saya melihat dan mengamati vidio pembelajaran tersebut saya menyimpulkan bahwa ternyata terdapat beberapa alasan yang membuat anak mogok tidak mau belajar, seperti mungkin anak tersebut sakit hati dengan guru atau temannya, atau mungkin juga anak merasa bosan, atau mungkin juga anak belum dapat mengikuti kegiatan pengembangan di kelas karena merasa kesulitan, oleh karena itu kita sebagai tenaga pendidik harus berkomunikasi dengan orang tua agar dapat memberikan solusi untuk anak
Nur lailiyah 857473692
Izin menanggapi video berjudul anak mogok belajar
Dengan melihat vidio tersebut saya mendapatkan pengetahuan baru tentang mengatasi anak yang tidak mau belajar, diantara sebabnya mungkin anak tersebut tidak merasa nyaman dengan guru atau temannya, mungkin anak belum bisa mengikuti pembelajaran sehingga anak tersebut merasa minder, sehingga kita sebagai guru harus mampu mengkomunikasikannya dengan orang tua. Sehingga dapat memberikan solusi bagi anak
Rinanti NIM 857442903
Seri Pengembangan Sosial Emosional PAUD
Judul Anak mogok belajar
pada vidio ini memberikan pelajaran kepada kita sebagai guru pada saat anak mogok belajar mungkin anak merasa bosan dengan materi yang diberikan maka untuk mengatasinya melalui pendekatan kepada anak tersebut, dan memahami apa yang ingin anak lakukan dan kita bisa memberikan pengaman atau pengayaan kepada anak yang mogok belajar dengan memberikan kegiatan yang disukainya walaupun materi yang diberikan berbeda dengan yang lainnya.
Alhamdulillah setelah melihat video anak mogok tidak mau belajar, saya sebagai pendidik mendapatkan satu ilmu baru untuk mengatasinya, karena hal seperti ini juga terjadi di sekolah saya, ada beberapa alasan yang kita harus tau mengapa anak mogok tidak mau belajar, beberapa alasan atau kendala yang di hadapi anak harus di cari solusinya, solusi home visit sudah pernah saya lakukan, tapi anak tetap tidak mau ke sekolah, dari video tersebut saya akan mencoba solusi memberikan pilihan belajar kepada anak, di kelas atau di ruangan yang mana anak merasa nyaman, selain itu saya juga akan memberi kesempatan bermain kepada anak dengan kesepakatan waktu, semoga dua solusi tersebut dapat membuat anak merasa nyaman kembali untuk belajar dan bermain dengan temannya.
Nama : Astuti Syafrida
Nim : 588548459
Setelah melihat Vidio diatas Alhamdulillah menambah pengalaman saya sebagai seorang guru bagaimana caranya menghadapi anak yang tidak mau belajar ternyata ada beberapa hal
yang harus kita sikapi dalam menghadapi masalah ini salah satunya mencari tau mengapa anak tidak mau belajar apakah dia bertengkar dengan temannya atau dia takut saat belajar dan kemungkinan juga dia seperti dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia merasa tidak mampu untuk mengerjakan nya dan demikian kita bisa mencari solusinya bagaimana cara mengatasinya dengan memberikan pilihan untuk belajar bersama temannya atau belajar dirungan sendiri seperti di kantor sampai dia merasa nyaman nah pendampingan dan pendekatan guru sangat lah penting untuk mengetahui apa permasalahan anak di dalam kelas dan segera mencari solusinya .
Nama : Bunga Philia Suci Pratiwi
NIM : 856108055
Dari video yang berisi topik Anak mogok belajar, saya mendapatkan manfaat bahwasannya dunia anak usia dini itu adalah bermain sambil belajar bukan belajar sambil bermain. sedangkan tujuan dari seorang guru anak usia dini itu adalah untuk membentuk motivasi dan menumbuhkan rasa ingin tahu anak.
Pada video di atas ditampilkan dan dijelaskan alasan dan cara menangani anak yang mogok tidak mau belajar dengan teman maupun guru. Ketika situasi tersebut terjadi guru tidak boleh langsung menyimpulkan dan membujuk anak untuk terus sekolah dan belajar dengan memaksa anak tersebut (dalam beberapa kasus tertentu). sebaiknya guru menelusuri dan mendiskusikan permasalahan anak tersebut dengan rekan sejawat terlebih dahulu sebab dan faktor anak mogok belajar. Ada beberapa sebab anak mogok belajar dari video yang ditampilkan yaitu:
1. Anak memiliki rasa takut
2. Dipaksa untuk belajar atau melakukan suatu hal oleh guru sedangkan anak belum mampu melakukannya dibandingkan dengan teman lainnya yang sudah mampu.
3. Bisa jadi karena terjadi pertengkaran dengan temannya
4. Sakit hati karena ucapan dan perlakuan yang dilakukan oleh guru.
Apabila guru sudah mengetahui permasalahan atau penyebab anak mogok sekolah, kita sebagai guru dapat mengambil langkah untuk dapat membujuk supaya anak kembali mau belajar di sekolah yaitu:
1. Memberikan pilihan kepada anak maunya belajar dimana
2. Membuat kesepakatan antara anak dengan guru dan orang tua
Solusi yang diberikan untuk masalah tersebut cukup baik untuk menangani anak yang mogok belajar. Selain solusi darivideo, ada beberapa solusi lainnya yaitu:
1. Membangun rasa percaya dirinya dengan membantu anak mendapatkan sahabat di sekolah sehingga anak lebih semangat pergi ke sekolah dan belajar bersama temannya
2. Anak di libatkan dalam memilih kegiatan yang disenangi dengan cara guru menyediakan berbagai macam jenis kegiatan pembelajaran
Didalam video tersebut strategi guru untuk mengatasi anak yang mogok belajar sangatlah baik karena sebagai seorang pendidik kita harus kreatif dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Dalam video tersenut guru mengajak anak bicara dari hati ke hati. Tanyakan apa yang membuatnya tidak tertarik belajar, dengarkan dengan penuh perhatian agar anak merasa nyaman untuk berbicara dan membuat pembelajaran yang menyenangkan untuk anak dengan belajar sambil bermain dengan kegiatan belajar menjadi permainan yang menyenangkan dengan belajar sambil menyanyi, menari, atau bermain peran agar anak merasa tertantang dan bersemangat untuk melakukan pembelajaran bersama teman dengan rasa gembira dan semangat dan juga sangat penting untuk melibatkan peran orang tua dirumah untuk tumbuh kembang si anak.
Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Anak mogok tidak mau belajar dengan temannya. Tugas guru yang paling utama adalah menghidupkan obor belajar terhadap anak-anak. Kesalahan yang banyak dilakukan guru dengan lebih menekankan pada aspek kecerdasan dan melupakan bahwa sesungguhnya pembelajaran harus dengan cara menyenangkan. Guru harus bisa membentuk motivasi dan rasa ingin tahu anak, bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Namun ada anak yang tidak mau bermain atau bergabung bersama temannya, misalnya ; – Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang sendirinya tidak bisa mengerjakannya.
– Anak bertengkar sama temannya.
– Anak sakit hati pada ucapan atau perbuatan guru.
Solusinya ; Guru harus menggali keterangan keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan khontisip, untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar dengan mengadakan beberapa pertanyaan.
Jika anak masih belum mau belajar di kasih dua pilihan dan kesepakatan, mau belajar di dalam atau di luar kelas. Jika permasalahan tersebut disebabkan karena bosan, maka guru dapat melakukan kegiatan pengayoman atau pengayaan selama anak tertarik, walaupun materi dan cara belajar yang dilakukan oleh anak berbeda dengan anak lainnya.
VIDEO 2 PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PAUD I
Membentuk Motivasi dan Kemandirian Pada Anak Usia Dini
1. Reaksi anak pada saat kegiatan bermain di halaman sekolah kelihatan sangat senang dan gembira dimana anak-anak dapat bermain dengan semua permainan yang ada di halaman sekolah, akan tetapi pada saat kegiatan di dalam kelas anak-anak terlihat kurang bersemangat bahkan terlihat juga ada anak yang mogok tidak mau ikut dalam kegiatan belajar di dalam kelas.
2. Kelemahan guru dapat dilihat pada anak yang sedang mogok tidak mau mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas dimana guru masih kurang strategi untuk membujuk anak tersebut agar mau ikut dalam kegiatan belajar di dalam kelas dan guru juga kurang usaha membuat anak ikut belajar ini dapat dilihat setelah anak tetap tidak mau bergabung belajar terkesan guru meninggalkan dan membiarkan anak tersebut untuk tidak bergabung dengan teman-temannya
3. Kelebihannya guru tidak memaksakan kehendak untuk memaksa anak yang mogok tersebut untuk cepat bergabung mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kelebihan berikutnya guru mencoba cara dengan mengadakan pendekatan orang tua anak yang mogok belajar dengan melakukan kunjungan rumah dengan menceritakan kepada orang tua kalau anak di sekolah mogok tidak mau belajar sehingga orang tua dan guru dapat mencari solusi untuk permasalahan tersebut, pada saat anak masuk kembali ke sekolah guru mencoba memberikan kesempatan belajar khusus dengan melakukan kegiatan pengaman dan pengayaan sesuai dengan kesukaan anak sampai anak merasa nyaman dan dapat bergabung kembali dengan teman-temannya.
4. Hal unik yang saya temukan dalam kegiatan pembelarajan diatas adalah pada saat guru mengadakan kunjungan rumah anak tidak merasa takut ketemu guru dan dengan didampingi orang tuanya anak berani menceritakan permasalahan kenapa anak mogok tidak mau belajar dengan teman-teman di sekolah.
5. Upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut adalah :
– Pada kegiatan awal penyambutan anak guru sudah harus bisa memperhatikan setiap anak-anak yang datang apakah ada yang kelihatan sedih, gembira atau tidak bersemangat sehingga dari kegiatan awal tersebut seorang guru sudah bisa mengatur strategi memberikan perhatian khusus bagi anak-anak yang kelihatan murung / tidak bersemangat pada saat datang ke sekolah, guru bisa melakukan pendekatan dengan anak tersebut dengan menanyakan kenapa dia murung di sekolah dan dari hasil pendekatan tersebut jika guru berhasil membuat anak tidak murung lagi maka tidak akan terjadi anak mogok belajar.
– Guru harus memiliki kemampuan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak sehingga anak selalu rajin ke sekolah.
– Pada saat melakukan kegiatan guru juga harus memiliki kemampuan untuk menyiapkan bahan-bahan pembelajaran yang menarik dan selalu berpusat pada anak serta harus sesuai dengan usia dan tema semester tujuannya agar anak tidak mogok belajar dan selalu bersemangat dalam mengikuti KBM
izin memberi tanggapan
Nama: DWI WINDA SARI
Nim: 856836693
dari video yang telah saya lihat diatas,mengenai anak yang mogok tidak mau belajar itu sangat sering sekali terjadi di tempat saya mengajar saat ini. banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. misal anak bertengkar dengan teman,tidak cocok dengan teman sebangku atau terkadang sudah marah ketika berada dirumah sehingga ketika sampai disekolah anak masih marah dan tidak mau belajar.
sebagai seorang guru kita dituntut untuk mempunyai banyak cara untuk menyikapi hal tersebut sehingga tidak berlangsung lama dan menggangu proses pembelajaran. membujuk anak agar mau belajar adalah tugas seorang pengajar.
Untuk mengatasi anak yang mogok belajar, guru bisa melakukan beberapa hal berikut:
1. Bicarakan dengan anak: Bicarakan dengan anak dengan tenang dan terbuka, serta dengarkan keluh kesah anak dengan penuh perhatian.
2. Berikan dukungan emosional: Jangan menghakimi atau menghukum anak.
3. Terlibat dalam proses belajar: Terlibat langsung dalam proses belajar anak untuk memahami kendala yang dihadapi anak.
4. Berkoordinasi dengan orang tua: Bekerjasama dengan orang tua anak untuk mengatasi anak yang mogok belajar.