silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama: Rizani Rinja
NIM: 857747883
Prodi: PGPAUD
UPBJJ: Semarang
Berdasarkan video yang telah saya tonton, seri pengembangan sosial emosional PAUD, dengan judul anak mogok tidak mau belajar sangat menginspirasi bagi pendidik lainnya. Dimana dalam video tersebut seorang guru berusaha untuk memberikan perhatian ke salah satu siswa yang tidak mau belajar dengan teman sebayanya. Memang kasus tersebut sangat banyak dijumpai di sekolahan, apalagi AUD masih belum bisa mengelola emosinya dengan baik (bersifat egosentris). Ada banyak faktor yang menjadikan anak mogok belajar bisa dari faktor lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah.
Untuk mengatasi hal tersebut, guru mencari solusi untuk mengatasinya dengan melakukan home visite (kunjungan) dengan tujuan menggali informasi kenapa anak tidak mau masuk sekolah, guru juga memberikan pilihan kepada anak ingin belajar dimana sesuai dengan kemauan anak jika tidak mau belajar di kelas, atau memberikan kesempatan bermain kepada anak jika anak bosan belajar. Guru mengajak anak bermain diluar dengan memberikan kesepakatan bersama. Dimana guru dan anak membuat kesepakatan untuk batas waktu bermain.
Dalam video tersebut mungkin ada beberapa yang perlu diperbaiki seperti, pengkondisian anak supaya lebih rapi lagi.
Nama : Erna Yuliana
Nim : 858844284
Prodi : PGPAUD
Setelah saya menonton Video dengan judul anak mogo dan tidak mau belajar,di dalam vidio tersebut ada anak yang mogok tidak mau belajar dan guru mencari penyebabnya kenapa dia tidak mau belajar.ada banyak faktor anak tersebut mogok dan tidak mau belajar faktor keluarga, lingkungan maupun di sekolah.cara mengatasi masalah tersebut guru harus ada kunjungan ke rumah orang tua murid, kenapa kok mogok dan tidak mau belajar, dan mencari informasi kepada orang tuanya, dan guru juga bisa memberikan pilihan kepada mau belajar bersama sama teman atau belajar sendiri, sesuai keinginan anak tersebut.
Nama : Regar Sarah Dita
Nim : 858170916
Assalammualaikum wr..wb.
Menurut saya tayangan video tersebut cukup menarik karena bisa menjadi bahan pembelajaran juga untuk kami guru paud bagaimana cara menghadapi anak ketika mogok untuk belajar. Mengingat faktor anak mogok untuk belajar yaitu banyak hal, bisa karena faktor dari rumah/keluarga, dengan teman, dengan guru, atau kurang tertariknya anak dengan materi pembelajaran saat itu. Namun sedikit mau memberikan masukan menurut saya ketika anak memilih untuk sendiri tidak mau bergabung dengan temannya sebaiknya guru langsung mencari tau penyebab anak untuk tidak bersedia bergabung selain itu ketika anak terlihat tidak kurang semangat guru sebaiknya memberikan motivasi kepada anak tersebut.
Untuk video yang lain menurut saya sikap guru sudah cukup bagus karena membiarkan anak untuk memilih melakukan suatu kegiatan yang disukai anak, dengan demikian dapat mengembalikan semangat anak, membuat kesepakatan dengan anak dan mencari tau dengan home visit.
Bissmillahirrohmanirrohim….
Mencoba untuk menanggapi Vidio diatas.
Nama : Novana
Nim : 857752814
Prodi : PG PAUD
Didalam Vidio tersebut yang menjadi pokok permasalahan mengapa anak mogok belajar karena seorang guru lebih menekankan kepada aspek kecerdasan anak dan melupakan bahwa sesungguhnya pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan menyenangkan. Dan tugas guru adalah memberikan motivasi serta membangkitkan rasa ingin tahu anak, maka ketika anak bermain sesungguhnya anak tersebut sedang belajar . Disamping itu guru juga harus selalu mengingat bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain. Beberapa kemungkinan yang terjadi ketika anak mogok tidak mau belajar berdasarkan Vidio diatas adalah Anak takut, anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang belum mampu ia lakukan sementara anak yang lainnya sudah mampu untuk melakukannya, anak bertengkar dengan teman yang ada dikelasnya, dan mungkin bisa saja anak sakit hati terhadap perbuatan atau ucapan guru terhadap dirinya, terus bisa jadi kemungkinan anak juga merasa bosan untuk belajar didalam kelas.
Solusi ketika anak mogok tidak mau belajar berdasarkan vidio diatas adalah guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan cara home visit atau kunjungan rumah dengan mengajukan beberapa pertanyaan, jika anak masih tidak mau belajar, maka anak diberi pilihan apakah mau belajar dengan teman dikelas atau diruang lainnya seperti ruang kepala sekolah atau perpustakaan, kemudian guru juga memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain diluar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama antara guru dan anak.
NAMA; ANIAN RAHMI
NIM: 859169645
Prodi: PGPAUD
seperti yang dijelaskan di dalam vidio “anak mogok tidak mau belajar” tersebut Ada banyak faktor yang menjadikan anak mogok belajar bisa dari faktor lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Seperti anak merasa bosan, marah kepada guru, kesal karena ia belum mampu mengerjakan tugas yang diberikan guru, maupun marah dengan temannya. Untuk mengatasi hal tersebut, guru mencari solusi untuk mengatasinya dengan melakukan home visite (kunjungan) dengan tujuan menggali informasi kenapa anak tidak mau masuk sekolah, guru juga memberikan pilihan kepada anak ingin belajar dimana sesuai dengan kemauan anak jika tidak mau belajar di kelas, atau memberikan kesempatan bermain kepada anak jika anak bosan belajar.
Dalam video terlihat bagaimana upaya guru dalam mengatasi seorang anak yang di pukul temannya, menenangkan akan dengan pelukan dan menanyakannya dengan lembut. Mendamaikan kedua anak dengan berkomunikasi dengan anak yang memukul dan anak yang di pukul dengan memberikan solusi pemecahan kepada diantara mereka.
Dalam kasus anak mogok tidak mau belajar, sebagai guru kita harus belajar mendekati anak tersebut, mengajaknya bicara agar dia bercerita apa yang membuat dia mogok belajar. Guru harus membuat kegiatan lebih menarik lagi, agar anak tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut. Guru mengajak anak untuk melakukan hal yang dia sukai agar anak bisa kembali semangat dalam belajar.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Eli Wiyanti
Nim : 858733136
Judul Vidio : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Vidio terserbut sangat bermanfaat bagi saya yang pasti pada semua para pendidik anak usia dini, pokok permasalahan dalam vidio tersebut yaitu seorang guru lebih menekankan kepada aspek kecerdasan anak dan melupakan bahwa pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan cara menyenangkan dan bahagia. Guru juga harus mengingat bahwa dunia anak usia dini yaitu dunia bermain jadi pembelajaran harus dengan belajar sambil bermain. yang terjadi ketika anak mogok tidak mau belajar pada vidio tersebut :
1. Anak takut dalam proses pembelajaran
2. Anak dipaksa guru untuk mnyelesaikan tugas
3. Anak bertengkar dengan temannya
4. Anak merasa bosen saat pembelajaran
Ketika anak mogok tidak mau belajar seharusnya guru bertanya pada anak apa sebab dan akibat anak tidak mau belajar, guru juga harus melibatkan orang tua dengan home visit dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada orang tua.
Terima kasih video tersebut sangat menginspirasi saya, karena di setiap sekolah pasti pernah menjumpai anak yang mogok belajar.
Saya setuju dengan metode dan kiat-kiat yang dilakukan. Guru terlihat sangat sabar dan penuh perhatian kepada anak yang mogok belajar. Guru menggunakan sentuhan-sentuhan cinta kasih untuk menangani masalah tersebut. Selain itu guru juga menggali keterangan mendalam dari anak dan orantua dengan menstimulasi atau bertanya penyebabnya. Guru menggali keterangan tidak hanya satu sumber. Jika anak masih belum mau belajar, guru memberikan pilihan lain misalnya belajar ditempat lain. Jika anak bosan belajar di ruangan maka guru memberikan kesempatan belajar di luar sesuai kesepakatan. Guru terlihat memiliki komitmen yang kuat dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah dengan tuntas dan mendalam dengan tidak melupakan fitrah anak usia dini yaitu belajar dengan cara yang menyenangkan.
nama: Lusi Purwati
NIM: 858170923
Prodi: PGPAUD
Semester :2
dari vidio dengan judul “anak mogok tidak mau belajar” terlihat seorang guru menenangkan anak yang tidak mau belajar karena dipukul temannya. guru menenangkan anak dengan memeluk anak tersebut dan mengalihkan perhatian anak dengan kegiatan lain seperti bermain diluar kelas dengan waktu yang telah ditentukan agar anak tidak bosan. guru juga melibatkan orang tua dalam menangani masalah tersebut dengan melalakukan kunjungan kerumah. vidio ini sangat membantu saya, menambah pengetahuan dalam menangani anak mogok tidak mau belajar.