silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Pada Video Pembelajaran Seri Sosial Emosional 1 Mengenai Anak Mogok Tidak Mau Belajar, terlihat seorang anak yang tidak ingin ikut serta dalam kegiatan belajar bersama teman-temannya di kelas. Seorang guru pun membujuk dan mengajak anak, seorang anak terlihat diajak guru untuk duduk diatas kaki guru, namun anak tetap berlari dan tidak ingin mengikuti kegiatan belajar. Seorang guru pun terlihat melakukan kegiatan kunjungan secara home visit ke rumah orang tua anak tersebut, untuk melakukan komunikasi bersama orang tua anak untuk menggali informasi seputar anak dan mengetahui penyebab dari mogoknya belajar pada anak tersebut. Pada video tersebut terlihat seorang guru juga melakukan pengajakan dan memberikan pandangan pada anak agar anak dapat bersekolah kembali. Lalu, pada video tersebut terihat anak tersebut mulai bersekolah kembali. Namun, anak tersebut belajar secara sendiri dan didampingi oleh satu guru di ruang lain yang tidak terdapat banyak anak. Seorang anak pun terlihat mengikuti kegiatan belajar yang diberikan guru dengan baik. Pada saat tertentu, di video tersebut terlihat bahwa guru mengajak anak-anak melakukan kegiatan belajar dan bermain di luar kelas. Seorang guru terlihat melakukan kegiatan fisik motori yang melibatkan aturan bermain, yaitu kegiatan menangkap bola secara bergantian, dan bermain naik tangga dan bermain seluncuran secara bergantian. Anak-anak pun terlihat dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan tertib. Berdasarkan paparan pada video menjelaskan bahwa, terdapat beberapa alasan saat anak mogok belajar atau tidak ingin itu belajar bersama, diantaranya :
1. Merasa takut terhadap guru, sehingga untuk mengatasi hal ini adalah seorang guru perlu melakukan pendekatan dengan anak dalam setiap aktivitasnya di sekolah, agar anak merasa aman dan nyaman bersama guru.
2. Kemungkinan anak bertengkar dengan temannya, dalam hal ini guru perlu mengawasi kegiatan anak saat bermain, dan membuat kesepakatan-kesepakatan aturan bermain bersama dengan anak-anak.
3. Merasa bosan dalam kegiatan belajar, dalam hal ini guru perlu membuat atau mengubah strategi pembelajarannya menjadi lebih menarik dan kreatif bagi anak.
4. Mungkin, anak merasa kecewa dan sakit hati dengan ucapan yang dikatakan oleh guru sebelumnya, dalam hal ini guru perlu berhati-hati dalam menggunakan kata-kata saat berbicara pada anak.
Berdasarkan video pembelajaran tersebut, solusi yang dapat dipetik dalam mengatasi permasalahan mengenao anak mogok belajar yaitu :
1. Mengajak anak belajar di tempat terpisah
2. Mengajak anak bermain di luar kelas sebagai bentuk bagian dari modifikasi belajar anak
Demikian, pendapat saya.
Terima kasih.
Nama : Nuzulia fitri handayani
Nim : 857613752
. Refleksi Vidio di GPO judul
(Anak Mogok Tidak Mau Belajar)
Dalam vidio tersebut menceritakan tentang anak yang tidak mau belajar bersama teman-temannya dikelas. Kemudian guru mendatangi anak tersebut untuk bertanya mengapa dia tidak mau belajar dan bergabung dengan temannya. Disuatu hari akhirnya guru pun memutuskan untuk bertemu orang tua anak dan anak tersebut untuk mengetahui permasalahan yang membuat anak tersebut tidak mau belajar bersama temannya, jika alasannya karena bertengkar dengan temannya guru memberikan pilihan kepada si anak untuk belajar dan memberikan ruang terpisah dengan temannya, sehingga anak dapat belajar dengan tenang dan teman yang bersalah meminta maaf kepada anak tersebut. jika anak mogok belajar karena bosan didalam ruangan/kelas guru membolehkan anak bermain diluar tapi dengan aturan dan waktu yang disepakati bersama dengan anak-anak. jika alasan anak tersebut bosan dengan pembelajaran maka guru akan melakukan kegiatan selama anak tertarik walaupun materi dan cara belajar anak berbeda dengan anak lainnya. Menurut saya sudah bagus guru sudah memberikan banyak pilihan jika anak mengalami mogok belajar dan mencari alasan langsung dengan home visit ke rumah si anak dan berbicara kepada orang tua anak untuk mengetahui alasan anak tersebut mogok belajar sehingga informasi yang guru dapat lebih akurat dan anak dapat kembali belajar. dalam vidio tersebut juga dapat melatih sosial emosional anak sehingga anak dapat belajar sabar dalam mengerjakan tugas. Namun menurut pendapat saya kegiatan bermain diluar masih kurang efektif untuk membuat anak merasa tidak bosan selama kegiatan belajar, seharusnya guru juga menciptakan suasana atau kegiatan belajar diluar jadi kegiatan tersebut lebih bermakna dan efektif untuk anak yaitu kegiatan belajar sambil bermain.
Samsuddin
NIM : 858967825
Menurut saya pendekatan seperti itu sangat baik dan cocok untuk anak² kita . Sehingga kita dapat mengetahui apa yang terjadi dan bisa membangun anak untuk berkomunikasi dengan baik atau berinteraksi dengan teman sebaya maupun orang yang lebih tua.
Sehingga tercipta anak percaya diri dan anak mandiri
Nama: ARUM MAKARTI
Nim:858005762
Menurut pendapat saya tentang vidio anak yang tidak mau belajar atau mogok belajar guru dapat mengajak anak untuk berkomunikasi dengan anak tentang alasan mengapa anak tidak mau belajar dengan perkataan yang lembut dari hati ke hati agar anak merasa di perhatikan,dengan cara sambil bermain disitu guru mulai aktif untuk memberikan stimulus pada anak,sekian pendapat saya, terimakasih
Nama. Leni hernani
Nim. 856821314
Izin menanggapi vidio.
Seorang pendidik hendak la memberikan motivasi kepada anak didik dengan meningkat kan rasa ingin tahu anak baik melalui kemampuan intelektual, kemampuan emosionl dan kemampuan berhubungan sosial anak. Adapun penyebab anak yg tidak mau belajar
1.merasa takut. Karna takut klu dia gak bisa dimarah guru, dan di rumah juga takut dimara orong tuanya.
2.blm percaya diri, karna anak tersebut blum percaya pd kemampuannya sendiri padahal ada klanya dia bisa
3suka di ganggu teman. Dia merasa sering di ganggu temannya makanya di gak mau belajar.
4. Karna merasa takut dg guru
6.karna merasa bosan dg pelajarannya. Munkin belajarnya itu2 aja sehinga anak bosan.
Solusi yg harus si ambil guru.
1 . Kita bujuk anak tsb, kita rayu, rangkul, peluk, dan ajak berkomunikasi biar dia mau belajar.
2. Kita ajak anak berdiskusi serta kita tanamkan pd dr anak tsbt bawa dia bisa. Pinter, sholeh sholeha insya allah di akan percaya diri.
3.kita berbincang2 dn anak kali kita tdk boleh mengganggu teman , besok2 jgn lg gangu yeman karna kita adalah saudara.
4 ajak anak belajar dg mengunakan bermacam2 media belajar.
Terima kasih
Selamat Pagi Rekan-rekan guru sekalian. izinkan saya memperkenalkan diri :
Nama : AGATHA DEBBY SEGA
NIM : 857154467
UPBJJ : UT-JAKARTA
menurut saya, dalam video tersebut menyampaikan bagaimana cara agar kita bisa menghadapi anak yang mogok tidak mau belaajar. berdasarkan pendapat saya adalah :
1. ajak bicara anak dengan baik-baik sambil memberikan pembicaraan mengenai topik pembelajaran yang akan kita pelajari.
2. Pembelajaran kreatif-kolaboratif dalam menjadi alternatif cara mendidik anak yang malas belajar. Pembelajaran kreatif yang melibatkan seni, motorik, dan kognitif lebih dapat meningkatkan minat belajar anak, dibandingkan dengan metode lawas seperti literasi. Metode belajar kreatif-kolaboratif juga cocok diterapkan sebagai cara mengatasi anak malas belajar usia dini. Sebab, anak usia dini lebih mudah mengingat sesuatu yang dibarengi dengan gerakan atau gambar dan bentuk.
3. berikan kenyamanan dan pendekatan yang menarik agar anak tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Ni Gede Yuni Hernawati
Nim : 859008792
UPBJJ : Denpasar
Menurut saya Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Nama Arfah Sahara Nst
Nim: 859800523
UPBJJ: Medan
Menurut saya dari tanyangan video di atas Anak Mogok Tidak Mau Belajar” Video ini mengajarkan teknik mendekati anak, seperti menanyakan penyebab kenapa anakbMogok tidak mau belajar, memberikan dukungan emosional , dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan pendekatan yang tepat, guru dapat memotivasi anak melalui kegiatan yang mereka sukai dan melakukan komunikasi efektif dengan orang tua untuk memahami lebih dalam kondisi anak.
. Hal ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mengurangi rasa bosan serta cemas pada anak
Video tentang anak tidak mau belajar memberikan manfaat signifikan bagi pendidik dan orang tua.
Pendidikan yang menyenangkan : Video ini menunjukkan teknik untuk menciptakan suasana belajar yang menarik, membantu anak merasa nyaman
Identifikasi penyebab : Pendidik dapat memahami alasan di balik pemutarannya anak, seperti masalah emosional atau lingkungan sosial
Strategi komunikasi : Melalui contoh interaksi, video mengajarkan cara mendekati anak dengan empati, menggali minat mereka, dan memberikan motivasi
Oleh karena itu, video ini menjadi alat penting dalam mengatasi tantangan pendidikan anak usia dini
Nama : Siti Aisyah
Nim : 858530953
UPJJ : Semarang
menurut saya, dalam video tersebut menyampaikan bagaimana cara agar kita bisa menghadapi anak yang mogok tidak mau belaajar. berdasarkan pendapat saya adalah :
1. guru menggali penyebab anak mogok belajar dengan cara mengajak bicara anak dengan baik-baik sambil memberikan pembicaraan mengenai topik pembelajaran yang akan kita pelajari.
2. membuat kesepakatan dengan anak setelah mengetahui penyebab anak mogok belajar
3. Pembelajaran kreatif-kolaboratif dalam menjadi alternatif cara mendidik anak yang malas belajar. Pembelajaran kreatif yang melibatkan seni, motorik, dan kognitif lebih dapat meningkatkan minat belajar anak, dibandingkan dengan metode lawas seperti literasi. Metode belajar kreatif-kolaboratif juga cocok diterapkan sebagai cara mengatasi anak malas belajar usia dini. Sebab, anak usia dini lebih mudah mengingat sesuatu yang dibarengi dengan gerakan atau gambar dan bentuk.
4. Memberikan kenyamanan dan pendekatan yang menarik agar anak tertarik mengerjakan tugas dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Juju Julaeha
Nim : 859666471
UPJJ : Bandung
Menurut pendapat saya dari video anak mabuk tidak mau belajar titik menjelaskan tentang bagaimana guru mengetahui masing-masing rasa ingin tahu anak, kecerdasan intelektual, kemampuan mengelola emosi serta kemampuan berhubungan sosial dan etika. Seorang guru juga harus tahu alasan-alasan kenapa anak mau ke sekolah? Maka solusi yang didapat yaitu:
1. Guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua
2. Jika anak masih belum berani masuk sekolah anak dapat diberi pilihan.
3. Anak mogok karena bosan belajar di dalam kelas maka guru boleh membiarkan anak bermain dengan kesepakatan yang telah disepakati bersama.
Video anak mogok tidak mau belajar sangat menarik dan bermanfaat titik terima kasih Guru pintar online UT