silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,487 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb

    Nama : Anita
    Nim: 859427873

    Dari video yang berjudul ” Anak mogok tidak mau belajar dengan teman” dapat memberikan pembelajaran bagi seorang guru PAUD karena video ini banyak solusi yang diberikan buat seorang yang dimana anak yang mogok belajar itu bukan tidak mau belajar hanya saja mempunyai alasan tertentu karena diketahui dunia anak usia dini adalah dunia bermain sehingga sebagai seorang guru PAUD harus memahami betul ketika anak tidak ingin belajar bersama temannya. seperti yang diperlihat dalam video guru menggali permasalahannya baik dari diri anak atau dari orang tuanya. Video ini juga memberikan gambaran bisa saja anak merasa cemas atau bisa merasa tidak percaya diri ataupun tidak tertarik dengan suasana kelas, maka dari itu perlu guru memberikan motivasi bagi anak dengan menggunakan beberapa cara atau metode pembelajaran yang berbeda sehingga anak termotivasi dalam pembelajaran kembali. Intinya ketika anak mogok tidak mau belajar dengan teman guru harus mendorong anak atau menggali permasalahan yang dihadapi anak sehingga guru mencari solusi terbaik bagi anak karena guru tidak ada kata menyerah untuk mendidik anak sehingga mencapai pada fase perkembangannya apalagi bagi anak usia dini.

    terimakasih

  2. Bismillaah
    Izin menanggapi vidio terkait anak yg mogok belajar
    Nama :Restu Apriliandhari
    Nim:857507889

    Simpulan materi

    Video ini membahas masalah anak yang mogok belajar atau bermain di jenjang PAUD. Penyebab utama yang terlihat termasuk kurangnya minat, pendekatan pembelajaran yang monoton, dan tekanan dari orang tua. Video ini juga menekankan pentingnya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan melibatkan anak secara aktif.

    Kelebihan Video

    A .Informasi Relevan: Menggambarkan isu yang sering dihadapi oleh anak-anak di usia dini dengan akurat.

    B . Strategi Praktis: Menawarkan tips konkret yang dapat langsung diterapkan oleh pendidik dan orang tua.

    C.Pendekatan Visual: Menggunakan ilustrasi dan animasi yang menarik untuk menjelaskan poin-poin penting.

    Kelemahan Video

    A.Keterbatasan Contoh Nyata: Tidak ada studi kasus atau pengalaman nyata yang mendemonstrasikan solusi yang diberikan.

    B . Durasi terlalu Singkat: Beberapa konsep penting mungkin tidak dijelaskan secara mendalam.

    C.Minimnya Pendekatan Emosional: Kurang membahas dampak emosional dari mogok belajar terhadap anak.

    Hal Unik dari Video

    Video ini menonjol dengan penggunaan elemen interaktif yang melibatkan penonton, seperti pertanyaan reflektif yang mendorong orang tua untuk berpikir tentang cara mereka mendukung anak-anak dalam belajar.

    Upaya yang Akan Dilakukan di Jenjang PAUD

    A. Menggunakan Metode Pembelajaran Kreatif: menyajikan bahan permainan, seni, dan musik ke dalam aktivitas belajar untuk membuatnya lebih menarik.tidak hanya menyiapakan 1 media saja atau boleh lebih dari 2 ragam main.

    B .Membangun Lingkungan baik sekolah atau d rumah yang Mendukung: Menciptakan ruang belajar yang nyaman dan aman, di mana anak merasa bebas untuk bereksplorasi.

    C. Kolaborasi dengan Orang Tua: Mengadakan workshop /parenting yang rutin untuk orang tua tentang cara mendukung pembelajaran anak di rumah, termasuk teknik bercerita dan permainan yang menarik di rumah.

    D .Peningkatan Interaksi Sosial: Mengadakan kegiatan kelompok yang memfasilitasi interaksi antar anak didik, sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar bekelompok.

    Oleh adanya metode ini,diharapkan anak-anak dapat lebih aktif dan terlibat menikmati setiap pembelajaran.

  3. Nama : Fatiya Madining Tyastuti
    Nim : 857780569

    Vidio ini mendeskripsikan bagaimana menangani anak yang mogok untuk belajar disekolah karena alasan tertentu seperti kurangnya minat, pendekatan pembelajaran yang monoton,bertengkar dengan temannya atau tekanan dari orang tua. faktor-faktor tersebut dapat di atasi dengan cara melakukan pendekatan kepada anak terlebih dahulu apabila tidak ada perubahan pendekatan dilakukan dengan orang tua/wali murid. Sebagai seorang guru/pendidik seharusnya kita dapat memecahkan masalah atau mencari jalan keluar bagaimana cara agar anak mau dan tidak mogok belajar. Berdasarkan vidio guru memberikan solusi dengan cara pendekatan langsung kepada anak kenapa anak mogok untuk belajar dan melakukan negoisiasi agar anak mau dan ikut belajar. Bisa belajar sendiri diruang terpisah dengan temannya atau mau ikut bergabung dengan temannya. Sedangkan solusi yang kedua yaitu dengan pendekatan orang tua/wali murid dimana guru menanyai informasi mengenai anak tersebut kepada orang tua, apakah ada masalah di rumah sehingga merasa tertekan dan tidak mau belajar di sekolah.

  4. Amriani Syam

    Video tersebut memaparkan salah satu masalah yang sering terjadi di lingkungan PAUD yaitu anak mogok tidak mau belajar. Terkadang kita sebagai guru harus mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Setelah menonton video tersebut kita diberikan beberapa solusi yang bisa kita jadikan rujukan dalam menangani masalah anak yang mogok untuk belajar, semoga ini bisa membantu kita dalam memberikan motivasi kepada anak didik kita di sekolah agar selalu semangat dalam belajar.

  5. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Wahdania
    Nim : 859563646
    Izin menjawab atau menanggapi video diatas setelah melihat videonya ketika anak mogok tidak mau belajar sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru karena terkadang ada anak yang mogok tidak mau belajar dikelas tanpa tahu apa penyebabnya. Dan cara mengatasinya yaitu memahami anak bahwa dunianya itu bermain dan bermain baginya itu belajar. Sebelum kita harus tahu terlebih dahulu kenapa anak mogok tidak mau belajar yaitu anak bertengkar dengan temannya, anak takut anak sakit hati dengan perkataan gurunya dan salah satu solusinya yaitu menanyakan kepada orang tuanya seperti apa anak tersebut. Guru harus memberi tahu bahwa ada waktu bermain dan ada pula waktunya belajar.

    Terimakasih..

  6. Assalamualaikum Wr. Wb
    Izin menanggapi vidio terkait anak yg mogok belajar
    Nama : Niken Mustika
    Nim: 877624513

    Video ini membahas masalah penyebab anak yang mogok belajar di sekolahnya pada jenjang PAUD. Penyebabnya kemungkinan karena merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton, kurangnya minat, pendekatan pembelajaran yang monoton, dan tekanan dari orang tua.
    Video ini juga menekankan pentingnya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan melibatkan anak secara aktif.
    Mengapa Suasana Belajar yang Menyenangkan itu Penting?

    Motivasi Belajar Meningkat: Ketika anak merasa senang dan nyaman dalam belajar, mereka akan lebih termotivasi untuk terus belajar. Rasa ingin tahu mereka akan terpicu dan mereka akan lebih aktif mencari tahu hal-hal baru.
    Pemahaman Konsep yang Lebih Baik: Dalam suasana yang menyenangkan, anak akan lebih rileks dan terbuka terhadap informasi baru. Mereka akan lebih mudah memahami konsep-konsep yang diajarkan.
    Ingatan yang Lebih Tahan Lama: Materi yang dipelajari dalam suasana yang menyenangkan cenderung lebih mudah diingat karena otak menghubungkannya dengan emosi positif.
    Meningkatkan Kreativitas: Suasana yang mendukung eksperimen dan eksplorasi akan mendorong anak untuk berpikir kreatif dan mencari solusi yang inovatif.
    Mengembangkan Keterampilan Sosial: Kegiatan belajar yang melibatkan interaksi dengan teman sebaya akan membantu anak mengembangkan keterampilan sosial seperti berkomunikasi, bekerja sama, dan memecahkan masalah bersama.
    Menumbuhkan Rasa Percaya Diri: Keberhasilan dalam belajar akan meningkatkan rasa percaya diri anak pada kemampuannya sendiri.
    Bagaimana Cara Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan dan Aktif?

    Gunakan Metode Pembelajaran yang Variatif: Jangan hanya mengandalkan ceramah, tetapi gunakan juga permainan, proyek, diskusi kelompok, dan media pembelajaran yang menarik.
    Libatkan Anak Secara Aktif: Ajak anak untuk bertanya, berpendapat, dan berpartisipasi dalam kegiatan belajar.
    Buat Koneksi dengan Kehidupan Nyata: Hubungkan materi pelajaran dengan pengalaman sehari-hari anak agar lebih relevan dan menarik.
    Berikan Pujian dan Dorongan: Berikan pujian atas usaha dan keberhasilan anak untuk meningkatkan motivasi mereka.
    Buat Suasana Belajar yang Menyenangkan: Hiasi ruang belajar, gunakan warna-warna cerah, dan ciptakan suasana yang nyaman.
    Libatkan Orang Tua: Ajak orang tua untuk bekerja sama menciptakan lingkungan belajar yang positif di rumah.

    Kelebihan Video
    Informasi Relevan, Strategi Praktis, Pendekatan visual menggunakan ilustrasi dan animasi

    Kelemahan Video
    Keterbatasan Contoh Nyata, Durasi terlalu Singkat, Minimnya Pendekatan Emosional

    Demikian jawaban dari saya, terimakasih…
    Wassalamualaikum….

  7. Nama : Isnawati Aryani
    NIM : 857166225

    Setelah melihat video dari anak mogok tidak mau belajar saya bisa mengambil kesimpulan bahwa :
    Tugas guru adalah memberikan pembelajaran kepada dengan cara yang menyenangkan karena dunia anak adalah dunia bermain.
    Bila ada anak yang mogok tidak mau bermain atau belajar, seorang guru harus mencari tahu apa penyebabnya. Mungkin anak bosen atau dari rumah sudah tidak mood waktu berangkat kesekolah. Hal ini bisa di tanyakan kepada orang tua si anak apa penyebab dari anak mogok belajar.
    Bisa juga dengan mengajak anak untuk sejenak main diluar, tapi sebelum bermain diluar kita harus membuat kesepakatan dulu, Berapa lama waktu bermain setelah itu anak bisa belajar lagi dengan senang.
    Bila ada anak yang tidak mau mengerjakan tugas seperti teman yang lainnya guru bisa memberikan alternatif tugas yang lainnya.
    Contoh anak tidak mau membuat huruf dengan pasir, mungkin anak bisa diajak membuat hurufnya dengan plastisin.

  8. Siti Jubaedah
    859508277

    Kali ini saya akan merefleksikan video tentang anak yang tidak mau belajar, dalam tayangan ada seorang anak yang tidak mengikuti pelajaran di kelas, guru mencoba mencari tahu penyebabnya dengan mengunjungi rumah anak murid dan mengajak berbicara orang tuanya.

    Penyebab anak-anak mogok belajar memang ada beberapa faktor yang seperti tayangan ini jelaskan.

    Menurut saya, solusi yang diberikan hanya satu saja (kunjungan ke rumah), sebaiknya diberikan lagi beberapa solusi tambahan.

    Semoga tayangan ini bisa lebih bermanfaat ke depannya.

  9. Video yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” ini berisikan bahwa tugas utama seorang pendidik adalah menghidupkan obor belajar bagi anak, membentuk motivasi dalam diri anak, membangkitkan rasa ingin tahu anak, meningkatkan kecerdasan intelektual, kemampuan mengelola emosi, dan juga kemapuan berhubungan sosial dan etika. Disisi lain guru harus ingat bahwa dunia anak adalah dunia bermain, sehingga jika seorang anak ingin bermain maka sebenarnya adalah anak ingin belajar mengenal sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya akan suatu hal. Akan tetapi, ada kalanya terdapat anak yang tidak mau ikut bermain bersama temannya bahkan menolak saat diajak guru. Maka jika terdapat anak yang demikian, yaitu Anak Mogok Belajar terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi:
    1. Anak takut
    2. Anak dipaksa mengerjakan tugas yang anak sendiri belum mampu untuk mengerjakannya, sementara anak lain sudah bisa melakukannya
    3. Anak bertengkar dengan teman
    4. Anak sakit hati terhadap ucapan atau perbuatan guru

    Untuk menghadapi hal demikian, terdapat solusi yang dapat dilakukan guru:
    1. Guru mencari keterangan mendalam dengan orang tua melalui home visit
    2. Ketika anak tetap mogok belajar, guru dapat memberikan pilihan kepada anak seperti, apakah mau belajar dengan teman di kelas atau di ruang lainnya
    3. Saat anak bosan, guru memberikan kesempatan anak bermain di luar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama, karena sebuah kesepakatan adalah salah satu proses belajar anak

    Pada intinya penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah individu yang unik dengan kebutuhan dan motivasinya sendiri. Sebaiknya jangan paksa anak untuk belajar jika mereka sedang tidak ingin, dan dengan kesabaran, pengertian, serta dukungan yang tepat, anak-anak yang mogok belajar dapat kembali bersemangat untuk belajar.

  10. Nama : Mega Puji Rahayu
    Nim : 858312915

    setelah saya menonton video yang berjudul anak mogok tidak mau belajar. dari pengalaman mengajar saya memang benar ada anak yang seperti itu tidak mau belajar atau mogok belajar, dari alasan-alasan mengapa anak jadi malas belajar yang telah dipaparkan dalam video saya dapat mengetahui bahwa kenapa anak menjadi mogok belajar karena ada beberapa alasan terutama karena anak bosan belajar setelah saya menonton video saya jadi tau bagaimana mengatasi jika anak sedang mengalami hal tersebut yaitu dengan menyuruhnya untuk bermain sebentar dengan waktu yang telah ditentukan.

Leave a Reply